Lebih Mudah Terserang Penyakit, Ini 10 Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah

Lebih Mudah Terserang Penyakit, Ini 10 Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah
hellosehat.com

Seruni.id – Daya tahan tubuh berperan penting dalam menangkal berbagai virus penyakit. Saat daya tahan tubuh lemah, kamu pun semakin memiliki risiko terinfeksi berabagai penyakit. Ketika hal ini terjadi, tentu kamu harus segera meningkatkannya. Lantas, apa saja tanda jika daya tahan tubuh kita lemah? Berikut penjelasannya yang dilansir dari berebagai sumber.

Lebih Mudah Terserang Penyakit, Ini 10 Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah
ruber.id

1. Tubuh Mudah Masuk Angin

Masuk angin memiliki gejala khusus yang ditandai dengan badan pegal-pegal hingga perut terasa begah. Saat kamu merasakan gejala tersebut, itu artinya daya tahan tubuhmu sedang tidak terlalu baik.

2. Selalu Merasa Lelah

Lelah adalah rasa yang wajar terjadi, selepas melakukan aktivitas. Namun, kelelahan tanpa sebab, bisa saja terjadi karena sistem kekebalan tubuhmu sedang lemah. Kondisi ini biasanya dibarengi oleh nyeri sendi, sakit perut, serta penurunan nafsu makan.

3. Stres dalam Kurun Waktu yang Lama

Di tengah aktivitas yang padat saat musim hujan tiba, tak heran jika kamu menjadi mudah sakit. Stres akibat pekerjaan yang menumpuk berlangsung dalam kurun waktu yang lama, ternyata bisa menurunkan produksi limfosit dalam tubuh. Jika produksi limfosit berkurang, daya tahan tubuhmu pun ikut melemah. Dengan demikian, hindari stres berkepanjangan, ya.

4. Masalah pada Organ Pencernaan yang Menerus

Banyak penelitian yang menemukan, hubungan antara sistem kekebalan tubuh dengan masalah pencernaan. Maka wajar saja, jika sistem kekebalan tubuh yang lemah sering dilihat bersamaan dengan masalah pencernaan kronis. Sekitar 70% jaringan sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan. Gejala-gejala masalah pencernaan bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuhmu sedang ‘salah sasatan’.

Kembung dan sembelit yang terjadi menerus menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada usus. Jika sistem pencernaanmu sedang memburuk, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, untuk mendapatkan penanganan.

5. Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Saat daya tahan tubuh lemah, luka yang ada di dalam tubuh pun akan mudah terkena infeksi. Hal ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih fokus untuk melawan infeksi daripada menyembuhkan luak. Padahal, jika daya tahan tubuh sedang baik, luka bisa cepat sembuh tanpa adanya infeksi.

6. Pilek

Meskipun hanya memiliki gejala pilek yang ringan, kamu bisa menebak bahwa daya tahan tubuhmu sedang lemah. Maka dari itu, saat terserang pilek, beristirahatlah dengan cukup dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi.

7. Demam Ringan

Jika kamu mengalami demam ringan atau saat suhu tubuh agak lebih tinggi dari biasanya, bisa jadi sistem kekebalan tubuh mulai bekerja terlalu keras, hal ini bisa saja terjadi karena infeksi atau sebagai pertanda awal kondisi autoimun.

8. Kesemutan atau Mati Rasa pada Bagian Tangan dan Kaki

Dalam beberapa kasus, kesemutan bisa menjadi tanda bahwa tubuhmu menyerang saraf yang mengirimkan sinyak ke otot. Orang yang mengidang sindrom, akan mengalami mati rasa yang dimulai pada kaki hingga menjalar ke bagian lengan dan dada.

9. Kesulitan Menelan

Pernah mengalami kesulitan menelan ketika makan? Bisa jadi hal ini disebabkan karena tenggorokan atau dada membengkak atau tidak berfungsi dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah masalah pada sistem kekebalan tubuh. Sebagain orang akan merasa ada makanan yang tersangkut di tenggorokan atau dada. Beberapa lainnya mengalami muntah atau tersedak saat mulai menelan makanan.

10. Alergi

Banyak orang yang memiliki alergi dengan tingkat reaksi masing-masing. Namun, jika kamu merasa reaksi alergimu tidak seperti biasanya, tubuhmu mungkin sedang memberi tahu bahwa daya tahannya sedang lemah.

Baca Juga: 7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh

Daya tahan tubuh yang baik memang tidak menjamin kamu tidak akan terinfeksi penyakit tertentu, seperti virus Corona yang merebak saat ini. Namun, hal itu dapat meringankan gejalanya. Jadi, jika kamu merasakan gejala-gejala di atas, segera tingkatkan daya tahan tubuhmu dengan beristirahat yang cukup serta makan makanan yang bergizi dan selalu terhidrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.