NVIDIA Jadi Perusahaan Termahal Kedua di Dunia Setelah Raih Kapitalisasi Pasar $3 Triliun

VRITIMES

NVIDIA mengumumkan arsitektur chip AI terbaru bernama “Rubin” setelah merilis “Blackwell” kurang dari tiga bulan sebelumnya di konferensi teknologi COMPUTEX 2024 dengan tema “Connecting AI”. Lonjakan saham NVIDIA melewati Apple dengan kapitalisasi pasar melebihi $3 triliun, menjadikannya perusahaan publik paling berharga kedua di dunia. CEO NVIDIA, Jensen Huang, mengungkapkan bahwa chip Blackwell Ultra akan diluncurkan pada 2025, disusul oleh Rubin pada 2026.

Kemajuan AI memungkinkan NVIDIA terus menangkap peluang di berbagai sektor, termasuk game dan kripto. Salah satu tren AI besar saat ini adalah ChatGPT, chatbot buatan OpenAI yang menggunakan teknologi AI Microsoft “Azure” dan didukung oleh ribuan unit GPU NVIDIA. Minat tinggi terhadap generative AI dari ChatGPT yang diluncurkan pada 2022 turut melambungkan saham NVIDIA.

Saham NVIDIA berada di harga $121,79 pada Rabu (11/6/2024), naik sekitar 5,65% dibandingkan setelah pengumuman di COMPUTEX. NVIDIA juga melakukan pemecahan saham 10 banding 1, mencerminkan kepercayaan manajemen terhadap nilai saham di masa mendatang. Hal ini menempatkan NVIDIA dalam Klub $3 Triliun bersama Apple dan Microsoft.

Investor melihat pemecahan saham sebagai tanda kekuatan perusahaan, dimana pembagian saham biasanya diikuti performa lebih baik dari S&P 500. Investasi saham NVIDIA dianggap strategis dan menguntungkan, dengan kenaikan harga saham sekitar 33,82% dalam 30 hari terakhir. Platform Nanovest memungkinkan investasi aman dalam saham global, aset kripto, dan emas digital, serta diawasi oleh BAPPEBTI.