Cara Mengatasi Kesepian Saat Menjalani Work From Home

Cara Mengatasi Kesepian Saat Menjalani Work From Home
ekonomi.kompas.com

Seruni.id – Ada hal yang patut disyukuri ketika kita menjalankan pekerjaan dari rumah work from home, kita bisa beristirahat sejenak dari bisingnya perkotaan dan menikmati waktu lebih lama bersama keluarga. Namun, tentu saja ada hal yang berbeda, seperti rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan ketika berkerja di kantor.

Cara Mengatasi Kesepian Saat Menjalani Work From Home
cermati.com

Kita akan merasa kesepian dan muncul rasa bosan. Mungkin kamu adalah salah satu yang merasakan hal ini? Tenang saja tak perlu khawatir, karena Seruni telah melansir dari berbagai sumber, beberapa cara mengatasi kesepian saat menjalani work from home. Berikut ulasannya:

1. Menelpon atau Video Call

Meskipun bekerja di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa berkomunikasi dengan dunia luar. Kamu bisa mengatasi rasa jenuh dengan berbincang dengan rekan kerja lewat ponsel. Sebisa mungkin, luangkanlah waktu sejenak untuk berbicara langsung, bukan melalui pesan teks. Langkah ini bisa menghilangkan rasa jenuh dan kesepian secara efektif.

2. Bertemu Secara “Online”

Kehadiran teknologi sangat memberi manfaat untuk kehidupan sosial kita. Sebab, di kondisi seperti sekarang ini, kita bisa menjadwalkan pertemuan bersama teman-temanmu, namun secara online. Misalnya, menggunakan teknologi panggilan kelompok.

Meskipun hanya bertemu via online, namun kamu tetap bisa mencairkan obrolan dan menghadirkan suasana yang terkesan nyata, dengan membuat secangkit kopi atau teh untuk menemani momentum kebersamaan dengan kerabat.

3. Mendengarkan Podcast

Jika tidak memungkinkan untuk menghubungi teman, mengatasi kesepian saat bekerja di rumah bisa dengan mendengarkan podcast favoritmu. Sebab, dengan mendengarkan orang lain berbicara, kamu bsia merasa ada kehadiran orang lain yang bisa membuat kamu semangat. Dan konten podcast yang didengarkan juga bisa menambah pengetahuan, loh.

4. Bermain Games

Bermain games juga bisa menjadi kegiatan pilihan di sela-sela aktivitasmu. Untuk membuatnya lebih hidup, pilihlah bermain online yang bisa dimainkan bersama teman-temanmu. Selagi bermain, kalian juga bisa mengobrol menggunakan teknologi panggilan kelompok. Jangan biarkan keasyikan bermain games membuatmu lupa dengan tugas utamamu, ya.

5. Manfaatkan Media Sosial

Kebanyakan dari kita, mungkin sudah mengetahui bahwa penggunaan media sosial dalam waktu yang terlalu lama bisa menimbulkan kecemasan. Namun, beberapa orang menggunakannya dengan cara yang positif. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk mengisi waktu di tengah masa social distancing. Kita bisa tetap membatasi penggunaannya, misalnya hanya untuk melakukan obrolan kelompok atau melalui pembatasan waktu dan penggunaan.

Kehadiran media sosial, di sisi lain bisa memberikan kita dukunngan moral dengan melihat unggahan-unggahan orang yang juga merasakan hal yang sama. Misalnya, ketika mengetik kata kunci “Work From Home”, kita mungkin menemukan banyak sekali orang yang berusaha membuat diri nyaman ketika bekerja di rumah.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Menata Ruang Kerja Nyaman bagi WFH

6. Mengikuti Kelas Olahraga Online

Bukan hanya pertemuan saja yang bisa dilakukan secara online, namun ternyata olahraga juga bisa online, loh. Sejumlah studio olahraga membuka kelas online yang bisa diikuti secara gratis. Di saat bosan dengan kesendirian di rumah, maka tak ada salahnya untuk mengikuti kelas-kelas seru tersebut.

7. Selingi dengan Menjalankan Hobi

Work From Home membuat kamu memiliki waktu luang untuk menjalankan hobi di rumah. Tetaplah buat jadwal kerja, dan sisakan waktu untuk melakukan hobi. Memasak atau berkebun, bisa menjadi alternatif lain yang bisa meminimalisir rasa bosan dan stres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.