Perubahan yang Terjadi pada Kulit Wajah Tiap Priode Usia

Perubahan yang Terjadi pada Kulit Wajah Tiap Priode Usia
hellosehat.com

Seruni.id – Seiring bertmabahnya usia, bukan hanya fisik yang mengalami perubahan. Namun juga terjadi pada kulit wajah. Meski terkadang beberapa tak terlihat karena melakukan perawatan khusus. Perubahan yang terjadi pada kulit wajah tidak bisa terhindarkan.

Perubahan yang Terjadi pada Kulit Wajah Tiap Priode Usia
google.com

Dengan perubahan ini, penting sekali untuk memilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan usia. Agar perubahannya tersamarkan dan kulit tetap sehat. Nah, bagi kamu yang belum tahu, berikut perubahan kulit wajah yang sering kali terjadi tiap priode usia.

1. Usia 20-25 Tahun

Pada periode usia 20-25 tahun, kondisi hormon pada tubuh sudah seimbang. Keseimbangan hormon ini menyebabkan terkontrolnya produksi minyak di kulit. Pada usia ini juga disebut sebagai usia keemasan kulit. Sebab, semua struktur kulit dalam kondisi prima, kolagen, dan elastis kulit bekerja dengan baik sehingga kulit tampak kencang sempurna. Hanya, ini bukan alasan untuk tidak merawat kulit wajah. Justru beberapa ahli kulit menyarankan untuk merawat kulit dari usia 20-an.

2. Awal Usia 30 Tahun

Nah, ketika berada di usia ini, hormon estrogen mulai mengalami penurunan sehingga kulit menjadi kekurangan produksi kolagen. Hal yang sering terjadi, kulit akan menjadi lebih kusam, kering, dan mulai timbul garis-garis halus. Terlebih jika kamu sering stres dan sering berada di bawah terik matahari secara langsung. Untuk itu, sebelum memasuki usia 30 tahun, jangan malas untuk menggunakan produk anti penuaan dini.

Pilihlah pelembap yang memiliki kandungan vitamin C dan A agar bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Sesekali tak mengapa jika ingin menggunakan produk pembersih untuk ekfoliasi agar kusam pada wajah dapat diminimalisir. Akan tetapi, jika sedang dalam masa kehamilan, hindarilah produk penyebab iritasi yang biasanya mengandung retinol.

3. Usia 40 Tahun

Memasuki usia 40 tahun, bukan hanya hormon estrogen saja yang mengalami penurunan, namun kelenjar minyak pun mulai berkurang. Akibatnya, kulit wajahmu akan semakin kering dan garis-garis keriput di wajah akan terlihat. Beberapa mungkin juga akan mengalami perubahan struktur tulang di wajah, sehingga yang semula memiliki bentuk wajah tirus, maka akan sedikit lebih kendur.

Jadi, penting sekali untuk mulai meningkatkan penggunaan produk yang mengandung peptides, antioksidan, dan hyaluronic acid untuk memperlambat kerutan dan kulit kendur. Produk perawatan ini harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan perawatan anti penuaan lain agar kulit lebih kencang.

4. Usia 50 Tahun

Menginjak usia menepause atau 50 tahun, kulit akan semakin kendur dan kehilangan elastisnya. Biasanya, selain kendur, di usia ini pori-pori juga akan semakin melebar sehingga penggunaan air panas dan sabun berlebihan sangat tidak disarankan. Namun, kamu masih bisa menyamarkannya, dengan melakukan perawatan wajah menggunakan laser atau micro-needing yang dapat merangsang produksi kolagen alami pada kulit.

Perubahan kulit wajah memang wajar terjadi, tapi hal ini bisa diminimalisir dengan melakukan perawatan wajah yang sesuai. Selain itu, terapkan juga gaya hidup yang lebih sehat agar semua hormon dalam tubuh seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.