10 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cara Alami dan Mudah

10 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cara Alami dan Mudah
faktualnews.co

Seruni.id – Cegukan merupakan suatu kondisi yang sangat menganggu sekali. Tentunya kamu pernah dong mengalaminya? Seringkali banyak orang yang menganjurkan cara menghilangkan cegukan yang berbeda-beda. Tak jarang, kita dibuat kebingungan lantaran terlalu banyak cara untuk menghentikannya.

10 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cara Alami dan Mudah
parenting.orami.co.id

Nyatanya, cara menghilangkan cegukan memang beragam. Hal ini disebabkan oleh efek dari cara yang berbeda pada setiap orang. Ada yang biasa menghentikannya dengan menahan nafas, namun ada pula yang menghentikannya dengan cara minum air putih dalam jumlah yang banyak. Namun sebenarnya, apa sih penyebab cegukan itu sendiri?

Cergukan dapat terjadi oleh berbagai faktor, di antaranya sebagai berikut:

• Makanan pedas
• Makan dengan cepat
• Makan terlalu banyak
• Minum minuman bersoda
• Minum minuman beralkohol
• Minum minuman panas
• Masuk angin
• Perubahan suhu yang ekstrim
• Perut kembung
• Merokok atau menghisap asap rokok

Jenis Cegukan

Cegukan Ringan

Cegukan ringan ini sering sekali terjadi pada seseorang. Namun, hanya berlangsung sebentar saja. Bahkan, hanya hitungan menit.

Cegukan Berat

Biasanya cegukan berat akan terjadi hingga berjam-jam atau berhari-hari. Bagi kalian yang mengalami hal ini, wajib sekali waspada. Sebab, ini bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres terjadi dalam tubuh. Hal yang mungkin terjadi ketika cegukan kamu keras dan lama adalah adanya gangguan pada otak, penyakit kronis, infeksi, herpes, gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, atau karena kamu sedang dalam pengaruh obat-obatan. Sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara Menghilangkan Cegukan

1. Menahan Nafas

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum? Bisa kok. Cara yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, karena kamu hanya perlu menahan nafas selama beberapa detik saja atau selama yang kamu kuat. Menahan nafas dipercaya efektif sebagai cara menghilangkan cegukan, karena kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah.

2. Duduk Sambil Memeluk Lutut

Cara berikut ini terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu duduk sambil memeluk lututmu untuk menghentikan cegukan. Sebelumnya, pilihlah tempat duduk yang menurutmu nyaman, lalu peluk lutut ke dada dan tahan hingga kurang lebih dua menit. Setelah itu, kamu bisa menekan diafragma, area yang memisahkan perut dan paru-paru. Lalu, gunakan tanganmu untuk menekan area di bawah ujung tulang dada. Mengapa harus dengan cara ini? Sebab, beberapa area tubuh sangat sensitif terhadap tekanan.

3. Bernafas dengan Kantong Plastik atau Kertas

Metode yang satu ini terbilang sama seperti menahan nafas. Tujuannya agar kadar karbondioksida meningkat. Karena bernafas dengan menggunakan plastic atau kertas, maka sebenarnya kamu sedang menghirup lagi karbondioksida yang telah dikeluarkan. Kamu hanya perlu bernafas seperti biasa, namun dengan menggunakan kantong plastic ataupun kertas.

4. Minum Air Hangat

Berikut ini cara menghilangkan cegukan pada anak maupun orang dewasa, yakni dengan minum air hangat. Sebab, diketahui air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi. Bagaimana caranya? Yaitu dengan meminum air hangat lalu menahan nafas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang kamu bisa. Jika sudah, kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan nafas. Barulah masukkan dalam tubuh atau minum dan mencoba bernafas seperti biasa.

5. Menjulurkan Lidah

Menjulurkan lidah juga bisa menghentikan cegukan secara alami. Cara ini dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Dimana saraf ini akan memengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

6. Lakukan Manuver Valslva

Cara yang satu ini mungkin masih sangat asing sekali. Ini dilakukan dengan menutup mulut, mencubit hidung, dan mengeluarkan udara sampai pipi mengembung seperti balon. Sebenarnya, maneuver valsalva merupakan pemeriksaan medis untuk mengetes fungsi jantung, kontrol safar otonom jantung, hingga membersihkan telinga dan sinur. Namun, terkadang cara ini bekerja dengan maksimal dalam mengatasi cegukan.

7. Jeruk Nipis

Jenuk nipis memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya yakni dapat menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis, jadi diperas langsung di mulut. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

8. Pijat Arterti Karotis

Selanjutnya, kamu bisa memijat arteri karotis, yang berada dikedua sisi leher, kamu bisa merasakan denyut nadi saat menyentuhnya. Arteri karotis berfungsi untuk memasok darah dan oksigen ke kepala dan leher. Lalu, bagaimana cara memijatnya? Langkah awal, kamu perlu berbaring dan memutar kepala kea rah kiri, kemudian pijat arteri di sisi kanan. Pijatlah dengan gerakan memutar selama 5-10 detik, lalu ganti posisi.

9. Gosok atau Pijat Bagian Belakang Leher

Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan cegukan adalah menggosok atau memijat bagian belakang leher. Tujuannya untuk menstimulasi saraf frenikus. Menurut laman Mayo Clinic, penyebab cegukan jangka panjang ialah kerusakan atau iritasi saraf vagus atau saraf frenikus. Namun, ada pula cara yang sedikit lebih ekstrem, yaitu usap bagian dalam tenggorokan sampai muntah atau batuk. Menurut laman Healthline, refleks muntah bisa merangsang saraf vagal dan meredakan cegukan.

10. Headstand

Melakukan headstand memang tidak mudah. Namun, dengan membalikkan tubuh maka peredaran darah dan oksigen akan terbalik.

Baca Juga: Selain Menyegarkan 7 Jenis Jus Buah Ini Mampu Mencegah Sakit Tenggorokan

Jika beragam cara di atas sudah kamu lakukan semua, namun cegukan belum sembuh dalam hitungan menit dan jam, ada baiknya kamu waspada. Terlebih jika cegukan terjadi lebih dari dua hari. Sebab, bisajadi kondisi tersebut merupakan gejala penyakit seperti gastroesophageal reflux (GERD), stroke, atau multiple sclerosis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.