Lakukan Cara Bijak Berbelanja Tanpa Perlu Menimbun Stok

Lakukan Cara Bijak Berbelanja Tanpa Perlu Menimbun Stok
jpost.com

Seruni.id – Sejak kabar merebaknya virus Corona di Indonesia, masyarakat mulai panic dan resah. Sehingga banyak dari mereka yang melalukan panic buying. Hal tersebut dilakukan karena mereka khawatir akan kehabisan stok makanan dan akhirnya melakukan penimbunan.

Lakukan Cara Bijak Berbelanja Tanpa Perlu Menimbun Stok
express.co.uk

Padahal, tanpa disadari, pancik buying hanya akan membuat harga bahan pokok semakin melambung. Oleh sebab itu, lakukanlah cara bijak berbelanja tanpa perlu menimbun stok dengan tips berikut ini.

1. Menyusun Daftar Belanja

Untuk menghindari adanya panic buying, kita diharapkan untuk menyusun daftar belanjaan yang memang diperlukan saja dalam waktu dua minggu kedepan. Tujuan membuat daftar belanja ini, agar kamu tidak impulsif mengambil banyak barang. Waktu berbelanja pun akan lebih cepat, karena kamu sudah tahu barang apa saja yang ingin dibeli.

2. Mengutamakan Bahan Pokok

Meskipun kita diimbau untuk menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah, namun kita juga harus bijak berbelanja. Jangan memborong segala macam camilan untuk di rumah. Akan lebih baik, jika memastikan semua kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan gula terpenuhi lebih dulu. Tapi jangan berlebihan, pastikan saja cukup untuk dua minggu kedepan.

3. Belanja Sesuai Jumlah Anggota Keluarga di Rumah

Cara bijak berbelanja berikutnya, yakni dengen membeli secukpnya saja. Apalagi jika kamu hanya tinggal berdua. Hal ini juga agar tidak mubazir. Bayangkan saja, ketika kamu sudah menimbun banyak makanan dan keburu kadaluwasra, justru akan tidak termakan. Sayang kan jadinya? Lagi pula, manusia rata-rata hanya membutuhkan sekitar 1500 kalori saja kok dalam sehari. Itupun bisa kamu dapatkan dari tiga piring nasi beserta lauk pauk sederhana.

4. Beralih ke Makanan Beku untuk Sementara Waktu

Karena kita dianjurkan agar tetap tinggal di dalam rumah untuk sementara waktu, maka cobalah beralih ke frozen food alias makanan beku. Meski kurang segar, namun makanan beku jauh lebih awet loh daripada sayuran biasa. Usahakan membelinya dengan tanggal kadaluwarsa yang masih cukup lama.

5. Mengolah Makanan Sederhana

Dengan mengolah makanan sederhana, kamu jadi bisa berbagi bahan dengan pembeli lain, apalagi kamu juga akan lebih hemat. Beberapa makanan yang bisa kamu olah misalnya omelet mie instan, atau nasi, telur ceplok, dan kecap. Meski terlihat sederhana, namun akan terasa nikmat jika kamu mensyukurinya.

6. Membeli Bahan yang Bisa Diolah Menjadi Banyak Jenis Sajian

Agar bijak berbelanja, kamu bisa membeli bahan makanan yang ketika diolah bisa menghasilkan beragam sajian. Seperti kentang, jagung, atau ayam. Ketiga jenis bahan tersebut bisa kamu olah menjadi makanan yang berbeda-veda. Misalnya kentang, bisa kamu jadikan sebagai kentang goreng untuk camilan atau kalau ingin membuat sajian makanan berat, bisa kamu olah menjadi mashed potato. Simpel, kan?

Baca Juga: Hal-hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Ketika Social Distancing

Tak perlu melakukan panic buying dengan memborong segala bahan makanan. Sebab, jika kita bijak berbelanja, semua kebutuhan selama dua minggu kedepan tentu akan bisa terpenuhi. Bukan hanya kamu yang membutuhkan bahan pokok. Banyak orang di luar sana yang membutuhkannya, kalau kamu borong semua, mereka dapat apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.