6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat

6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat
google.com

Seruni.id – Di bulan Ramadhan ini, kurma menjadi salah satu buah yang menjadi primadona, karena banyak diburu oleh orang, untuk hidangan saat berbuka puasa atau sahur. Rasa bosan sering muncul jika kurma hanya dimakan dalam bentuk buah saja. Biasanya orang akan sedikit kebingungan dalam mengolah kruma.

Tak jarang, mereka harus memutar otak untuk menghasilkan olahan berbahan kurma yang lezat ini. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati kurma dengan cara berbeda, berikut ini Seruni akan memberikan beberapa kreasi makanan berbahan kurma yang mudah banget untuk dibuat di rumah. Apa saja?

1. Puding Coklat Kurma

6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat
google.com

Bagi kalian pecinta puding, harus banget nih cobain menu yang satu ini. Selain rasanya yang enak, cara mengolahnya pun mudah, loh. Pastinya hidangan ini sangat cocok untuk disajikan bersama keluarga saat berbuka puasa.

Bahan-bahan:

• 6 lembar roti tawar dengan pinggiran kulit
• 3 sendok makan mentega
• 2 butir telur ayam
• 5 sendok makan madu
• 220 ml susu cair coklat
• 1 sendok teh esens vanilla
• 10 butir buah kurma (buang bijinya)

Cara membuat:

• Kocok merata telur, madu dan esens vanilla. Lalu tambahkan susu coklat, lalu sisihkan.
• Potong-potong dadu roti tawar, kemudian tata dalam loyang atau mengkuk tahan panas. Sementara itu panaskan kukusan.
• Cairkan mentega lalu siram merata ke atas potongan roti tawar.
• Siram roti tawar dengan kuah susu hingga roti terendam.
• Taburi dengan potongan buah kurma.
• Kukus puding kira-kira 15-20 menit. Angkat dan dinginkan.
• Simpan puding dalam lemari es, sajikan dalam keadaan dingin.

2. Bolu Kurma Gula Merah

6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat
google.com

Bolu kurma gula merah ini, bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengolah buah kurma yang cukup banyak di rumah. Tentunya bosan dong dengan bolu yang gitu-gitu aja? Ini saatnya kamu harus buat yang berbeda.

Bahan-bahan:

• 4 butir telur
• 170 gram gula merah (sisir halus)
• 1 sendok teh SP atau bahan pembuat kue
• 150 gram terigu (segitiga biru)
• 100 gram margarin
• 100 garam kurma (buang bijinya)

Cara membuat:

• Siapkan loyang, olesi maragarin tabur terigu tipis-tipis. Kemudian iris halus gula merah sisihkan.
• Setelah itu, margarin dan ayak tepung terigu, sisihkan.
• Lumuri kurma yang telah dipotong kecil dengan terigu.
• Mixer dengan telur, dan gula merah sampai putih kental, ketika mixer diangkat adonan tidak cepat jatuh.
• Kemudian masukan margarin yang telah dicairkan. Mixer sampai rata dan masukan kurma, ratakan aduk balik pakai spatula.
• Masukkan ke dalam loyang. Taburi kismis dan keju parut. Panggang dioven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 190 derajat celcius selama 55 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing).

3. Kurma Coklat

6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat
google.com

Olahan berbahan kurma yang berikut ini cocok banget dijadikan sebagai camilan. Atau juga bisa dihidangkan di saat hari raya nanti. Diselimuti coklat yang menggugah selera, dijamin semua pasti suka.

Bahan-bahan:

• 20 buah kurma (buang bijinya)
• 250 gram cokelat pekat (cairkan dengan 1 sendok makan mentega tawar)
• 20 buah kacang mede utuh (disangrai atau digoreng terlebih dahulu)
• Meises secukupnya (sebagai taburan)

Cara membuat:

• Masukkan kacang mede ke dalam buah kurma sebagai pengganti bijinya.
• Celupkan buah kurma isi mede ke dalam cokelat pekat yang sebelunya sudah dicairkan.
• Taburi dengan meses atau hias sesuai selera.
• Biarkan coklat hingga beku, simpan dalam toples dan masukan ke lemari es agar lebih awet.

4. Es Krim Kurma

6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat
google.com

Siapa sih yang tak suka eskrim? Biar gak bosan makan eskrim yang itu-itu saja, mending cobain eskrim kurma. Selain dingin dan menyegarkan, eskrim kurma lebih juga lebih sehat. Jadi kamu tak perlu khawatir saat mengonsumsinya.

Bahan-bahan:

• 250 ml susu uht vanilla
• 40 gram susu bubuk vanilla
• Kurma, buang bijinya (sebagian di blender, sebagian di potong kecil-kecil)
• 1 sendok teh penuh coklat bubuk
• 1 sendok makan SP
• Madu atau gula (optional)

Cara membuat:

• Blender susu uht, susu bubuk, coklat bubuk dan kurma hingga larut, masukkan sp lalu mixer hingga mengembang. Tambahkan potongan kurma, aduk rata, tuang ke dalam wadah.
• Simpan di freezer hingga beku.
• Sajikan.

5. Goreng Pisang Kurma

6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat
google.com

Berbuka dengan gorengan memang menjadi pilihan yang tepat, tapi jangan terlalu sering, ya. Nah, buat kamu yang ingin membuat gorengan sendiri di rumah, berikut ini ada resep gorengan pisang yang dipadukan dengan buah kurma. Kira-kira rasanya seperti apa, ya?

Bahan-bahan:

• 2 buah pisang raja (usahakan yang sudah matang)
• 10 buah kurma (iris kotak)
• 1 bungkus tepung bumbu goreng pisang instan rasa vanilla
• Air es secukupnya
• Keju untuk taburan
• Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

• Haluskan pisang raja hingga menjadi pasta, jika sudah bisa langsung disisihkan.
• Dalam wadah berbeda, campurkan tepung bumbu pisang goreng dan air es. Aduk hingga menjadi adonan dengan kekentalan yang pas (tidak terlalu cair apalagi menggumpal)
• Masukkan irisan kurma dan pasta pisang ke dalam adonan tepung. Aduk rata.
• Panaskan minyak. Goreng pisang-kurma hingga matang. Angkat dan dinginkan.
• Taburi pisang kurma goreng dengam keju parut. Pisang goreng kurma siap disajikan.

6. Kurma Smoothie

6 Olahan Berbahan Kurma yang Lezat dan Mudah Dibuat
google.com

Berbuka puasa memang paling enak meneguk minuman segar. Apalagi, kalau minumannya bikin sendiri. Smoothie kurma bisa menjadi solusinya nih. Yuk buat sendiri di rumah, untuk diminum saat berbuka puasa nanti.

Bahan-bahan:

• 2 buah pisang beku (kupas kulitnya dan iris-iris)
• 5-8 kurma segar (buang bijinya dan iris)
• 2 cangkir susu cair
• 4 sendok makan selai kacang
• 4 sendok makan oatmeal instan

Cara membuat:

• Blender buah pisang, kurma, susu cair dan selai kacang sampai hancur dan merata.
• Tuang smoothie ke dalam gelas saji.
• Taburkan oatmeal instan di bagian atas banana date smoothie sebagai topping.

Baca Juga: Tips Memilih dan Menyimpan Kurma Agar Tahan Lama

Itu dia aneka olahan berbahan kurma yang tak hanya praktis, tapi juga lezat. Olahan mana nih yang bikin kamu ngiler?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.