15 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

bisnisukm.com

Seruni.id – Apakah kamu salah satu orang yang berniat untuk membuka sebuah usaha? Namun, terkendala kerena tidak memiliki modal yang banyak? Jangan khawatir, dalam artikel Seruni kali ini, kita akan membahas contoh usaha modal kecil untung besar yang sangat menjanjikan. Kebanyakan orang terkadang membatalkan niatnya untuk memulai usaha hanya karena tidak memiliki dana yang besar.

relvomagazine.com

Padahal, modal berupa uang bukanlah satu-satunya faktor keberhasilan bisnis yang dijalani. Akan tetapi, dengan keseriusan, ketekunan, dan kerja keras lah yang menjadi modal utama dalam menjalankan sebuah usaha meskipun hanya memiliki modal yang minim.

Meskipun kelihatannya mustahil, mendirikan bisanis bermodal kecil untuk besar bukan hanya sekedar angan-angan, loh. Siapa sih yang tak kenal dengan Almarhum Bob Sadino? Beliau memang selalu menjadi panutan siapa pun dalam berbisnis. Kendati terkadang, apa yang dikatakan sangat ‘nyelekit’. Tapi jangan salah, hal tersebut bisa kita jadikan pelarajan berharga dari seorang legendaris bisnis. Beliau adalah contoh nyata seseorang yang keluar dari zona nyaman memulai bisnis dari nol, loh.

Nah, bagi kamu yang ingin merintis usaha atau memulai usaha sampingan, tak perlu berkecil hati jika memiliki modal terbatas. Dengan strategi yang tepat, terdapat puluhan peluang bisnis yang bisa menjadi pintu pemasukan baru. Bisnis dengan modal Rp 1 juta sekalipun bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Belum punya ide bisnis yang ingin dijalani? Tak perlu bingung lagi, berikut 15 contoh bisnis modal kecil untung besar:

1. Menjual Pulsa Elektrik

Semakin lama dunia semakin berkembang, itu tandanya kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Belum lagi teknologi yang juga semakin canggih, adanya hanphone sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan sanak saudara pun teman yang jaraknya jauh. Tak hanya itu, handphone bisa kita manfaatkan untuk memulai usaha, loh. Bagaiaman caranya? Mengingat saat ini sudah banyak yang memiliki telephone genggam atau gedget, kenapa tidak dimanfaatkan untuk berjualan pulsa elektrik misalanya. Apalagi, sebagian penduduk Indonesia menggunakan kartu pra bayar.

Tak usah khawatir mengenai modal, karena berjualan pulsa tidak memerlukan modal yang besar dan waktunya pun fleksibel, inilah kelebihan usaha sampingan pulsa elektrik. Kamu hanya tinggal mendaftar ke provider pulsa elektronik online, kemudian melakukan deposit dari modal. Setelah itu, kamu bisa memulai menjual pulsa elektrik dengan harga yang memberikanmu keuntungan.

Omzet dari usaha sampingan jual pulsa elektrik diperkirakan dapat mencapai Rp 20 triliun setahun. Angka itu berdasarkan dari data pebisnis pulsa skala besar di Jakarta. Permintaan akan pulsa elektrik tidak diragukan lagi keberadaannya di pasaran masyarakat. Baik itu teman kantor, teman kos, tetangga, ataupun relatif Anda dapat menjadi target penjualan bisnis pulsa elektronik.

2. Bisnis Aksesori Wanita

Salah satu contoh bisnis modal kecil keuntung besar adalah menjual aksesori yang kerap dipakai wanita. Tahu gak sih? Ternyata menjalankan bisnis yang terbilang sepele ini sangat menjanjikan, loh. Hal ini telah dibuktikan oleh Kartia Yuswadi, pemiliki usaha aksesori berlabel ‘SemoetKetjil’. Modal awal hanya sebesar Rp. 1 juta saja, usaha yang Kartika lakoni menghasilkan omzet hingga Rp. 10 juta per bulan. Keberhasilan yang ia dapatkan tak luput dari ketekunannya.

Selama bertahun-tahun Kartika tetap menjaga kualitas bisnisnya dan terus berinovasi untuk menarik palanggan. Tiru kesuksesan Kartika dengan menciptakan keunikan pada produk, agar brand-mu mudah diingat. Selain memanfaatkan media sosial, jangan segan mengenakan produk sendiri sebagai salah satu cara pemasaran.

3. Membuka Jasa Lundry

Siapa bilang untuk membuka usaha jasa pencucian seperti laundry ini memerlukan biaya besar? Percaya atau tidak, jasa laundry kiloan merupakan salah satu usaha dengan modal cukup rendah namun memberikan keuntungan yang besar, loh. Cukup bermodalkan Rp. 6 jutaan, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Sebab, kamu hanya membutuhkan mesin cuci, pewangi, deterjen, mesin pengering, timbangan, setrika dan plastik. Jika Rp. 6 juta masih terasa berat, kamu bisa memperkcilnya dengan memilih mesin cuci yang sudah tergabung langsung dengan mesin pengering.

Apalagi di zaman sekarang, kebanyakan orang, terutama mahasiswa dan karyawan selalu ingin yang serba praktis. Dengan menempatkan usaha laundry ini di daerah yang dekat dengan tempat kost-kostan atau perkantoran, dijamin usaha tersebut tidak akan kehabisan pelanggan. Kemungkinan besar kamu dapat meraih keuntungan 15%-25% dari tarif laundry per kilo. Asumsi tarif laundry sekitar Rp. 4.000 sampai Rp. 6.000 per kilogram.

4. Jasa Pencucian Motor/Mobil

Contoh bisnis modal sedikit untung banyak berikutnya adalah jasa pencucian motor maupun mobil. Usaha sampingan ini dapat memberikan laba yang cukup tinggi jika kamu memulainya di daerah yang tepat. Dengan modal sekitar Rp. 2 jutaan saja, kamu sudah bisa membuka usaha ini. Kamu hanya perlu membeli pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Mengenai tempat, kamu bisa memulai di daerah perumahan dekat tempat tinggalmu. Jadi, kamu tidak memerlukan biaya tambahan untuk sewa tempat. Dan ketika kamu melihat masa depan dari bisnis ini, maka buka tidak mungkin untuk mengembangkannya dengan membuka cabang di lokasi yang lebih strategis.

5. Bisnis Dropship

Bisnis dropship bukan hanya bermodal kecil, melainkan bisnis yang dimulai tanpa memerlukan modal. Sebab, siapapun bisa menjalankan ini tanpa uang sepeser pun. Bisnis yang satu ini sangat cocok dilakukan untuk ibu rumah tangga maupun mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan sampingan. Karena, kamu tak perlu repot-repot mengerjakan proses penyediaan maupun pengiriman produk.

Cukup memasarkan produk dari penjual ke sosial media, maupun secara langsung dan setelah itu kamu hanya perlu meneruskan pemesanan dan pembayarand ari pembeli ke penjual. Menjadi dropshipper memang terlihat mudah, namun tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebab, kamu harus benar-benar paham spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier terpercaya. Kualitas produk dan pelayanan supplier akan berdampak pada reputasimu.

6. Jasa Desain Grafis

Contoh usaha dengan modal kecil untung besar adalah jasa desain grafis. Tak semua orang memiliki keahlian ini, tetapi jika kamu memang bekerja di bidang ini, maka kamu bisa menghasilkan uang lebih. Sistemnya sama dengan pekerja lepas. Kamu bisa mencari klien melalui beberapa website desain di Indonesia atau bisa juga menggunakan website Inggris untuk pasar internasional dengan tarif yang lebih tinggi.

Dari website tersebut, kemungkinan kamu akan mendapatkan peluang untuk mengerjakan desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, interior dan banyak lagi. Setiap kerjaan ini memiliki bayaran yang bervariasi tergantung dengan kesepatakan antara kamu dan klien. Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah keahlianmu dalam membuat desain grafis, koneksi internet dan komputer.

7. Jasa Pengetikan

Jika kamu memiliki sebuah laptop ataupun komputer, contoh bisnis dengan modal kecil untung besar ini dapat menjadi ladang yang sangat menguntungkan. Apalagi, jika tempat tinggalmu berkdekatan dengan kampus dan sekolah. Tak perlu khawatir sepi orde. Sebab, banyak mahasiswa atau siswa yang mendapatkan tugas makalah yang memerlukan bantuan jasa pengetikan. Kamu juga bisa menambah layanan mencetak atau print. Sebuah printer baru dengan spesifikasi yang cukup bagus bisa kamu dapatkan kurang dari Rp 900 ribu.

8. Katering Rumahan

Katering merupakan salah satu ide usaha yang cocok untuk kalian yang memang pandai dan gemar memasak. Usaha sampingan ini tidak akan pernah ketinggalan zaman. Lingkungan tempat tinggalmu pastinya akan membutuhkan jasa katering. Sebab, tak semua keluarga memiliki waktu luang untuk memasak, katering adalah jalan keluar termudah yang bisa kamu ciptakan. Karyawan juga suka memesan katering, jika mereka sibuk dan tidak memiliki waktu untuk keluar kantor dan antri untuk memesan makanan maka katering adalah jalan pintasnya.

Usaha sampingan ini memang terdengar akan memakan waktu yang banyak. Mulai dari memasak lauk dan nasi kemudian menghantarnya dengan kendaraan, hingga mencuci peralatan masakan. Memang benar katering akan menjadi usaha sampingan yang berat dan menyibukan. Oleh sebab, sangat disarankan untuk menyediakan layanan di hari libur saja seperti Sabtu dan Minggu ataupun hari libur nasional. Karena di hari libur nasional sebagian restoran memilih untuk tutup toko.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini diperkirakan sebesar Rp 3 jutaan. kamu akan memerlukan kompor, gas, bahan baku masakan lauk, rice cooker, dan kotak makanan. Mulailah menarget pasaran di sekitar lingkungan, terutama tetangga. Dengan demikian kamu tidak perlu jauh-jauh mengantar katering makanan tersebut.

9. Membuat Blog

Bisnis sampingan satu ini bisa dikatakan tidak memerlukan modal sama sekali. Memulai blogging merupakan cara termurah untuk kamu mendapatkan uang saku tambahan. Kelemahannnya hanyalah terletak pada waktu. Untuk memulai blog, kamu bisa menggunakan platform blog gratisan seperti blogspot.com. Kemudian, isilah blog dengan tulisan atau konten yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Tulisan yang bisa dimuat dalam blog tersebut, bisa berupa artikal yang informatif atau bisa juga mengisinya dengan pengalaman tentang hidupmu yang dirasa akan berguna bagi pembaca.

Dengan begitu, setiap pengunjung yang menemukan blogmu akan tetap mengunjunginya dan semakin tertarik dengan iformasi yang kamu berikan. Saat baru memulai membuat blog, memang terdapat kendala yang mungkin juga dirasakan oleh setiap blogger, yaitu mencari pengunjung. Agar blogmu banyak yang mengunjungi, tidak ada salahnya kan, mempromosikan blogmu ke sosial media atau teman-temanmu.

Seiring jangka waktu tertentu, setelah jumlah pengunjung yang datang ke blog kamu akan meningkat. Kamu dapat memasang iklan di blog melalui Google Adsense. Jadi, setiap pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka kamu dapat menerima uang. Atau jika blogmu sangat populer, maka banyak usaha lain yang ingin terfitur di blog kamu. Lalu kamu dapat menagihkan sejumlah biaya untuk layanan tersebut.

10. Pertamini/Pom Mini

Pom Mini atau Pompa Bensin Mini telah menjadi salah satu usaha sampingan yang cukup ternama di daerah yang memiliki jumlah SPBU sedikit. Dulunya banyak penjual menggunakan botol atau jerigen, tetapi kini suatu alat pompa manual dengan gelas takaran tersedia dengan harga sekitar Rp 6,5 juta. Kamu tidak perlu tergantung dengan alat ini jika memang tidak memiliki modal sejumlah tersebut. Cukup dengan cara tradisional dengan botol akan dapat memberikan kamu keuntungan.

Pertama-tama yang bisa kamu lakukan adalah mencari lokasi yang tepat dan strategis. Di mana daerah tersbut sangat jauh dengan SPBU. Jadi, kemungkinan untuk pelanggan datang membeli bensin lebih tinggi. Pastikan kamu tidak menaikkan harga per liter terlalu tinggi. Gunakan harga yang cukup standar dengan margin keuntungan yang masuk akal. Dan jika kamu telah memiliki keuntungan yang cukup, kamu dapat menginvestasikannya alat pompa agar pelanggan merasa lebih yakin dengan sistem perhitungan liter bensin yang mereka beli dan harga yang mereka bayarkan.

11. Menjual Aneka Makanan Kering

Punya hobi membuat kue? Kenapa tidak dikembangkan menjadi sumber penghasilan? Untuk memulai usaha ini, tak perlu modal besar kok. Sebagai pemula, kamu bisa membuat satu atau dua toples aneka kue kering untuk ditawarkan kepada teman, tetangga, atau orang sekitar. Pemilihan kue kering bisa disesuaikan dengan selera dan kemampuanmu. Sekalipun kue yang ditawarkan sudah umum, namun kamu bisa menciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik dan memiliki ciri khas agar tak kalah saing di pasar.

12. Usaha Aneka Minuman

Membuat aneka minuman adalah salah satu contoh usaha rumahan modal kecil untung besar. Sebab, usaha ini sangat menarik untuk dilirik. Butalah minuman yang berbeda dari biasanya sesuai dengan kreasimu sendiri. Misalnya di tengah tren kopi kekinian, kamu bisa memasarkan minuman cokelat atau bahkan jamu kekinian. Bisnis modal kecil di bidang minuman inilah yang dipilih Syadan, mahasiswa asal Jambi. Bermodalkan Rp. 1 juta hasil patungan bersama teman-temannya, ia sukses berbisnis teh Thailand.

13. Makelar Properti

Aset yang tidak pernah mengalami depresiasi atau penurunan nilai harga adalah properti. Baik itu rumah, apartemen ataupun ruko, semua jenis properti ini secara umum akan memiliki harga jual yang meningkat seiring dengan waktu. Oleh sebab itu, pasar properti merupakan sesuatu yang akan selalu hangat. Kecuali pada masa resesi dimana rakyat tidak memiliki uang untuk membeli properti sehingga permintaan rendah.

Kamu dapat mengambil kesempatan dari pasar properti dengan menjadi makelar properti. Adapun yang kamu perlukan hanyalah mencari informasi tentang perusahaan agen property yang menerima agen lepas. Kemudian, kamu dapat mempelajari sistem komisi dan bonusnya, tentunya kamu juga perlu memahami tentang property. Setelah mendapat informasi tentang properti kamu dapat memulai mencoba untuk menjual properti kepada kenalan untuk tahap awal.

Jumlah komisi yang kamu peroleh dari penjualan properti bervariasi tergantung pada kesepakatan developer properti dan perusahaan agen. Umumnya berkisar 1% hingga 3% dari jumlah transaksi penjualan. Bayangkan betapa besarnya komisi untuk kamu jika harga rumah sebesar Rp 1 Milyar. Cukup dengan modal wawasan properti dan berupaya mencari pembeli.

14. Menjalankan Bisnis Online dari Rumah

Bisnis online adalah salah satu bisnis yang sangat booming saat ini. Selain cenderung lebih mudah, lebih banyak jenisnya, biaya menjalankan bisnis online juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional. Beberapa jenis bisnis online yang saat ini sedang banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia adalah bisnis dropshipping, bisnis MLM online, menjadi blogger dan publisher, membuat toko online, menjual jasa, bisnis afiliasi, dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan dalam bisnis online memang tidak otomatis membuat kita lebih mudah untuk menjalankannya karena tidak semua jenis bisnis online bisa cocok dengan masing-masing orang. Sebagian orang mungkin lebih cocok menjalankan bisnis dropshipping, tapi sebagian lainnya lebih nyaman menjalankan bisnis MLM online. Ini tergantung minat dan kemampuan masing-masing orang.

Untuk bisa menjalankan bisnis online, seseorang harus belajar dan praktek dengan serius. Memang bisnis online ini bukanlah bisnis cepat kaya karena memang membutuhkan proses untuk bisa menghasilkan uang secara konsisten dari internet. Namun, bisnis online cenderung lebih cepat menghasilkan ketimbang bisnis konvensional.

15. Bisnis Kerajinan Tangan

Contoh usaha dengan modal kecil untung besar yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah membuat kerajinan tangan. Namun, untuk memulai usaha ini dibutuhkan keterampilan dan kreatifitas tinggi untuk mengubah barang-barang bekas menjadi sebuah barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi. Salah satu contohnya adalah memanfaatkan kain perca atau kain bekas yang diubah menjadi sebuah tas misalnya, ataupun boneka.

Itulah 15 contoh bisnis modal kecil untung besar yang bisa Seruni bagikan. Kesimpulannya, apapun usaha yang kita kerjakan, baik dengan modal kecil atapun besar, kita harus fokus, tekun dan kerja keras dalam menjalankannya. Ada banyak usaha yang bermodal kecil dan dimulai dari nol justru akhirnya menjadi sebuah usaha besar. Semoga artikel ini memberikan inspirasi tentang ide-ide usaha dengan modal kecil namun menguntungkan.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.