Contoh Bahasa Korea Sayang yang Kerap Digunakan

Contoh Bahasa Korea Sayang yang Kerap Digunakan
besthealthmag.ca

Seruni.id – Bahasa Korea sayang, kini banyak sekali dicari, terutama bagi mereka yang sangat menyukai drama Korea. Panggilan sayang di berbagai negara tentunya berbeda-beda. Masing-masing negara memiliki ciri khas bahasa panggilan sayangnya.

Contoh Bahasa Korea Sayang yang Kerap Digunakan
pngitem.com

Begitu pun di negeri gingseng ini, bahasa Korea sayang memiliki karakter tersendiri. Seperti halnya bahasa di negara lainnya, bahasa Korea juga memiliki panggilan sayang yang berebeda. Hal ini tergantung penggunaan bahasa keada siapa panggilan tersebut diucapkan.

Bahasa Korea sayang sebagai panggilan untuk suami istri berbeda dengan panggilan sayang ke pacar, teman, atau kepada orangtua. Nah, agar kamu semakin memahami bahasa Korea, yuk pahami beberapa panggilan sayang dalam bahasa Korea berikut ini.

Bahasa Korea Sayang

1. Chagiya

Chaygiya merupakan salah satu bahasa Korea yang artinya adalah sayang. Penggunaan kata Chagiya ini sangat mendalam sekali. Biasanya Chagiya ini digunakan sebagai panggilan sayang bagi sepasang kekasih yang telah bertunangan dan memiliki komitmen untuk hidup bersama. Lantas, bagaimana denganmu, apakah tertarik memanggil kekasihmu dengan panggilan “Chagiya”?

2. Oppa

Awalnya panggilan “Oppa” kerap digunakan untuk adik perempuan terhadap kakak laki-lakinya. Namun, seiring berjalannya waktu dan entah apa sebabnya, saat ini panggilan Oppa menjadi lebih sensitif. Bahkan, sebutan Oppa kerap dijadikan sebagai bahasa Korea sayangku, loh. Di Korea sendiri, tak sedikit wanita yang memanggil kekasihnya dengan sebutan Oppa. Jika cewek Korea yang memanggil seorang cowok dengan sebutan Oppa, maka mungkin saja Yeoja ini menyukainya. Ini bisa dikatakan sebagai ungkapan ketertarikan, meski tidak juga selalu memiliki makna seperti itu. Jadi, kamu juga bisa menggunakan bahasa Korea sayang yang satu ini, ya.

3. Yeobo

Selain Oppa, bahasa Korea sayang yang kerap terdengar dalam dramanya adalah kata “Yaebo”. Berbeda dengan sebutan Oppa, Yaebo biasa digunakan oleh pasangan yang telah menikah. Kata Yaebo jika diartikan dalam bahasa Inggris sama halnya seperti honey. Panggilan ini menjadi sebuah tanda kalau pasangan tersebut sudah memiliki hubungan yang lebih dalam dari sekadar pacaran. Nah, buat kamu yang sudah menikah, panggilan ini bisa kamu gunakan untuk saling sapa, agar hubungan semakin harmonis.

4. Dangshin

Dsangshin adalah salah satu contoh bahasa Korea sayang. Ketika menonton drama Korea, mungkin kamu tidak asing dengan kata Dangshin ini. Sama halnya seperti kata Yaebo, kata Dangshin merupakan bahasa Korea sayang, atau panggilan sayang yang digunakan oleh pasangan suami istri. Dalam bahasa Indonesia, kata Dangshin berarti sayangku, atau pujaan hatiku. Yuk coba gunakan bahasa korea sayangku ini, agar hubungan semakin manis.

5. Anae atau Bu-in

Bahasa Korea sayang yang berikutnya ada Anae atau Bu-in, yang memiliki arti “istriku”. Biasanya kata ini dipakai oleh laki-laki atau para suami sebagai panggilan sayang kepada istrinya. Hanya saja, kata Anae dipakai ketika sedang berada dalam situasi formal, dan Bu-in dipakai ketika berada dalam situasi yang lebih santai alias tidak formal.

6. Baolggul

“Baolggul” adalah panggilan sayang dalam bahasa Korea yang bisa di pakai buat memanggil pasangan hidup, meski tidak sepopuler kata-kata yang sudah aku sebutkan sebelumnya. Makna dari kata “Baolggul” tetap sama dengan kata-kata di atas, yaitu sayang. Kamu juga bisa menggunakan bahasa Korea sayang yang satu ini sebagai sapaan untuk pasanganmu.

7. Nampyon

Jika tadi kita membahas panggilan sayang dari suami ke istrinya, maka ini sebaliknya. Kata Nampyon merupakan panggilan sayang dari istri kepada suaminya. Dalam bahasa Indonesia, Nampyon berarti suamiku. Bahasa Korea sayang ini juga kerap terdengar di drama Korea, loh.

8. Jagiya

Jagiya juga salah satu bahasa Korea sayang, artinya mirip-mirip dengan kata panggilan ‘manis’. Contohnya: “Hai, Manis. Sedang apa di sana?”

Contoh Kalimat Romantis Dalam Bahasa Korea

Tahukah Kamu bahwa kata sayang itu sendiri jika diterjemahkan kedalam bahasa Korea adalah “Sarang” (사랑). Lalu bagaimana ungkapan atau kalimat-kalimat romantis yang memiliki makna sayang dalam bahasa Korea?

1. Aku cinta kamu: Naneum sarang hada ( 나는 너를 사랑 하)

Sebutan atau panggilan sayang ini memang perlu untuk diketahui, terutama jika kita ingin berkunjung atau bahkan menetap di Korea. Kalau kalian adalah salah satu penggemar drama Korea romantis tentang percintan, pastinya sering sekali mendengar kata-kata panggilan sayang yang dicuapkan oleh para pemain.

Namun, kalimat ‘Naneum sarang hada’ ini termasuk ungkapan yang disampaikan ketika situasi santai atau akrab. Sedangkan, jika suasana formal atau kalimat lebih sopan lagi adalah mnggunakan “Ceoneun tangsineul sarang hamnida” (저는 당신을 사랑합니다) atau “Ceoneun tangsineul sarang haeyo” (저는 당신을 사랑 해요).

2. Aku Menyukaimu: Nega choa (네가 좋아)

Kalau kamu sedang menyukai seseorang, tapi ragu mengungkapkan langsung, apalagi jika menggunakan bahasa Indonesia, kamu bisa loh menggunakan kalimat yang satu ini. Namun, kalimat ini akan lebih baik kalau diungkapkan dalam situasi kasual konteks romantis. Sedangkan, untuk kalimat yang lebih halus alias sopan adalah “Tangsini coayo” (당신 이 좋아요) atau “Tangsini coahamnida” (당신 이 좋아합니다).

3. Tidak Ada Orang Sepertimu: Neo pakke opso (너 밖에 없어)

Bisanya jika kamu sudah menemukan seseorang yang sudah pas denganmu, bisa menerima segala kelebihan dan kekuranganmu, pasti kamu akan mengatakan bahwa tidak ada orang seperti dirinya. Kamu bisa menggunakan kalimat “Neo pakke opso” untuk menjadikan suasana lebih romantis atau bisa dengan kalimat “Tangsin pakke opseoyo (당신 밖에 없어요).

4. Aku Tidak Bisa Hidup Tanpamu: Tangshin opsi mot sara (당신 없이 못 살아) atau “Neo opsi mot sara” (너 없이 못 살아)

Kalau kamu ingin mengungkapkan kalimat bahwa kamu tidak dapat hidup tanpanya, kamu bisa mengucapkan secara formal. Yakni dengan menggunakan kalimat seperti di atas. Sebab, kalimat tersebut sangat romantis sekali untuk kamu sampaikan kepada pasangamu.

5. Maukah Kamu Menikah denganku?: Narang kyeoron hae chullae? (나랑 결혼 해 줄래?)

Kalimat ini tidak kalah romantis dengan yang sudah di bahas di atas, loh. Ini sebuah ungkapan kamu untuk mengusulkan hubungan sampai ke jenjang yang lebih serius lagi. Biasanya sih kalimat ini lebih sering diucapkan oleh laki-laki. Kalimat lain, Kamu bisa juga menggunakan “Cheorang kyeoron hae chullae?” (저랑 결혼 해 줄래요?). Jika kamu telah yakin dan siap untuk melepas masa lajangmu menjadi sepasang kekasih yang resmi. Maka katakanlah ungkapan ini kepadanya. Salain kalimat ini, kamu juga bisa menyelipkan bahasa Korea sayang seperti yang disebutkan di atas.

Kumpulan Kata-kata Romantis Bahasa Korea

Selain bahasa Korea sayang, kepada pasangan, kamu juga perlu mengungkapan kata-kata romantis. Nah, kata romantis berikut ini juga berbahasa Korea. Kalimat di bawah ini juga tak lupa menyelipkan bahasa Korea sayang, loh. Yuk simak selengkapnya.

1. “Naega dangsineul olmamankeum saranghaneunji dangsineun alji motamninda. Geurona naega dangsineul sarangheneun gon, dangsinkke sarangeul batgi wihami aninsarangeul neukkineun geudaeroui saranggigi ttaemunimnida”

Artinya: “Betapa besar aku mencintamu. Namun, engkau tetap tak tahu. Aku mecintamu bukan karena ingin menjadi kekasihmu, tapi perasaan ini murni,”

2. “Oneu gose issodo nowa na ganjolhi wanhamyon wannal su itgetji”

Artinya: “Di mana pun tempatnya, jika kita memiliki hasrat yang kuat, maka kita akan bertemu,”

3. “Dangshin ui sowoneul bada”

Artinya: “Bagaimana nasib cintaku, hatiku masih hidup di ragamu,”

4. “Dangsineun man areumdaun misoleul malyon hago gotongseuloun ui man choug eulo idong.”

Artinya: “Walaupun aku tidak ada di pikiranmu, itu lebih baik daripada aku tidak ada di hatimu,”

5. “Naneun ne ma-eum sog-ui 1, 2, 3 inching-eun anijiman, dangsin-ui ma-eumgwa salm-ui majimag-idoegileul balabnida.”

Artinya: “Meski aku bukan orang pertama, kedua, dan ketiga dalam hatimu, aku siap menjadi yang terakhir dalam hati dan hidupmu,”

6. “Naneun allaleul wihae dangsin-eul salanghabnida. naneun dangsin-eul nae insaeng-ui dongbanjaija janyeoui eomeonilo seontaeghabnida. “

Artinya: “Aku mencintaimu karena Allah. Aku memilihmu menjadi pendamping hidup dan menjadi ibu dari anak-anakku,”

7. “Ije naegidoneun deo isang dangsin-eul nae insaeng-ui dongbanjagadoeji anhseubnida.hajiman jeoneun dangsingwa haneul-ui dongbanjaloseo dongbanjaga doel su issgileulgidohabnida.”

Artinya: “Sekarang doaku bukan lagi menjadikanmu pasangan hidupku, tetapi aku berdoa agar dapat menjadi pasangan sesurga bersamamu,”

8. “aeil dangsingwa hamkke iss-eumyeon han gajileul kkaedadgedoebnida. dangsingwa hamkke salgedoeeo un-i johdago saeng-gaghabnida.”

Artinya: “Setiap hari saat bersama dirimu menyadarkan aku pada suatu hal, bahwa aku merasa begitu beruntung menjalani kehidupan bersamamu,”

9. “Naeildo yeojeonhi dangsin-eul joh-ahal geos-ibnida. maeil naneun hangsang dangsin-eul joh-ahal geos-ibnida.”

Artinya: “Besok aku masih akan menyukaimu, begitu juga lusa dan hari setelahnya. Setiap hari aku akan selalu menyukaimu,”

10. “Cheos-salangboda majimag salang-i yeoseong-ege deo jung-yohaji anhnayo?”

Artinya: “Bukankah cinta terakhir lebih penting bagi wanita daripada cinta pertamanya?”

11. “Igeon leobeu seutoliinde, salang-e ppajin salamdeul-eul eotteohge jab-eul su iss-eulkka.”

Artinya: “Ini kisah cinta, dan mana mungkin aku menangkap orang yang jatuh cinta,”

12. “Nun-eul gamgo naleul gieoghamyeon naega olge”

Artinya: “Tutuplah matamu dan ingatlah aku, maka aku akan datang,”

13. “Naneun geuleul cheoeumbwass-eul ttae geuwa salang-e ppajyeossda. geunyeoui eolgul-eun aleumdabgo chum-eun hwalgichago us-eum-eun neuseunhabnida. isanghago haengboghamyeo gotongseuleoun dongsie.”

Artinya: “Saya jatuh cinta dengan dia saat pertama melihat dia. Wajahnya cantik, tariannya lincah, tawanya lepas. Perasaan yang aneh, bahagia dan rasa sakit pada saat yang sama,”

14. “salamdeul-eun salang-i aleumdabdago malhabnida. geuleona hyeonsil-eun geu isang-ibnida. salang-eun huisaeng, bosalpim, bosalpim, yeonmin-ibnida. geuligo geuga ulileul-wihan geos-i anilamyeon geuleul gang-yohaji masibsio.”

Artinya: “Kata orang, cinta itu indah. Tetapi kenyataannya lebih dari itu. Cinta itu berkorban, perhatian, peduli, dan kasih sayang. Serta tidak memaksa jika kenyataannya dia bukan untuk kita,”

15. “I sesang-e nega midneun geon eobs-eodo jinsim-eulo salanghandago mid-eo jwo.”

Artinya: “Walau tak ada hal lain di dunia ini yang kamu percayai, percayalah bahwa aku mencintaimu dengan penuh hati,”

16. “Dangsin-eun na-ege chungseong-eul galeuchyeo jueossgi ttaemun-e naneun chungseonghaessseubnida. kam-eun naega ileohge neol salanghal su issdolog salang-ui uimileul galeuchyeo jwoss-eo.”

Artinya: “Kamu mengajarkaiku kesetiaan sehingga aku setia. Kam mengajarkaiku aku arti cinta sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini,”

17. “Naneun han ssang-ui son-i issjiman hangsang dangsin-eul dolbol suneun eobs-seubnida. hajiman hangsang dangsin-eul wihaegidohaneun ma-eum-i issseubnida. “

Artinya: “Aku punya sepasang tangan, tetapi tidak dapat selalu menjaga dirimu. Tapi aku punya hati yang selalu berdoa untukmu,”

18. “Salang-eun gongsaeng, nanum, jiwon, salanghaneun salam-eul mannaseo haengboghaejibnida.”

Artinya: “Cinta itu kebersamaan, saling berbagi, mendukung, dan cinya itu senang melihat orang yang dicintainya bahagia,”

19. “Nuguna daleun salam-eul salanghaneun bangsig-i issseubnida. geuligo chimmug sog-eseo naneun dangsin-eul salanghabnida.”

Artinya: “Semua orang punya cara sendiri untuk mencintai orang lain. Dan dengan cara diamlah aku mencintaimu,”

20. “Salang-eun geugeos-i eolmana olae jisogdoeneunjie gwanhan geos-i anibnida. geuleona eotteon banghyang-eulo eolmana bunmyeong.”

Artinya: “Cinta bukanlah soal seberapa lama bertahan. Tapi ke arah mana dan seberapa jelas,”

21. “Salang-eun danji geuwa hamkke haengbog haejineun geos-i anibnida. salang-eun ttohan geu haengboghan gamjeong-i salajil ttae geuwa hamkke meomul gessdaneun yagsog-ibnida.”

Artinya: “Cinta itu tidak cuma tentang bahagia saat bersamanya. Cinta juga adalah komitmen untuk tetap bersamanya, ketika perasaan senang itu hilang,”

22. “Naega jolibhal su eobs-eossdeon han gajineun naega salanghaneun iyuleul jeonglihaneun geos-ibnida. dangsin-eul salanghaneun geos-eun seolmyeong hal su eobsjiman neukkigi swibgi ttaemun-e maeu eolyeobseubnida.”

Artinya: “Satu hal yang tak mungkin dapat kurangkai yaitu merangkai alasan mengapa aku mencintai. Sangat sulit, karena mencintaimu tidak bisa dijelaskan namun mudah untuk dirasakan,”

23. “Naneun dongsie laempeu yeoghal-eul hal sueobsneun jogwang-giibnida. bich-eneun hangsang eodum-i issgo chilyohal sangcheoga iss-eumyeo mannago sip-eun galmang-i issgi ttaemun-ibnida. geuleom dangsin-i naleul wihae.”

Artinya: “Aku redup yang tak bisa sekaligus berperan sebagai pelita. Karena selalu ada gelap untuk diterangi, ada luka untuk diobati, ada rindu untuk temu. Lalu, ada kamu untuk aku,”

24. “Maebun, simjieo chodo maeu neulige neukkyeojibnida. jeongmal yeoljeongjeog in ma-eum-eun cham-eulseong-i eobs-seubnida. meomchuji anhgo ttwineun geoscheoleom simjang bagdong. geudeul-i dangsin-eul mannago sip-eoseo.”

Artinya: “Setiap menit bahkan detik terasa sangat lamban. Hati sungguh menggebu tidak sabaran. Degup jantung seakan berderup tanpa jeda. Hanya karena ingin berjumpa,”

25. “Gyeolhonboda seolo salanghaneun du salam-ege deo joh-eun haegyeolchaeg-eun eobs-seubnida.”

Artinya: “Tak ada solusi yang lebih baik lagi dari dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan,”

26. “Dangsin-i chimmug sog-eseo nugungaleul salanghagogido-e geuui ileum-eul neoh-eul ttae, geuneun jeongmallo moleubnida. hajiman allaneun dangsin-i aneun geosboda deo manh-i algo issseubnida.”

Artinya: “Ketika kamu mencintai seseorang dalam diam dan menyelipkan namanya dalam doamu, dia memang tidak tahu. Akan tetapi, Allah mengetahui hal itu melebihi pengetahuanmu,”

27. “Jigeum uliga alla sin-ui heolag-eulo moiji anh-assdamyeon amado hananim-ui gyehoeg-i deo joh-eul geos-ibnida. jeug uliga jeongmallo junbidoeeoss-eul ttae ulileul mo-euneun geos-ibnida.”

Artinya: “Bila sekarang kita belum dipertemukan atas izin Allah, barangkali rencana Allah lebih baik yaitu dengan mempertemukan kita saat kita sudah benar-benar siap,”

28. “Naega dangsin-eul haechiji anhgessdago yagsog hal suneun eobs-seubnida. waenyahamyeon naega moleuneun illo inhae dangsin-eul muuisigjeog-eulo haechil sudo issgi ttaemun-ibnida. hajiman na ttoneun dangsin-i dachyeodo hangsang sal-anamgo byeonhohagessdago yagsoghabnida.”

Artinya: “Aku tidak bisa berjanji takkan menyakitimu, karena mungkin tanpa sadar aku menyakitimu dari hal-hal yang tak kuketahui. Tetapi, aku berjanji akan selalu bertahan dan mempertahankan meski aku atau kamu tersakiti,”

29. “Salang-eun chaijeom-eul jonjunghago, seololeul sinloehago, seololeul bad-adeul-ineun bangbeob-eul galeuchyeojueossseubnida.”

Artinya: “Cinta mengajariku cara menghargai perbedaan, saling percaya, dan menerima apa adanya,”

30. “Naneun dangsin-i dangsin-eul salanghandago malhal ttaekkaji gidalil pil-yoga eobs-seubnida. dangsin-i naleul usgo dolboneun moseub-eul bomyeon dangsin-i naleul salanghandaneun geos-eul ihaehagedoebnida.”

Artinya: “Aku tidak perlu menunggumu mengatakan I Love You. Melihat caramu tersenyum dan perhatian kepadaku membuatku cukup mengerti bahwa kamu mencintaiku,”

Itulah beberapa contoh bahasa Korea sayang yang bisa kamu gunakan sebagai ungkapan kasih sayang kepada pasanganmu. Selain itu, Seruni juga telah membagikan beberapa contoh kata-kata romantis bahasa Korea beserta artinya untuk dijadikan ide dalam mengungkapkan perasaan kepada seseorang.

Baca Juga: 20 Situs Nonton Drama Korea Sub Indo Terbaru dan Paling Diburu

Berikanlah kata romantis dan bahasa Korea sayanng yang paling bermakna dan tunjukkanlah kasih sayang untuk orang spesial. Karena hal itu bias membahagiakannya. Semoga artikel tentang kata romantis bermanfaat dan bisa menginspirasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.