Jarang Terungkap, Ini 10 Manfaat Santan Murni untuk Kesehatan

Jarang Terungkap, Ini 10 Manfaat Santan Murni untuk Kesehatan
google.com

Seruni.id – Kelapa adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari air, daging, dan serabutnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Buah ini juga dapat dipreoses untuk menghasilkan gula, minyak kelapa, dan santan murni.

Jarang Terungkap, Ini 10 Manfaat Santan Murni untuk Kesehatan
intisari.grid.id

Berbicara mengenai santan kelapa murni, yang kerap disebut sebagai biang kolesterol ini, tanpa disadari ternyata mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat santan murni untuk kesehatan, berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat santan murni untuk kesehatan yang pertama adalah membantu memelihara kesehatan jantung karena adanya asam laurat di dalamnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mengonsumsi bubur kelapa akan menurunkan kolesterol LDL (buruk) serta meningkatan kolesterol HDL (baik) sebesar 18%.

2. Melancarkan Pencernaan

Orang yang sulit mencerna laktosa (lactose intolerant) dapat beralih ke santan karena kemungkinannya lebih kecil untuk menganggu pencernaan. Santan juga dikenal mampu meningkatkan pertumbuhan mikroba usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak yang belum tahu tentang manfaat santan kelapa untuk diet, ini karena santan kelapa murni mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). Trigliserida rantai sedang ini bekerja untuk menurunkan berat badan, lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, bahwa pria dengan kelebihan berat badan mengonsumsi makanan yang mengandung trigliserida rantai menengah akan memiliki nafsu makan yang jauh lebih rendah.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, santan kelapa murni yang mengandung asam laurat ini dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sifat antimikroba dan anti-inflamasinya dapat mengambat pertumbuha strain bakteri seperti staphylococcus aureus, mycobacterium tubercolosis, dan streptococcus pneumoniae. Ini pada gilirannya membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

5. Menurunkan Kolesterol

Santan murni yang mengandung lemak jenuh ini ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, dengan mengonsumsi santan, akan memberi tubuhmu asam lemak omega-6 yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi pada santan murni seperti vitamin C, E, B6, dan zat besi baik untuk kesehatan kulit. Khasiat santan untuk kulit mulai sebagai pelembap alami, mencegah timbulnya jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Selain dikonsumsi, santan juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk masker.

7. Memperkuat Tulang

Sejumlah kalsium dan fosfor yang terkandung dalam santan penting sekali untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi santan murni dengan cara diminum dapat menurunkan risiko patah tulang, osteoporosis, hiangga rematik. Sebab, santan murni mengandung selenium, yakni antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan risiko peradangan pada sendi.

8. Mengelola Diabetes

Asam lemak rantai sedang yang terkandung di dalam santan dapat membantu memperlambat laju gula darah dalam aliran darah. Ini dapat mencegah kenaikan kadar gula darah sehingga mengurangi timbulnya diabetes.

9. Memperbaiki Rambut Rusak

Rambutmu rusak dan tidak sehat? Kamu harus tahu nih manfaat santan kelapa untuk rambut, sehingga kamu bisa mengatasinya dengan mudah, yakni hanya menggunakan santan murni. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan santan ke rambut hingga merata ke kulit kepala sembari dipijat perlahan, dan diamkan selama beberapa saat.

10. Meringankan Kulit Terbakar

Memanfaatkan santan untuk meredakan kulit terbakar dapat secara efektif menyembuhkan kulit dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan santan murni memiliki sifat anti-inflamasi. Lemak pada santan murni ini dapat mengurangi sakit, kemerahan, serta pembengkakan pada kulit. Kamu bisa mengoleskan sedikit santan ke area yang terkena di malam hari sebelum tidur dan membilasnya di pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Yuk manfaatkan santan murni sekarang juga, dan rasakan hasilnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.