6 Cara Mengasuh Anak Kembar

oknusantara.com

Seruni.id – Seperti yang kita tahu mempunyai anak kembar adalah suatu keajaiban yang mungkin tidak semua pasangan diberi kesempatan, meskipun terlihat menyenangkan diluar tapi ternyata memiliki anak kembar kadang-kadang memusingkan juga loh, Moms. Banyak sekali ibu ibu yang malah merasa setres memiliki anak kembar, karena harus mengurus dua orang dalam satu waktu. Oleh karena itu, yuk mari kita simak cara mengasuh anak kembar tanpa merasa stress dibawah ini.

Tentukan Waktu Makan dan Tidur Secara Teratur

Arwini.com

Sejak mereka lahir, kamu sudah harus menentukan dan waktu makan dan tidur mereka secara bersamaan serta selalu menjalankannya dengan tegas tanpa kompromi. Hal ini baik untuk kesehatan mereka serta dapat mengajarkan mereka untuk hidup teratur sejak dini. Tidak hanya itu, hal ini juga memiliki dampak positif bagi orang tua. Jika tidak ada jam yang sama, anak yang satu akan tidur pukul 8 malam, sedangkan anak yang lain bisa saja tidur pukul 3 pagi, dan sebagai orang tua, tentunya kamu harus terus terjaga untuk mengurusnya, bahkan mungkin terjaga 24 jam sehari.

Jadikan Kelucuan Mereka Sebagai Semangat

oknusantara.com

Ketika kamu merasa lelah, putus asa, atau mulai tumbuh bibit-bibit stress, ingatlah selalu kelucuan tingkah dan sikap anak kembarmu yang unik nan menggemaskan. Selain itu, tanamkan juga dipikiranmu bahwa segala kelelahanmu ini akan terbayar dengan melihat keduanya tertawa dan berkembang menjadi anak yang baik dibawah asuhanmu. Dijamin, kedua hal ini bisa membuatmu mematikan unsur-unsur negatif yang mulai terbentuk dan memberimu semangat extra untuk mengasuh mereka.

Libatkan Peran Suami

nikita.grid.id

Sekuat-kuatnya kamu mengasuh dua orang anak dalam satu waktu yang sama, kamu tetap manusia yang mempunyai batas kemampuan dan energi. Oleh sebab itu, ajaklah suamimu untuk mengasuh kedua anakmu itu. Bagi tugas bersamanya dan lakukan kegiatan mengasuh bersama-sama, sehingga kalian bisa sama-sama belajar serta memiliki pengalaman mengasuh yang menyenangkan. Suamimu juga pasti akan sangat bahagia karena dapat menyaksikan perkembangan anak-anaknya dan menghabiskan waktu bersama mereka.

Menikmati ‘Me Time’

smartmama.com

Cara mengasuh anak kembar lainnya dengan menikmati “me time”. Untuk menghindari stress, kamu butuh menarik diri sejenak dari aktivitas mengasuh si kembar, untuk menyegarkan kembali pikiranmu. Kamu bisa meminta tolong kepada pasangan atau kerabat terdekat yang kamu percayai untuk menggantikanmu menjaga si kembar selama kamu melakukan ‘me time’.

Kamu bisa menikmati pelayanan di salon dan spa, ataupun melakukan kegiatan refreshing lain yang kamu sukai, seperti berbelanja, bertemu teman, menghabiskan waktu di toko buku, berolahraga, hangout di café hits, bermain alat musik, dan mengikuti kelas menari. Jadikan kegiatan ‘me time’ tersebut sebagai kegiatan rutin, mungkin 2 minggu sekali atau sebulan sekali, agar kondisi psikismu tetap tenang dan positif selama mengasuh si kembar.

Pastikan Bahwa Mereka Memiliki Barang yang Sama Persis

orami.com

Ketika membelikan barang seperti mainan, makanan, ataupun pakaian, pastikan untuk membelinya 2 buah. Ini tidak dilakukan agar keduanya memiliki penampilan yang persis, tetapi agar tidak timbul kecemburuan antar saudara. Jadi, daripada salah satu anakmu marah, merengek, maupun berteriak histeris karena tidak memiliki barang seperti saudaranya atau barang miliknya direbut paksa oleh saudara kembarnya, lebih baik biarkan mereka memiliki barang yang sama persis hingga mereka menunjukkkan preferensi masing-masing.

Baca Juga: Mau Dapat Anak Kembar? Ikuti Cara membuat anak kembar Ini

Jangan Membanding-bandingkan

mommyasia.id

Walaupun si kembar terlihat serupa, tetapi ingatlah selalu bahwa mereka adalah dua individu dengan keunikan masing-masing dan kamu harus menghargainya. Oleh sebab itu, janganlah membanding-bandingkan keduanya, seperti membandingkan kecepatan pertumbuhan mereka, bentuk tubuh, tingkat kecerdasan, serta kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Dibanding-bandingan oleh orang tua bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi dibandingkan dengan saudara kembar yang memiliki wajah yang sangat serupa atau bahkan persis dengannya. Lagipula, kamu tidak ingin secara tidak langsung mengajarkan anak kembarmu untuk saling cemburu dan membenci sejak kecil , bukan? Jadi, cukup bimbing mereka pada jalan yang benar serta hargai dan biarkan mereka hidup dengan keunikan masing-masing.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.