50 Kata-kata Mutiara, Amalan dan Penjelasan Tentang Hari Jumat Berkah

  • Bagikan
50 Kata-kata Mutiara Tentang Hari Jumat Berkah
50 Kata-kata Mutiara Tentang Hari Jumat Berkah

Seruni.id – Setiap hari adalah istimewa, tetapi memang ada momen atau hari yang istimewa karena hal-hal tertentu. Misalnya hari Jumat berkah untuk orang-orang yang beragama Islam. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, Seruni akan membahas sesuatu yang berkaitan dengan hari Jumat.

50 Kata-kata Mutiara Tentang Hari Jumat Berkah
kata-kata bijakdan penjelasan jumat berkah (pps.unida.gontor.ac.id)

 

Yakni berupa kumpulan kata mutiara Islam, kata-kata nasehat Islami di hari Jumat yang memuat pesan-pesan nasehat dan keutamaan-keutamaan hari tersebut. Serta dilengkapi dengan doa hari Jumat penuh berkah. Kata-kata mutiara bijak berikut ini, nantinya bisa kamu jadikan sebagai status hari Jumat. Langsung saja disimak, ya!

 

Ucapan Status Doa di Hari Jumat Berkah

Di era media sosial ini, tentu banyak hal yang bisa kita bagikan dengan mudah. Entah itu caption,foto, video, rangkaian kata-kata bijak, atau motivasi. Seperti contoh kalimat di bawah ini.

1. “Selamat pagi. Selamat hari Jumat. Jangan lupa menebar senyum dan ikhlas kepada orang di sekeliling kita. Dan angan lupa untuk mengawali hari ini dengan doa #Jumat berkah.”

2. “Selamat hari Jumat. Semoga doa-doa yang kita panjatkan hari ini, akan Allah kabulkan suatu hari nanti. Percayalah, tidak akan ada doa yang sia-sia selama kita percaya, bahwa Allah adalah segalanya.”

3. “Apapun yang kita lihat dan apa yang tidak terlihat, patut kita syukuri agar ditambah keberkahan di hari ini. Yang kita lihat entah itu keindahan, kebahagiaan, harusnya kita syukuri dan apapun yang tidak terlihat seperti halnya umur, dan nikmat yang tidak bisa kita mengetahuinya. Semoga di hari Jumat ini bertambah keberkahan.”

4. “Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat. Padanya Adam diciptakan, dimasukkan ke surga dan dikeluarkan darinya. Serta kiamat tidak terjadi melainkan hari Jumat.”

5. “Selamat hari Jumat. Semoga dipermudah urusan kita hari ini. Dibukakan pintu rezeki dan segala pintu kebaikan untuk kita semua. Aamiin.”

6. “Hari Jumat. Bersyukur itu, bukan hanya karena semuanya baik-baik saja. Namun juga, ada sisi baiknya dimana semua yang terjadi.”

7. “Jumat berkah. Semoga Allah senantiasa memudahkan segala urusan, memberikan keberkahan untuk setiap ikhtiar, dan membukakan pintu rezeki serta segala pintu kebaikan untuk kita semua. Aamiin.”

8. “Ketika permohonan belum juga dikabulkan. Jangan marah. Apalagi, ketika cobaan datang menerpa. Jangan menyerah. Itu terjadi bukan karena Allah tidak ingin mendengarmu. Justru Allah mendengar yang tidak kau ucapkan. Saat kamu memohon untuk dimudahkan. Sementara Allah memberikanmu beserta kekuatan dan kesabaran di dalam-Nya. Berbaik sangkalah kepada-Nya.”

9. “Selamat hari Jumat berkah. Jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dengan ibadah. Semoga semua doa-doamu segera Allah ijabah.”

10. “Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat. Maka perbanyaklah membaca shalawat untukku pada hari itu. Karena bacaan shalawatmu pasti disampaikan kepadaku.”

11. “Jumat berkah. Banyak yang bilang hari Jumat adalah hari yang penuh berkah karena pahala berlipat bagi yang beribadah. Apalagi, jika diiringi dengan dzikir dan sedekah. Semoga kita semua menjadi umat Muslim yang istiqomah. Selamat hari Jumat bagi saudaraku sekalian.”

12. “Hari Jumat, memang hari yang agung, maka memohon maaflah jika kamu masih mempunyai banyak dosa. Dan tempatkanlah penciptamu di tempat yang paling agung. Lupakan urusan duniamu, karena Allah telah megatur yang terbaik untuk umat-Nya.”

13. “Ketuk, maka Dia akan membukakan pintu. Menghilang, maka Dia akan menjadikanmu bersinar seperti mentari. Sujud, maka Dia akan mengangkatmu sampai ke surga. Dan jadilah hamba, dan Dia akan memberikanmu segala-galanya.” – Jalaludin Rumi

14. “Selamat hari Jumat. Mari tingkatkan terus manfaat umur kita untuk bisa membantu orang lain. Minimal tidak memberatkan pekerjaan orang lain. InsyaAllah dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang tidak terduga. Senyum itu ibadah, marah itu mudah. Tapi, sabar itu lebih indah.”

15. “Jumat, hari yang penuh nikmat. Semoga hari ini selalu dipenuhi dengan rahmat-Nya.”

 

Tulisan Jumat Berkah Memotivasi

kata kata bijak jumat berkah
ilustrasi gambar anak kecil sedang mengaji di hari jumat berkah

Meskipun banyak yang bilang, bahwa motivasi terbesar itu, ada di dalam diri kita sendiri. Namun, tak bisa dipungkiri, bahwa diri kita sangat dipengaruhi oleh hal-hal sekitar. Seperti orang yang kita temui, apa yang kita dengar. Dan apa yang kita baca.

Nah, maka dari itu, sebaiknya kita membagikan sesuatu yang baik-baik sehingga sekeliling kita pun akan begitu. Atau kita bisa membagikan sebuah tulisan Jumat berkah yang dapat memotivasi banyak orang sebagai berikut.

16. “Jika kamu merasa tinggi. Periksalah batinmu. Mungkin dia sedang melayang kehilangan pijakan. Jika engkau merasa wangi, periksalah ikhlasmu, mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus terbakar riya.”

17. “Andai insan tahu, tatkala cobaan menerpa adalah proses Allah menjawab seluruh atau sebagian doa. Bisa jadi, bukan gerutu namun sujud syukur menikmatinya hingga sebutan pun berubah.”

18. “Sosok yang sempurna adalah akhlak seseorang. Dimana ia melakukan terbaik dari yang terbaik, tidak mendatangkan sifat pendendam. Melainkan ia tidak akan pernah melakukan sifat mempermalukan dirinya sendiri. Maka berbanggalah tetapi menjadi padi, semakin berisi ia akan semakin menunduk.”

19. “Hidup adalah belajar. Mau tidak mau, kita akan selalu belajar. Baik dengan kerelaan hati, atapun dengan paksaan dari lingkungan. Proses ini akan menuju pada satu tujuan, tak lain adalah membuat diri menjadi lebih baik.”

20. “Sebaik-baiknya waktumu, adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu.”

21. “Kerjakan apa yang memang mampu untuk kamu kerjakan. Lakukan apa yang kamu mau, selagi itu masih dalam batas wajar. Buktikan pada dunia, bahwa tangan-tangan kita memiliki kemampuan yang hebat dan dahsyat. Sehingga bisa menghipnotis fatamorgana menjadi nyata.”

22. “Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang paling bermanfaat bagi orang lain. Buah dari kecerobohan itu adalah sesal. Sedang, buah dari ketelitian adalah selamat. Jumat mubarak.”

23. “Jadikanlah musibah semakin membuat kita dewasa, dan semakin menininggikan derajat kita di sisi-Nya.”

24. “Teruslah berbuat baik meskipun itu melelahkan. Karena lelahnya akan hilang, namun pahalanya akan terus mengalir. Selamat hari Jumat berkah.”

25. “Jadilah orang dermawan. Tapi tidak boros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tapi jangan menjadi orang yang kikir.”

26. “Banyak orang yang memiliki semangat. Namun sayang, beberapa saja perilakunya yang bermanfaat.”

27. “Terbanglah bebas laksana angin dan rasakan setiap detik hembusannya, agar kau mengerti arti syukur yang sebenarnya.”

28. “Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Bukan memperlakukan mereka sesuai dengan keinginanmu.”

29. “Orang yang bahagia adalah mereka yang dijauhkan dari fitnah dan orang yang jika diberi ujian akan mencoba untuk bersabar.”

30. “Jika hatimu adalah mawar jelita, yang keluar dari mulutmu. Pasti semerbak wanginya.”

 

Kata-kata Doa Hari Jumat Penuh Berkah

Berdoa sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tak melulu haru di hari Jumat. Bahkan, setiap hari kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah. Berikut ini ada beberapa kata-kata doa hari Jumat penuh berkah yang bisa kamu panjatkan, baik untuk diri sendiri, orang orangtua, pun negeri tercinta.

31. “Ya Allah, dengan nama-Mu aku memasuki waktu pagi, mohon anugerahkan pula kepadaku keberkahan sampai akhir hari nanti.”

32. “Ya Allah, engkau telah menghidupkanku kembali pagi ini. Hidupkan pula hatiku agar senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang kau beri; hidupkan pikiranku agar apapun yang aku kerjakan, Engkau yang selalu aku ingat.”

33. “Ya Allah, bersamai setiap langkah kakiku ini. Hindarkanlah kakiku dari melangkah pada tempat-tempat yang tidak engkau ridhai.”

34. “Ya Allah, lindungilah kami dari fitnah akhir zaman. Dari berita-berita hoax, dari pesan-pesan palsu, dan dari apa-apa yang dapat menjauhkan kami dari kejujuran dan tabayyun.”

35. “Ya Allah, di hari Jumat berkah ini, berkahilah negeri kami tercinta ini. Jauhkanlah dari masalah-masalah perpecahan yang membuat-Mu tak suka.”

36. “Ya Allah, jadikanlah hari ini sebagai awalan yang baik, pertengahannya adalah kebahagiaan, dan penghujungnya adalah kemenangan.”

37. “Ya Allah, ajarkanlah aku senantiasi menahan amarah ketika emosiku meledak-ledak. Ajarkanlah aku untuk tetap berkata santun meski sedang dilecehkan. Dan ajarkanlah aku untuk tetap menjadi mausia beradab walau dunia sudah mulai tidak waras.”

38. “Ya Allah, telah tiba lagi hari Jumat-Mu. Sebagaimana makna Jumat adalah jemaah, persatukanlah kami dalam ketaatan. Ikatlah kami dengan tali agama-Mu.”

39. “Ya Allah, semoga Engkau senantiasa melindungi kami dari luka hati yang tidak perlu kami rasakan. Sehatkanlah pikiran dan tubuh kami. Penuhi rongga-rongga hati kami dengan kerinduan bertemu dengan-Mu.”

40. “Ya Allah, di hari Jumat yang mulia ini, ampunilah dosa-dosaku, dosa ibu bapakku, saudara-saudaraku, dan seluruh ahli keluargaku. Tunjukanlah kami jalan yang benar, berkatilah kehidupan kami di dunia pun akhirat.”

41. “Ya Allah, lancarkanlah semua urusanku, permudahkanlah rezekiku, limpahanlah rahmat untukku dan orang di sekelilingku.”

42. “Ya Allah, terima kasih karena pagi ini Engkau telah memberi kesempatan untuk hamba berkumpul kembali dengan orang-orang yang hamba cintai.”

43. “Ya Allah, jika di pagi ini ada hati yang tersimpan benci, ubahlah menjadi kasih sayang. Kalau hati kami kotor, maka sucikanlah hati kami.”

44. “Ya Allah, semoga rahmat-Mu selalu menyertai kami sejak pagi untuk mengisi kehidupan, menyiapkan bekal kematian, sampai selamat di hari kebangkitan.”

45. “Ya Allah, berikanlah hidup kami, restuilah aktifitas kami, dan selamatkanlah kami di setiap langkah dan tapak kaki yang kami langkahi.”

46. “Assalamualaikum jumat berkah. Ya Rabbi, berilah keberkahan dalam hidup kami. Ya Jabbar, kuatkanlah langkah kami agar selalu berada di jalan-MU. Ya Rahman, mudahkanlah urusan kami. Ya Lathif, lembutkanlah hati kami.”

47. “Ya Allah. Teguhkan aku pada agama-Mu selama Kau hidupkan aku, Janganlah gelincirkan hatiku setelah Engkau tunjuki aku, Karuniakan padaku rahmat dari sisi-Mu. Sungguh, Engkaulah Maha Pemberi Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad Jadikanlah aku dari pengikut dan golongannya. Kumpulkan aku pada kelompoknya. Bimbinglah aku untuk melaksanakan kewajiban Jum’at, yang Kau wajibkan atasku untuk aku taati dan Kau bagikan karunia pada hari pembalasan pada orang yang layak menerimanya. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Gagah dan Maha Bijaksana.”

48. “Ya Allah, aku mintakan kesaksian-Mu dan cukuplah Engkau sebagai saksi. Aku mintakan kesaksian seluruh malaikat-Mu penghuni langit-Mu dan pemikul arasy-Mu serta yang Kau bangkitakan sebagai Nabi dan Rasul-Mu dan yang kau ciptakan dari berbagai makhluk-Mu.”

49. “Segala puji bagi Allah, yang awal sebelum penciptaan dan penghidupan, yang akhir setelah punah semua, yang maha tahu, yang tak melupakan orang yang mengingat-Nya, yang tidka merugikan orang yang mensyuuri-Nya, yang tidak mengecewakan orang yang memohon kepada-Nya, yang tidak memutuskan harap orang yang mengharap-Nya.”

50. “Aku bersaksi, bahwa sesunggunya Engkau Allah, tiada Tuhan kecuali Engkau, tunggal tak berserikat dan tak bertara firman-Mu, tak merubah dan tak berganti, dan sesungguhnya Muhammad SAW hamba-Mu dan Rasul-Mu.”

 

Keistimewaan Hari Jumat Berkah

Banyak amalan yang tidak diketahui oleh banyak umat Islam tentang keutamaan di hari Jumat. Padahal hari ini merupakan sebaik-baiknya hari. Bahkan di negara-negara yang Timur Tengah ataupun negara tetangga Malaysia, selalu menjadikan hari Jumat sebagai hari libur, hal itu dilakukan agar masyarakat yang mayoritas beragama Islam dapat menjalankan ibadah dan mendapatkan faedah yang luar biasa dari hari jumat.

Berikut keutamaan dan keistimewaan hari Jumat:

1. Hari Terbaik

Abu Hurairah z meriwayatkan kalau Rasulullah bersabada : “Hari paling baik dimana pada hari itu matahari terbit yaitu hari Jum’at. Pada hari itu Adam di ciptakan, dimasukkan surga dan di keluarkan darinya. Serta kiamat tidak akan berlangsung terkecuali pada hari Jum’at.

2. Ada Waktu Mustajab untuk Berdo’a.

Abu Hurairah z berkata Rasulullah y bersabda : “Sebenarnya pada hari Jum’at ada saat mustajab apabila seseorang hamba muslim melakukan shalat serta memohon suatu hal pada Allah pada saat itu, pasti Allah bakal mengabulkannya. Rasululllah memberikan isyarat dengan tangannya melukiskan sekurang-kurangnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih)

Ibnu Qayyim Al Jauziah – sesudah menguraikan ketidaksamaan pendapat mengenai kapan saat itu – menyampaikan : “Di antara demikian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, seperti diperlihatkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama waktu duduknya khatib hingga selesainya shalat. Kedua, setelah Ashar, serta ini yaitu pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Sedekah pada hari itu lebih paling utama di banding sedekah pada hari-hari yang lain.

Ibnu Qayyim berkata : “Sedekah pada hari itu dibanding dengan sedekah pada enam hari yang lain laksana sedekah pada bulan Ramadhan di banding beberapa bulan yang lain “. Hadits dari Ka’ab z menerangkan : “Serta sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya “. (Mauquf Shahih)

4. Hari ketika Allah SWT memperlihatkan diri pada hamba-Nya yang beriman di Surga.

Teman dekat Anas bin Malik z dalam memberi komentar ayat : “Serta Kami memiliki pertambahannya ” (QS. 50 : 35) menyampaikan : “Allah memperlihatkan diri pada mereka sehari-hari Jum’at”.

5. Hari besar yang berulang tiap-tiap pekan

Keharusan sholat Jum’at adalah sebesar-besar keharusan Islam yang paling diutamakan serta seagung-agungnya berhimpunnya golongan muslimin. Barangsiapa meninggalkannya (menunaikan sholat Jum’at) lantaran meremehkannya, pasti Alloh tutup hatinya seperti didalam hadits shahih yang diriwayatkan Muslim.

Ibnu Abbas z berkata : Rasulullah SAW bersabda :

“Hari ini yaitu hari besar yang Allah tentukan untuk ummat Islam, jadi siapa yang akan menghadiri shalat Jum’at sebaiknya mandi terlebih dulu. ” (HR. Ibnu Majah)

6. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salman Al Farisi z berkata : Rasulullah y bersabda : “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai sama kekuatan, membereskan rambutnya, memoleskan minyak wangi, lantas pergi ke masjid, serta masuk masjid tanpa ada melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, lalu shalat sesuai sama tuntunan serta diam ketika imam berkhutbah, pasti diampuni dosa-dosanya diantara dua Jum’at “. (HR. Bukhari).

7. Orang yang jalan untuk shalat Jum’at bakal memperoleh pahala untuk setiap langkahnya, setara dengan pahala beribadah setahun shalat serta puasa.

Aus bin Aus z berkata : Rasulullah y bersabda : ” Siapa yang mandi pada hari Jum’at, lalu bersegera pergi menuju masjid, serta tempati shaf paling depan lalu dia diam, jadi tiap-tiap langkah yang dia ayunkan memperoleh pahala puasa serta shalat sepanjang setahun, serta itu yaitu hal yang mudah untuk Allah “. (HR. Ahmad serta Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

8. Meninggal dunia saat malam hari Jum’at atau siangnya yaitu sinyal husnul khatimah, yakni dibebaskan dari fitnah (azab) kubur.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, kalau Rasulullah y bersabda : ” Tiap-tiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, pasti Allah bakal menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad serta Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

9. Hari paling penting di dunia

Terdapat banyak peristiwa yang berlangsung pada hari jum’at ini, diantaranya :

• Allah membuat Nabi Adam ‘alaihissallam serta mewafatkannya.
• Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan kedalam surga.
• Hari Nabi Adam ‘alaihissallam di turunkan dari surga menuju bumi.
• Hari bakal terjadinya kiamat.
• Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata :

“Hari terbaik di mana matahari terbit pada hari itu yaitu hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, serta pada hari itu juga Adam dimasukkan kedalam surga, dan di turunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat bakal berlangsung, pada hari itu ada satu saat di mana tidaklah seseorang mukmin shalat menghadap Allah menginginkan kebaikan terkecuali Allah bakal mengabulkan permintannya. ” (HR. Muslim)

 

Anjuran Amalan di Hari Jumat Berkah

Dalam Islam sendiri, terdapat beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan ketika memasuki hari Jumat. Atau disebut dengan amalan. Adapun diantaranya sebagai berikut:

 

1. Membaca Surat Al-Kahfi

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim dalam Al-Mustadrok).

Amalan istimewa yang disarankan untuk dikerjakan pada hari jum’at yaitu membaca Surat Al-Kahfi. Hal semacam ini didasarkan pada hadits, “Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membaca surat Al Kahfi seperti di turunkan, jadi ia bakal memperoleh sinar dari tempat ia berdiri sampai Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, lalu keluar Dajjal, jadi ia akan tidak dikuasai.

Ada banyak hadist yang mengungkap mengenai keutamaan serta faedah pada surat Al Kahfi, salah satunya :

Dosanya Diampuni

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi yang pertama, yakni akan diampuni segala dosa-dosanya. Sebagaimana yang tertuang dalam hadis berikut ini,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ “

Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kaki hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat”.

Mendapatkan Rida dari Allah SWT

Apa sih yang kita cari di dunia ini, selain rida dari Allah SWT? Rida-Nya adalah salah satu tujuan penting yang dicari oleh umat Muslim. Sebab, dengan rida-Nya, akan membuat hidup manusia terasa lebih tentram dan damai. Dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah saw bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah cahaya antara langit dan bumi”. (HR. Ahmad)

Seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah, maka siapa pun orang yang membaca surat Al-Kahfi, sama saja seperti mendekatkan diri kita pada rida Allah dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah.

Disinari Cahaya Kebaikan

Selain dihapuskan dosanya dan mendapatkan rida dari Allah SWT, seseorang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan diganjarkan pahala serta disinari cahaya kebaikan. Bukan hanya itu saja, tapi juga akan mendapatkan keberkahan syafaat di hari pembalasan kelak. Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT yang tertuang dalam surat Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi,

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

Artinya: “Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka”. (QS. Al-Hadid: 12)

Selain hadis tersebut, sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri pun menyebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda,

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya: “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada Jumat malam, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, No. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta disahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, No. 736).

Dijaga dari Gangguan Setan

Salah satu upaya kita agar terhindar dari godaan setan adalah dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan memohon atas perlindungan-Nya. Berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, menyatakan bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah, maka rumah tersebut tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

Terhindar dari Fitnah Dajal

Betapa kejamnya fitnah dajal, di mana fitnah tersebut dapat menyeret kita pada kesesatan hingga ke api neraka. Namun, kita bisa menghindarinya dengan membaca surat Al-Kahfi sebagaimana sabda Rasulullah saw dari Ibu Umar radhiyallahu’anhuma,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat”. (HR. Abu Bakr bin Mawdawaih).

Pernyataan tersebut pun diperkuat oleh hadis-hadis berikut ini,

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka dajal tidak bisa memudharatkannya”. (HAR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajal), hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al-Kahfi”. (HR. Muslim).

“Barangsiapa yang meembaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari dajal”. (HR. Muslim).

“Barangsiapa di antara kalian yang mendapatinya (dajal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajal tersebut)”. (HR. Abu Daud).

 

2. Membaca Surat Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq Masing-Masing 7 Kali

Terkecuali empat amalan diatas, ada satu lagi perbuatan istimewa yang dapat dikerjakan di hari Jumat. Hal itu yaitu dengan membaca 3 surat penghujung Al-Qur’an yaitu An-Nas, Al-Falaq, serta Al-Ikhlas semasing 7 kali. Ada juga saat pengerjaannya yaitu sesudah Sholat Jumat, tepatnya bisa dikerjakan sebentar sesudah salam.

Terdapat beberapa kisah mengenai keutamaan membaca tiga surat ini di saat sesudah Sholat Jumat. Jadi, di ketahui siapa saja lakukan amalan ini, jadi Allah bakal melindungi diri, keluarga serta harta beberapa pengamalnya. Di kisah lain ada yang menyampaikan Allah bakal mengampuni hingga datang hari Jumat lagi.

Nah, tersebut sebagian amalan istimewa yang disarankan untuk kita kerjakan di hari jum’at. Seperti yang dicontohkan serta disarankan oleh Rasulullaah SAW. Serta siapakah yang tambah baik untuk kita menjadikan teladan terkecuali beliau? Mudah-mudahan berguna.

 

3. Memperbanyak Berdzikir

“Wahai orang-orang yang beriman. Jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah.” (QS. Al Jumu’ah: 9).

 

4. Memperbanyak Shalawat

Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan dismapaikan kepadaku.” Para sahabat pun berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).

Bershalawat pada Rasulullaah SAW yaitu satu amalan yang dapat kita kerjakan kapanpun serta dimana saja kita ada. Tetapi pada hari jum’at, ada kelebihan di mana kita disarankan untuk perbanyak bershalawat nabi pada hari itu. Hal semacam ini didasarkan pada suatu hadits, “Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Perbanyaklah shalawat kepadaku pada tiap-tiap Jum’at. Lantaran shalawat umatku bakal dipertunjukkan padaku pada tiap-tiap Jum’at.

Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat kelak. ” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani menyampaikan kalau hadits ini hasan ligoirihi -yaitu hasan diliat dari jalur lainnya-. Saksikan Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1673).

 

5. Perbanyak Berdo’a

Satu diantara saat mustajab untuk berdo’a atau memohon pada Allah yaitu pada hari jum’at. Di mana hal itu juga sudah diriwayatkan dalam satu hadits, “Dari Abu Hurairah r. a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengulas tentang hari Jum’at lantas ia bersabda, Di dalamnya ada saat. Bila seseorang muslim berdoa saat itu, tentu diberikan apa yang ia minta” Lantas beliau menyaratkan dengan tangannya mengenai sebentarnya saat itu. ” (HR. Bukhari no. 935 serta Muslim no. 852, dari teman dekat Abu Hurairah).

Waktu-waktu mustajab untuk berdo’a memanglah baiknya kita gunakan semaksimal mungkin saja untuk pasrah serta memohon kebaikan pada Allah, lantaran pada beberapa saat itu, kemungkinan besar kalau Allah bakal mengabulkan do’a-do’a kita serta memberi keberkahan dalam kehidupan kita.

 

6. Membersihkan Diri

Bersihkan diri disini tujuannya bukanlah bermakna kalau kita mesti selalu melindungi kebersihan diri atau jasmani pada hari jum’at saja, tetapi pada hari jum’at ada amalan istimewa yang dapat kita lakukan untuk memperoleh kelebihan pada hari jum’at, yakni bersihkan diri dengan keseluruhan, seperti mandi keramas, memotong kuku, dan seterusnya.

Hal semacam ini didasarkan pada suatu hadits, “Dari Abu Hurairah r. a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, jadi ia mandi seperti mandi janabah” (HR. Bukhari serta Muslim).

Umumnya, untuk kaum pria yang bakal menggerakkan shalat jum’at, bakal mandi keramas serta menggunakan parfum, hal itu berdasar pada hadits, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at serta bersuci sedapatnya, lantas menggunakan minyak rambut atau wangi-wangian lalu pergi ke masjid serta tak memisahkan pada dua orang, lantas shalat sesuai sama kekuatan dianya, serta saat imam mengawali khutbah, ia diam serta mendengarkannya jadi bakal diampuni dosanya mulai Jum’at ini hingga Jum’at selanjutnya.” (HR. Bukhari serta Muslim).

 

Mitos Malam Jumat

malam jumat
mitos malam jumat

Malam Jumat kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis dan menyeramkan, atau di identikkan dengan ‘kegiatan tertentu’ . Hal tersebut tidak terlepas dari mitos juga kepercayaan yang muncul di masyarakat.

Terutama hari khusus Jumat Kliwon, yang memang dikeramatkan oleh masyarakat Jawa untuk melakukan ritual tertentu. Sebenarnya, malam Jumat tidaklah berkaitan dengan dua opini tersebut. Karena malam tersebut sama seperti malam lainnya. Hanya saja, kita dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunnah di malam Jumat seperti yang dipaparkan diatas.

Sekian penjelasan amalan dan beberapa kata-kata mutiara Jumat penuh berkah yang dapat kamu gunakan untuk mengawali aktivitas di hari yang agung ini. Teruslah berbuat baik, dekatkan dirimu kepada Yang Maha Kuasa, mintalah keberkahan dari-Nya. Serta sebarkan kalimat-kalimat positif kepada orang-orang terkasih.

 

Baca Juga :

  • Bagikan
seruni.id