6 Hal yang Akan Terjadi Jika Covid-19 Berakhir

6 Hal yang Akan Terjadi Jika Covid-19 Berakhir
cakradunia.co

Seruni.id – Beberapa bulan terakhir, dunia tengah dilanda sebuah virus yang disebut Corona. Kian hari pertumbuhan kasusnya semakin meningkat. Jumlah kematian akibatnya pun terus bertambah. Hingga kini, belum kunjung ditemukannya vaksin. Kendati demikian, kita tak boleh menyerah begitu saja, kita harus yakin bahwa virus ini pasti bisa diatasi.

6 Hal yang Akan Terjadi Jika Covid-19 Berakhir
akurat.co

Namun, setelah keadaan membaik, maka kondisi “normal baru” tidak akan pernah sama dari tahun-tahun sebelumnya. Nah, dalam kesempatan ini, Seruni telah merangkum beberapa hal yang akan terjadi jika Covid-19 berakhir.

1. Lebih Banyak Interaksi Tidak Langsung

Sebelum ada Corona, hidup kita berjalan dengan normal, berinteraksi secara langsung tanpa takut tertular sebuah penyakit. Namun, setelah adanya Covid-19 ini, memaksa manusia untuk lebih menggunakan teknologi layar sentuh sebagai alat komunikasi. Sebab, hal tersebut dilakukan guna menekan laju penyebaran virus melalui kontak langsung.

Oleh karena itu, banyak manusia yang nantinya akan melakukan lebih banyak interaksi secara tidak langsung. Sehingga yang terjadi selanjutnya adalah munculnya sebuah inovasi teknologi yang terus berevolusi.

2. Banyak Orang yang Mengurangi Pengeluarannya

Jika Covid-19 telah berakhir, mungkin tak sedikit orang yang menjadi lebih bijak lagi dalam mengatur pengeluarannya. Sebagian masyarakat menatap saldo tabungan maupun kartu kredit yang tidak dapat dibayarkan setiap bulannya selama beberapa bulan belakangan ini.

Salah satu tesis yang berlaku tentang perilaku konsumen di dunia pasca karantina Covid-19 adalah bahwa individu cenderung sedikit lebih konservatif secara finansial. Di mana orang-orang akan mengurangi pengeluaran untuk barang-barang pilihan dan lebih mementingkan apa yang benar-benar menjadi kebutuhan.

3. Tak Sedikit Sektor Usaha Kecil yang Terlihat Menakutkan

Hal yang terjadi ketika Covid-19 berakhir dan kondisi kembali normal baru, ini akan membuat kehidupan bisnis kecil terlihat menyeramkan bagi sebagian orang. Kita juga akan banyak menemukan karyawan yang mendapatkan lebih banyak dari pengangguran.

Sementara mungkin mereka tidak lagi bersemangat untuk kembali bekerja. Ini terjadi mungkin saja karena mereka tak lagi menemukan staf yang berfungsi penuh. Kondisi pasar tenaga kerja akan semakin skeptis yang membuat banyak usaha kecil di sektor layanan konsumen akan terlihat lebih menakutkan.

4. Meningkatkan Minat Belanja Online

Berjualan online menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan di tengah pandemi ini, begitupun setelah Covid-19 berakhir. Sebab, adanya pandemi virus corona ini memungkinkan publik untuk tetap memenuhi kebutuhan melalui aplikasi belanja online. Bukan hanya menghemat waktu dan tenaga, berbelanja online dianggap memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan belanja secara offline.

Usai pandemi virus corona berakhir, dunia bisnis dispekulasikan akan terus mengalami adaptasi. Bisnis yang kompetitif akan terus mencari cara untuk memiliki layanan online. Bahkan, akan ada peningkatan pada sistem logistik dan jasa pengiriman yang mengakomodasi lonjakan permintaan, entah pembeli atau pandemi di masa depan.

5. Semakin Meningkatnya Era Digital

Corona membuat segala yang telah direncanakan dibatalkan begitu saja. Untuk menggantinya, banyak yang kemudian beralih dengan tetap menggelar acara secara digital. Ketika Covid-19 berakhir, banyak penyelenggara acara kemudian menyadari potensi bisnis yang muncul seperti acara digital yang dapat dilakukan.

6. Faktor Pariwisata Kembali ke Landasan Prinsip

Dalam persiapan untuk kembali kondisi normal baru setelah pandemi Covid-19, pemain pariwisata di Indonesia tentu merencanakan strategi yang relevan untuk beradaptasi. Kesehatan dan kebersihan memainkan peran utamanya dalam menarik para wisatawan. Pada saat ini akan kembali ke landasan prinsip, yaitu untuk membangun dan memulihkan kepercayaan pasar global. Cara untuk mencapai ini adalah dengan menyiapkan fasilitas kesehatan, meningkatkan kebersihan dan protokol keamanan di setiap tujuan.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Jadi, itulah hal-hal yang akan terjadi ketika Covid-19 berakhir. Tentunya kita berharap bahwa dengan adanya “normal baru” akan menjadikan kondisi dunia akan jauh lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.