Selain Menyegarkan, Ini Segudang Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Seruni.id – Memasuki bulan Ramadhan, timun suri menjadi buah yang sangat mudah ditemukan. Sebab, banyak sekali pedagang dadakan yang menjual buah ini di berbagai tempat.

Selain Menyegarkan, Ini Segudang Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan
google.com

Buah yang bertekstur empuk, namun tak berair ini, biasanya diolah dengan campuran es sebagai minuman saat berbuka puasa. Selain menyegarkan, ternyata timun suri memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, loh. Apa saja, ya?

1. Mencegah Alzheimer

Manfaat timun suri salah satunya mengandung vitamin K, dalam jumlah tinggi (vitamin yang larut dalam lemak). Vitamin K ini sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K ini juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Maka tidak lain, dengan mengonsumsi buah timun dalam takaran jumlah yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Timun suri yang memiliki tekstur lembut dan agak berserat ini, sangat bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan, loh. Luar biasanya lagi, jika mengonsumsinya secara rutin, berbagai macam penyakit yang menyerang lambung dan usus juga dapat dicegah.

3. Mencegah Kanker

Sebagai keluarga cucurbitaceae, buah yang satu ini mengandung nutrisi bernama cucurbitacins yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. Kendati demikian, hingga saat ini belum ada obat kanker yang mengandung cucurbitacins karena sifat antikanker yang satu ini masih harus diteliti lebih dalam.

4. Mencegah Diabetes

Timun suri yang mengandung cucurbita ficifolia, yaitu zat yang dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh secara drastis. Selain itu, juga memiliki indeks glikemik rendah, yang artinya dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh Anda meski tidak mengandung karbohidrat ataupun zat yang dapat membuat kadar gula darah meroket.

5. Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, buah dengan kulit berwarna kuning ini sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan. Terlebih, teksturnya yang lembut dan mudah dicerna dapat membantu memelihara kesehatan tubuh sekaligus membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga, keinginan makan ditekan dan bisa sukses turunkan berat badan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat timun suri bagi kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Timun suri mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Kamu bisa menikmati timun suri sebagai campuran es.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain kandungan vitamin C, juga mengandung asam askorbat dan asam caffeic yang sangat baik untuk mata. Kandungan ini dapat mengurangi tingkat retensi air sehingga sangat pas untuk mengatasi pembengkakan mata.

8. Menyehatkan Tulang

Selanjutnya, manfaat timun suri yang mengandung vitamin K di dalamnya, terbukti dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik sehingga nutrisi tersebut dapat menyehatkan tulang dan meminimalisir terjadinya keretakan tulang di masa mendatang.

9. Kaya Akan Gizi

Buah ini diyakini mengandung vitamin A, C, antioksidan, asam linoleat, saponin, kalsium, zat fosfor, dan zat besi. Manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit flu dan infeksi, menurunkan kadar lemak dan kolesterol, sampai mencegah penuaan dini, kanker saluran pencernaan, dan penyakit jantung.

10. Mendetoks Tubuh

Manfaat selanjutnya yakni dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi timun suri akan membantu mempercepat pembuangan racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh.

Baca Juga: Baru Tahu, Ternyata Mentimun Berkhasiat Sekali Untuk Ini…

Cara Mengolah

Manfaat timun suri di atas bisa kamu peroleh dengan sangat mudah, loh. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah. Saat ini banyak sekali resep timun suri yang bisa kamu simak. Namun, secara garis besar tanaman ini banyak diolah menjadi bentuk agar-agar (jelly) ataupun bagian dari minuman es campur.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain dalam membuat agar-agar atau es campur, misalnya creamer, kental manis, daun mint, hingga kelapa muda. Diamkan di kulkas selama beberapa waktu atau nikmati bersama dengan es batu, agar kesegaran dan manfaat timun suri makin terasa di mulut dan tenggorokanmu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.