6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah

6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah
idntimes.com

Seruni.id – Di seluruh penjuru dunia ini terdapat beberapa masjid yang memiliki tampilan mengagumkan. Di balik tampilannya yang indah, terdapat pula nilai sejarah penting yang harus dilestarikan. Berikut ini Seruni telah menghimpun beberapa masjid terindah yang berada di Timur Tengah. Masjid-masjid ini wajib banget kamu kunjungi ketika kamu berada di negara tersebut, mana saja, ya?

1. Masjid Shah – Iran

6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah
google.com

Masjid Shah menjadi salah satu masjid yang paling ikonik di negara Iran. Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Imam ini terletak di Lapangan Naghsh-e Jahan Isfahan yang ramai. Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, Masjid Shah dibangun sekitar 400 tahun yang lalu dan ditandai dengan ubin biru yang menakjubkan dan kubah pirus besar, menjadikannya salah satu alasan Isfahan diciptakan “kota kubah pirus.”

Ketika memasuki area masjid, kita akan disuguhkan pemandangan dalam masjid yang begitu memukai. Interiornya dihiasi dengan lantai berwarna biru dan kuning bermotif bunga yang serupa yang melapisi lengkungan yang indah di sekitar jalan setapak masjid. Di dalam, anda dapat menjelajahi daerah-daerah di mana rakyat jelata Isfahan biasa berkumpul dan berdoa (Shah dan keluarganya memiliki masjid pribadi mereka sendiri untuk keperluan pribadi).

Apabila kamu melihat lebih dekat, kamu dapat melihat ayat-ayat Al-Quran dicat putih di atas lantai yang melapisi dinding area masjid tengah. Di luar area doa pusat, terdapat pula halaman yang terbentang luas, di mana banyak orang ketika tidak berdoa dapat bersosialisasi, berbagi makanan, atau belajar lebih banyak tentang Islam. Saat ini, kompleks tidak lagi digunakan dan sedang mengalami renovasi terus-menerus untuk mempertahankan ubin yang indah dan warisan yang spektakuler.

Setelah kamu keluar dari masjid, kamu segera kembali ke alun-alun pusat raksasa, dengan sisi keluar ke lorong-lorong gelap pasar Isfahan. Meskipun interior masjid hanya terbuka untuk pengunjung di siang hari (dengan ada biaya masuk), anda sebaiknya juga berjalan-jalan ke alun-alun di malam hari untuk melihat fasad masjid yang megah sepenuhnya diterangi.

2. Masjid Sheikh Zayed – Abu Dhabi

6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah
google.com

Masjid terindah berikutnya adalah Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid megah ini memiliki halaman dengan 82 kubah, 1000 kolom, lampu gantung emas 24 karat dan karpet rajutan tangan terbesar di dunia yang akan membuat Anda takjub. Masjid ini dihiasi dengan marmer Yunani dan Italia. Para desainer telah menggunakan mosaik untuk menutupi seluruh halaman. Halaman itu sendiri tercatat sebagai salah satu yang terbesar di antara semua masjid di dunia. Kolam reflektif mengelilingi masjid, memperkuat keindahannya. Tidak salah mengatakan bahwa ini adalah masjid terbaik di dunia.

3. Masjid Suleimaniye – Turki

6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah
google.com

Di Turki juga terdapat masjid terindah yang diberi nama Masjid Suleimaniye. Terletak di salah satu dari tujuh bukit Istanbul, masjid ini mendominasi cakrawala kota jika dilihat dari Tanduk Emas. Masjid Suleimaniye tanggal kembali ke zaman Abad Emas Ottoman, zaman Sultan Suleiman yang megah. Sulaiman, menjadi penguasa progresif mempekerjakan arsitek paling berbakat pada masanya. Sinan untuk merancang beberapa bangunan paling mewah di Kekaisaran Ottoman. Dan Masjid Suleimaniye adalah yang paling terkenal dari ciptaan Sinan.

Seperti kebanyakan hal di Istanbul, desain masjid mewakili penggabungan dua budaya yaitu Bizantium (Romawi) dan Ottoman. Kubah epik Masjid didukung oleh semi-kubah yang lebih kecil, yang mencerminkan gaya Bizantium Hagia Sophia, sementara menara-menara yang tajam membuat strukturnya tampak Islami.

Lebih dari sekadar Masjid, Suleimaniye dirancang sebagai kompleks bangunan, termasuk rumah sakit, sekolah, hammam, sekolah Al-Qur’an, dan dapur umum untuk memberi makan orang miskin. Padahal tambahan yang paling menarik untuk masjid adalah dua makam yang menampung makam Sultan Suleiman, dan istrinya, Roxelana. Dan di atas semuanya, pemandangan dari Masjid puncak bukit ini adalah beberapa yang terbaik di Istanbul.

4. Masjid Hagia Sophia

6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah
google.com

Hagia Sophia adalah kebijaksanaan Ilahi yang diterjemahkan dari bahasa Yunani. Masjid ini menjadi salah satu bangunan terbesar dan terindah di dunia. Sebab, Hagia Sophia memiliki kubah raksasa dengan empat menara di sekitarnya yang dapat dilihat bermil-mil! Bagian dalam masjid dipenuhi dengan mosaik emas di langit-langit dan diperkaya dengan pilar marmer, dinding, lantai, dan kolom yang sangat besar.

Di bawah kubah ada 40 jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk dan memberikan tampilan yang indah. Awalnya, digunakan sebagai Gereja Ortodoks pada abad ke-6, kemudian diubah menjadi masjid. Pada tahun 1935 dinyatakan sebagai museum oleh Presiden Turki pertama. Hagia Sophia adalah salah satu masjid paling indah di Turki.

5. Masjid Agung Sultan Qaboos – Oman

6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah
google.com

Masjid Agung Sultan Qaboos adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Oman. Ini adalah bagian yang menakjubkan dari arsitektur Islam modern, dengan interior dinding masjid yang menantang dengan marmer abu-abu cerah dan gelap. Dengan lebih dari 6.00.000 kristal halus, lebih dari seribu bola lampu halogen, dan lapisan emas 24 karat pada bagian logam, lampu gantungnya yang besar butuh waktu lebih empuk tahun untuk bisa. Karpet ini juga dirancang khusus dan dikenal sebagai karpet tenunan tangan terbesar kedua di dunia! Ini jelas merupakan masjid paling indah di dunia.

Baca Juga: Mengenal Tempat-tempat Penting di Masjidil Haram

6. Masjidil Haram

6 Masjid Terindah yang Berada di Timur Tengah
google.com

Masjidil Haram juga dikenal sebagai Masjid Agung Makkah. Masjid suci di Arab Saudi ini dibangun di sekitar Kabah dan memiliki lebih dari 100 gerbang dan beberapa menara besar. Umat Muslim berdoa menghadap Ka’bah, yang merupakan kiblat dari umat Islam. Cantiknya Ka’bah yang didesain dengan marmer dan pintu seberat 300 kg, menjadi sisi keindahan lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.