Cara Jitu Mengatasi Kesepian Ketika Jauh dari Keluarga

Cara Jitu Mengatasi Kesepian Ketika Jauh dari Keluarga
diksinews.co.id

Seruni.id – Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, seseorang akan melewati fase yang membuat dirinya tinggal jauh dari keluarga. Pekerjaan dan sekolah menjadi faktor paling umum terjadi. Merasa kesepian karena jauh dari keluarga adalah hal yang wajar dirasakan.

Cara Jitu Mengatasi Kesepian Ketika Jauh dari Keluarga
fimela.com

Ketika kita harus sendirian dan tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan orang-orang terkasih di momen penting, tentunya ada rasa sedih yang muncul di dalam diri. Hanya bisa berkomunikasi melalui panggilan telepon atau video dan itu kadang rasanya belum cukup untuk obati kesepian. Tapi, tak perlu sedih berkepanjangan, ya. Sebab, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan rasa sepi ini. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Menikmati Makanan Kesukaan

Sendiri, bisa dijadikan sebagai momen yang tepat untuk menikmati segala yang kamu suka. Seperti menikmati makanan dan minuman yang kamu suka. Sebab terkadang, dengan cara ini kita bisa lebih rileks. Selain itu, ada perasaan tenang dan bahagia sendiri yang muncul dari kegiatan sederhana ini.

Gerakkan Tubuh

Mengusir rasa sepi, bisa dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh alias olahraga. Tak peru melakukan olahraga yang berat atau intens. Kamu hanya perlu menggerakkan tubuh sesuai dengan ritme dan kemampuanmu. Kadang mood kita memburuk karena kita terlalu tenggelam dalam rasa kesepian itu. Jadi, daripada mengutuk keadaan dan terus bersedih, gerakkan tubuhmu. Dari sini biasanya suasana hati akan membaik dengan sendirinya.

Buat Perubahan dalam Rutinitas

Cara lain untuk mengusir rasa sepi, bisa dengan membuat perubahan dalam rutinitas. Jika biasanya selama ini kamu selalu begadang, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Nikmati udara yang sejuk dan matahari pagi. Jangan lupa lakukan perubahan kecil dalam rutinitasmu. Sebab biasanya, perasaan sepi muncul karena kita dilanda rasa bosan. Jauh dari keluarga dan tak ada seseorang yang bisa diajak bicara, rasa bosan pun menjalar dan beralih menghadirkan rasa kesepian. Lakukan hal baru dalam rutinitasmu dan hadirkan perasaan baru untuk menepis perasaan sedih karena kesepian.

Buat Sesuatu yang Baru

Buatlah hal-hal baru yang bisa bermanfaat untukmu dan juga orang lain. Bisa dengan membuat kerajinan, karya, atau hanya sekadar menekuni hobi. Kesibukan membuat sesuatu yang baru akan menjadi penawar yang pas untuk mengatasi perasaan kesepian. Lakukan kesibukan yang memang kamu nikmati. Sehingga waktu yang berjalan bisa terasa menyenangkan. Bisa juga ajak seseorang untuk menemani mengerjakan hal baru. Intinya jangan terlalu berlarut-larut merasa sedih, ya.

Baca Juga: Jaga Keharmonisan Keluarga di Tengah Krisis Finansial dengan 6 Cara Ini

Jauh dari keluarga memang menyedihkan. Namun, yakinlah, kesepian ini hanya berlangsung sementara. Kendati demikian, kita akan semakin menghargai kebersamaan dan hangatnya waktu yang dihabiskan bersama orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.