Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
jendelabaru.com

Seruni.id – Ruang tamu merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Tidak hanya terkait dengan fungsinya sebagai ruang untuk menerima tamu, tapi juga karena ruang ini biasanya menjadi area paling pertama yang kita akses setiap masuk ke rumah.

Ruang yang hangat dan nyaman tetapi juga cantik dalam penataan tentu menjadi idaman para penghuni rumah masa kini. Lantas, bagaimana jika kamu hanya punya ruang tamu kecil? Jangan khawatir, Seruni punya beberapa trik desain apik untuk kamu yang punya keinginan untuk mendekorasi ruang tamu kecil agar lebih nyaman.

1. Desain dengan Warna-warna Cerah

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
dekoruma.com

Gunakanlah warna-warna yang cerah untuk menghiasi ruang tamu yang mungil. Seperti biru muda, kuning, atau hijau. Sebab, warna yang terkesan cerah akan membuat suasana ruangan menjadi lebih terbuka dan nyaman. Sebaiknya hindari penggunaan warna gelap, ya. Karena hanya akan membuat ruangan tampak sempit.

2. Pasang Cermin untuk Memberikan Kesan Luas

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
99.co

Agar ruangangan terkesan luas, kamu bisa menambahkan cermin. Pilihlah dinding yang berhadapan langsung dengan jendela yang ada di dalam ruangan tersebut, hal ini dilakukan agar cermin turut merefleksikan cahaya alami dari luar. Alternatif lainnya, kamu juga bisa bereksperimen dengan lampu-lampu dan penataan furnitur yang ada di ruang tamu kecil tersebut.

3. Hindari Pola Berlebihan untuk Desain Ruang Tamu Kecil

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
dekoruma.com

Mengaplikasikan pola-pola tertentu pada ruangan memang akan memberikan kesan hidup dan dinamis. Akan tetapi, untuk ruang tamu yang mungil, pola yang berlebihan hanya akan membuat ruangan terasa sempit dan sesak. Jika kamu memang pecinta pola, aplikasikan pola-pola pada elemen dekoratif seperti taplak, bantal sofa atau benda kecil lainnya pada desain ruang keluarga mungil milikmu dan biarkan elemen lainnya tampil polos.

4. Hindari Sofa yang Terlalu Besar

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
penjagarumah.com

Keberadaan sofa di ruang keluarga sudah menjadi hal yang wajib. Namun, kalau kamu memiliki ruang yang sempit, hindarilah membeli sofa dengan ukuran besar. Untuk mendapatkan kesan minimalis, kamu bisa memilih sofa dengan dua atau tiga dudukan saja. Kamu bisa padukan kursi sofa tersebut dengan coffee table kecil, baik yang terbuat dari kaca atau motif kayu.

5. Pentingnya Pencahayaan

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
qhomemart.com

Trik desain ruang tamu mungil selanjutnya adalah memastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup. Sebab, ruangan yang terlalu gelap hanya akan menimbulkan kesan ruangan yang sempit dan sesak. Cobalah manfaatkan pencahayaan alami dengan memilih genteng kaca atau jendela yang sesuai agar ruangan tampak lebih terbuka.

6. Tambahkan Tanaman Indoor untuk Memberikan Kesan Asri

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
hipwee.com

Kehadiran tanaman di ruang keluarga, tentu akan mempercantik ruangan. Namun, pilihlah tanaman hijau yang daya tahan hidupnya tidak terlalu bergantung pada sinar matahari. Hal ini agar kamu tidak akan terlalu repot untuk membawa tanaman tersebut ke luar setiap hari. Selain jenisnya, kamu juga harus kembali memperhatikan ukuran yang pas dan cocok untuk diletakan di ruang tamu kecil kamu.

7. Tambahkan Lukisan atau Karya Seni untuk Mempercantik Ruang Tamu

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
tokopedia.com

Jika memiliki ruang yang kecil dengan plafon tinggi, kamu bisa memanfaatkannya sebagai area kamu untuk memamerkan karya seni atau kolase bingkai foto. Kalau ingin mendapatkan kesan yang mewah namun tidak terlalu berlebihan, kamu harus bisa memilah koleksi apa saja yang akan dipajang. Dengan pencahayaan lampu dan penataan yang pas, tamu yang datang pun akan lebih betah saat berada di ruang kecil kamu.

8. Pasang Wallpaper

Trik Desain Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Nyaman
wallpapergordyen.com

Belum banyak yang tahu, bahwa wallpaper dinding juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Yang penting, wallpaper dinding dirawat secara berkala. Sebenarnya semua ini bergantung pada motif wallpaper dinding yang kamu pilih. Hindarilah motif-motif besar maupun berwarna gelap. Tentunya pemilihan wallpaper dinding ini juga harus disesuaikan dengan furniture favoritmu yang ada di ruang kecil.

Baca Juga: Contoh Desain Rumah Minimalis 2020

Itulah beberapa trik desain ruang tamu mungil agar lebih nyaman dan estetis. Yuk, segera terapkan di rumahmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.