260 Kata-kata Bijak yang Bisa Membangkitkan Semangat

Kata-kata Bijak

Seruni.id – Dalam hidup, tentu kita pernah mengalami yang namanya keterpurukan. Entah karena hubungan, kegagalan dalam mencapai tujuan, atau bahkan kita kehilangan arah. Di saat seperti ini, kita membutuhkan dorongan atau semangat untuk membuat bangkit kembali.

Bagi kalian yang sedang mengalami hal tersebut, Seruni akan membagikan kata kata bijak yang bisa membakar semangat kalian. Gak mau ‘kan, jika hidup kalian terus-terusan dihantui keterpurukan? Jadi, simak baik-baik kata kata bijak terbaru 2021 berikut ini:

Kata-kata Bijak Tentang Kesedihan

Mungkin kata kata bijak tentang kesedihan berikut ini bisa mewakili perasaanmu. Jadikan pengalaman sedihmu sebagai pelajaran berharga, agar kamu bisa lebih kuat lagi.

1. “Hilangkanlah kesedihan dari wajahmu, karena ada orang lain yang juga bersedih saat melihatmu bersedih.”

2. “Kesedihan itu luka, dan terluka itu wajah. Yang tidak wajar adalah jika membiarkan luka itu menganga dan terinfeksi parah.”

3. “Jangan bersedih saat kesusahan menimpamu. Yakinlah bahwa semua yang terjadi telah dirancang dengan baik oleh Yang Maha Kuasa.”

4. “Berharaplah bahwa esok hari kau akan bangun dalam kebahagiaan. Hapuskanlah segala kesedihan hati dan kegundahan pikiran saat kau akan terlelap.”

5. “Tutuplah kesedihanmu dengan senyuman agar hatimu menjadi tenang dan tak lagi terlihat menyedihkan.”

6. “Arti terbaik dari sebuah kesedihan adalah karena dia mengajarkan cara mencari kebahagiaan.”

7. “Kesedihan ibarat kita terdampar di gurun pasir, dan hal terbaik yang harus kita lakukan adalah keluar dari gurun tersebut.”

8. “Kunci dari segala kebahagiaan adalah bersyukur. Jika kamu pandai bersyukur, tak akan ada celah bagi kesedihan.”

9. “Tak akan ada bahagia jika tidak ada sedih. Jadi, kebahagiaan akan lebih terasa apabila kita pernah merasakan kesedihan.”

10. “Di balik setiap kesedihan, terdapat banyak kebahagiaan. Serahkan saja segaa urusan kepada Tuhan. BIarkan waktu dan kehidupan berjalan.”

11. “Tak ada yang muncul setelah kegelapan selain cahaya, tak ada yang muncul setelah kesedihan selain kegembiraan.”

12. “Jika Tuhan menciptakan malam untuk menggantikan siang. Tuhan juga menciptakan kebahagiaan untuk menggantukan kesedihan.”

13. “Di saat engkau bersedih, ingatlah bahwa Tuhan selalu punya cara untuk memberikan rasa bahagia di sela-sela kesedihan yang melanda dirimu.”

14. “Kebahagiaan pun kesedihan adalah nikmat Tuhan yang wajib disyukuri. Belajarlah untuk menikmati dan mensyukuri segala yang Tuhan beri.”

15. “Air mata terkadang tidak selalu menunjukkan kesedihan, kadang kita dapat tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.”

16. “Hidup bukan untuk berhenti dalam meratapi kesedihan masa lalu, tapi untuk berjalan menuju kebahagiaan yang sesungguhnya di masa depan.”

17. “Percayalah bahwa Tuhan selal adil, dalam setiap keburukan pasti ada kebaikan dan setiap kesedihan pasti akan muncul kebahagiaan.”

18. “Bangkitlah dari kesedihan, karena kesedihan adalah proses yang harus dilalui untuk menuju kebahagiaan.”

19. “Hidup ini warna-warni, tidak mungkin hanya hitam putih saja. Jangan berharap selalu bahagia, jangan juga berpikir kesedihan akan selamanya.” – Mario Teguh

20. “Cukup kesedihan untuk diri sendiri, dan senantiasa pancarkan kebahagiaan kepada semua orang.”

Kata-kata Bijak Cinta

Kata-kata Bijak Cinta
Kata-kata Bijak Cinta

Membahas lika-liku hubungan percintaan memang tidak akan pernah ada habisnya. Sellau saja menjadi topik hangat dalam perbincangan. Menagap? Karena sejatinya, hidup ini tidak akan pernah terlepas dari satu kata yang melahirkan banyak rasa yaitu cinta. Dari cintalah, dua orang dengan karakter berbeda bisa bersatu dan membentuk sebuah hubungan. Berikut ini seruni akan memberikan kata kata bijak dalam hubungan yang bisa kamu pahami dan terapkan dalam kehidupan.

21. “Cinta bagaikan kita membaca buku, ia tak akan ebrtahan lama jika dua hati tidak berada pada halaman yang sama.”

22. “Cinta itu bukan tentang betapa sempurnannya hubungan kamu. Tapi bagaimana cara kamu bisa bertahan. Sekalipun kamu pernah bertengkar hebat.”

23. “Dalam hubungan; perubahan seperti fase yang wajib untuk dilalui. Kalau salah satunya bertahan, ia akan cenderung berlanjut. Jika salah satunya tidak sabaran dan keras kepala, bukan tidak mungkin cinta akan berakhir.”

24. “Cinta bukan perkara kamu bisa bertahan beralama lama. Tapi seberapa jelas dan ke arah mana tujuannya.”

25. “Ketika kamu harus memilih bertahan atau berpisah, dengan saja logikamu. Sebab, jika cinta itu tulus, hatimu tak akan memberimu pilihan.”

26. “Sebab, hubungan yang indah adalah saling memperjuangkan, yang sama-sama bertahan, yang sama-sama berusaha menjalin hubungan sampai maut memisahkan kalian.”

27. “Cinta memang buta aksara, maka dari itu, butuh komitmen dua anak manusia untuk menjadikannya mengeja.” – Fiersa Besari

28. “Cinta bukan melepas, tapi merelakan. Bukan memaksa tapi memperjuangkan. Bukan menyerah, tapi mengikhlaskan. Bukan merantai tapi memberi sayap.”

29. “Cinta itu bukan hanya perasaan senang ketika bersamanya. Cinta juga adalah komitmen untuk tetap bersamanya, ketika perasaan senang itu hilang.” – Merry Riana

30. “Cinta hadir karena perkenalan, bersemi karena perhatian dan bertahan karena kesetiaan.”

31. “Jika dia yang kamu cinta tak sama sekali melakukan apapun untuk tetap bertahan, maka jangan paksakan dirimu untuk terus bertahan bersamanya.”

32. “Cinta itu bukan tentang betapa sempurnannya hubungan kalian. Tapi, bagaimana cara kamu bisa bertahan. Sekalipun pernah bertengkar hebat.”

33. “Kesabaran sangat diperlukan jika ingin menjlain suatu hubungan yang seriues, tanpa kesabaran hubungan itu tidak akan bertahan lama.”

34. “Cinta memberikan kita makna saat hidup hanya menyediakan waktu untuk bertahan.”

35. “Karena kata-kta tidak pernah bisa menjadi jaminan utnuk hubungan yang kuat bertahan. Sebab, meskipun hari ini kamu bahagia karena rayuannya, bisa saja esok kau bisa tidak terima karena sikapnya.”

36. “Dalam cinta, kamu harus tahu kapan harus bertahan dan kapan harus melepaskan. Jangan paksakan tuk tinggal ketika dia ingin pergi.”

37. “Cinta sejati memandang kelemahan lalu dijadikan kelebihan untuk selalu mencintai.” – BJ. Habibie.

38. “Cinta tidak terlihat dengan mata, tetapi dengan pikiran, dan karenanya Cupid bersayap digambarkan buta.” – William Shakespeare

39. “Cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang keluar bersama ke arah yang sama.” – BJ. Habibie

40. “Kesetiaan bermula dari kebersamaan, berkembang karena pengertian, dan bertahan karena rasa saling percaya.

Kata-kata Motivasi Sukses

Kata kata motivasi sukses memang sangat diperlukan oleh beberapa orang yang baru memulai menggapai cita-cita, atau bagi mereka yang baru saja ingin bangkit dari kegagalan. Ketika kita sedang berproses untuk meraih kesuksesan, tentunya akan ada tantangan di setiap perjalanannya. Nah, berikut ini Seruni akan memberikan kata-kata motivasi untuk kamu agar kembali bangkit dari kegagalan.

41. “Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba setidaknya satu kali lagi.” -Thomas A. Edison

42. “Sukses bukan kunci dari kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Jika kamu menyukai apa yang kamu lakukan, kamu akan sukses.”

43. “Jadilah pekerja keras yang selalu percaya pada kemampuan diri sendiri. Jangan jadi orang yang selalu berlindung di balik orang lain.”

44. “Orang hebat bukanlah yang bisa melihat kesalahan orang lain, tapi yang bisa melihat kesalahannya sendiri sebelum menyalahkan orang lain.”

45. “Jadilah besar atau pulanglah. Itu benar. Apa yang kamu miliki kalau kamu seorang pengecut?” -Eliza Dushku

46. “Kalau kamu berpikir kamu bisa melakukannya, kamu bisa!” – John Burroughs

47. “Ketika datang egelapan, maka jadilah orang pertama yang menyinari dengan cahaya.”

48. “Masa depan dimiliki oleh mereka yang percaya akan keindahan mimpi mereka.”

49. “Optimis adalah kepercayaan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan.” – Helen Keller

50. “Kesempatan tidak mengetuk pintu, ia memperlihatkan dirinya ketika kamu menjatuhkan pintunya.” – Kyle Chandler

51. “Siapa kamu hari ini, adalah hasil pemikiranmu kemarin, siapa kamu besok tergantung pada apa yang kamu pikirkan hari ini.”

52. “Percayalah, dan ambilah tindakan seakan-akan hal tersebut tidak mungkin gagal.”

53. “Ubah hidupmu hari ini. Jangan bertaruh pada masa depan, bertindaklah sekarang tanpa menunda.” – Simone de Beauvoir

54. “Masa depan memberi penghargaan bagi mereka yang terus maju. Saya tidak punya waktu untuk menasihati diri sendiri. Saya tidak punya waktu untuk mengeluh. Saya akan teruskan.” – Barack Obama

55. “Ingatlah impianmu dan perjuangkanlah untuk itu. Kamu harus tahu apa yang kamu inginkan dari kehidupan. Hanya satu hal yang membuat impianmu menjadi mustahil; ketakutan akan kegagalan.” – Paulo Coelho

56. “Kegagalan, kegagalan berulang, adalah posting jari di jalan menuju prestasi. Seorang gagal akan maju menuju kesuksesan.” – C.S Lewis

57. “Miliki impian yang tinggi, sebab impian akan membangkitkan motivasi kamu untuk bertindak.”

58. “Mengubah dunia merupakan cita-cita yang besar dan sangat sulit untuk mewujudkannya. Hal yang paling mudah untuk dilakukan yaitu mengubah diri untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang ada di sekitar.”

59. “Segera tinggalkan pikiran yang membuatmu lemah, dan peganglah pikiran yang memberi kekuatan bagimu.”

60. “Berpikir positif adalah salah satu cara terbaik ketika kamu tidak punya pilihan.” – Chairul Tanjung

61. “Jangan takut dengan ketakutanmU. Mereka tidak ada di sana untuk membuatmu takut. Mereka ada di sana untuk memberitahu-mu, bahwa ada sesuatu yang berharga untukmu.”

62. “Jangan takut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik (lagi).”

Kata-kata Bijak Islam

Sebagai manusia, teradang kita membutuhkan sebuah kata-kata bijak Islam untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Sebab, kita tak hanya bisa merasakan kebahagiaan saja. Namun, kesedihan pun kerap hadir membuat perasaan menjadi gelisah dan gundah gulana.

Nah, jika kamu adalah seorang Muslim yang sedang galau diterpa permasalahan hidup, mungkin kata-kata bijak Islami kehidupan sehari-hari ini bisa memberikan semangat dan menenangkan hatimu. Berikut kata-kata bijak Islam singkat, yang tak hanya dijadikan sebagai renungan diri sendiri saja, tapi juga cocok untuk menghiasi media sosialmu.

Kata-kata Bijak Islami untuk Wanita

Kata-kata bijak yang Islami kerap memberikan ketenangan batin bagi pembacanya, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan renungan. Jika kamu sedang dalam kondisi yang tidak baik dengan kata lain ‘galau’, maka kata-kata bijak Islam untuk wanita ini akan membantumu agar lebih tenang.

63. “Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan.”

64. “Janji Allah tak akan pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa, mungkin ada yang salah dengan imanmu.”

65. “Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu dimana batas kemampuanmu.”

66. “Wanita Muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya.”

67. “Allah menjadikanmu seorang Muslimah karena Ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan alah kamu pantas untuk itu.”

68. “Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apapun yang lebih rendah dari itu.”

69. “Jangan biarkan lidahmu untuk menyebut kekurangan orang lain. Sebab, kamu punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah.”

70. “Jadikan setiap hari sebagai kesempatan untuk menjadi Muslimah yang lebih baik.”

71. “Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu.”

72. “Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang.” (Ali bin Abi Thalib)

73. “Jadilah Muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar’i. Dan cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji.”

74. Wanita seharusnya tidak seperti bulan, yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apa pun, tapi wanita seharuanya bisa menjadi seperti matahari yang membuat mata tertunduk sebelum mereka melihatnya.”

75. “Hijab bukan hanya tentang apa yang kamu kenakan, tapi juga tentang sikap dan ucapanmu.”

76. “Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah utnuk wanita-wanita yang baik pula.” (QS. An Nuur 26)

77. “Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya.” (Tariq Ramadan)

Kata-kata Bijak IslamI Kehidupan Sehari-hari

Kata-kata bijak Islami tentang kehidupan, akan memberikan hikmah berupa nilai-nilai persaudaraan. Untuk mencapai dan menjunjung nilai-nilai kehidupan, bisa dimulai dari hal kecil, salah satunya dengan membaca kata-kata bijak Islam berikut ini.

78. “Kita tidak akan pernah tahu bagaimana menyembah-Nya sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintai-Nya.”

79. “Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan ‘Bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba’.”

80. “Kita tidak akan pernah kalah sampai kita menyerahkan semuanya kepada Tuhan.”

81. “Sejatinya bukan karena kita hebat, tapi karena Allah yang telah memudahkan urusan kita.”

82. “Istiqomah itu sulit dan butuh perjuangan, sehingga hanya orang-orang terpilihlah yang mampu melakukannya.”

83. “Wahai diri, tidaklah Allah memberikan ujian, cobaan, dan kesulitan padamu, kecuali sebagai bukti tanda cintanya.”

84. “Penuhilah setiap relung hatimu dengan keridhoan Allah. Maka setiap ia yang akan mengisi relung hatimu, juga ia yang sudah menghadirkan Allah dalam hatinya.”

85. “Jangan memusingkan rencana Allah tentang jodoh yang belum juga datang. Sebab, Allah tahu kapan waktu yang terbaik bagimu untuk berjodoh.”

86. “Kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan. Hanya saja, kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan.”

87. “Tidak ada kehilangan yang paling menyedihkan di dunia ini, selain kehilangan kejujuran, harga diri, dan martabat.”

88. “Masalah adalah sebuah kesempatan untuk menunjukan kemampuan terbaik kita.”

89. “Semua itu butuh pengorbanan dan keikhlasan apalagi memilih jalan kebaikan, pasti akan selalu ada orang yang bertentangan. Tetapi Allah takkan pernah menutup kerinduan bagi mereka yang rela melakukan perubahan.”

90. “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (QS. Al-Qashas: 77)

91. “Kebaikan tidak sama dengan kejatahan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” (QS. Fusshillat: 34)

92. “Maka, jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.” (Q.S Fatir: 5)

Kata-kata Bijak Islami Penyejuk Hati

Berikut ini ada beberapa kata-kata bijak Islami yang bisa menyejukkan hati kita. Bahkan, akan terasa jauh lebih tenang. Mari disimak baik-baik untuk memotivasi hidup kita.

93. “Seorang Muslim adalah orang yang tidak menyakiti Muslim lainnya dengan lisan dan tangannya.”

94. “Jika kamu ingin meraih sesuatu di tempat yang tinggi maka kamu akan membutuhkan kursi. Jika kamu punya impian, maka Allah lah yang kita butuhkan dengan cara berikhtiar dan do’a.”

95. “Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti apa yang kamu harapkan. Sebab, Allah memiliki rencana yang baik untuk dirimu.”

96. “Yang tidak pernah meninggalkanmu selain Allah adalah doa ibumu.”

97. “Nikmat yang paling berharga selain nikmat iman dan Islam, adalah memilki sahabat yang soleh.”

98. “Calon manusia sukses tida akan pernah mengeluh, tapi akan sibuk memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah dibuatnya.”

99. “Kebahagiaanmu tidak ditentukan oleh orang lain, tapi oleh dirimu sendiri. Apa yang kamu lakukan hari ini, akan menentukan kebahagiaanmu di masa depan.”

100. “Jangan pernah menyerah selahi kamu masih mampu bernafs, tidak ada alasan untuk menyerah.”

101. “Cinta pada dunia, maka dunia akan pergi, cinta pada manusia, manusia akan mati. Maka cintailah Allah karena dialah yang kekal dan abadi.”

102. “Semoga segala usaha kita hari ini untuk mengais rezeki, senantiasa mendapatkan keberkahan.”

103. “Jangan hanya bersyukur pada Allah saat semuanya baik-baik saja, tapi bersyukurlah di segala keadaan dan kondisi yang kamu alami.”

104. “Jangan pernah sekalipun kamu meremehkan kekuatan doa.”

105. “Berbahagialah, jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Jangan lupa untuk mengucapkan Alhandulillah bagaimanapun kondisinya.”

106. “Tantangan terbesar dalam hidup ialah menemukan jati dirimu yang sebenarnya. Tantangan terbesar berikutnya adalah menerima dengan senang atas apa yang kamu temukan.”

107. “Jangan pernah kalah. Jadilah menang atau belajar dari kekalahan.”

Kata-kata Bijak Islam Tentang Kesabaran

Sabar bukanlah hal yang muda dilakukan. Namun, kesabaran sangat dibutuhkan dalam mengarungi dinamika kehidupan yang penuh problematika. Hanya meraka yang berjiwa besar yang mampu menerapkan sikap sabar dalam kehidupannya. Berbicara tentang kesabaran, berikut ini ada beberapa kata-kata bijak Islam tentang kesabaran.

108. “Jadikalanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu; sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

109. “Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan.” (HR. Tirmidzi)

110. “Sesungguhnya kesabaran itu tidak ada batasnya. Maka jika masih terdapat batas, bukanlah kesabaran namanya.”

111. “Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah selalu bersama orang-orang yang bersabar.”

112. “Kesabaran adalah akhlak mulia yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan.”

113. “Allah tidak pernah mengatakan bahwa jalan hidup akan mudah. Tapi Dia mengatakan ‘Aku akan bersama dengan mereka yang mau bersabar’.”

114. “Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang.” (Ali bin Abu Thalib)

115. “Bersabarlah, karena kabikan akan datang pada mereka yang menunggu.”

116. “Sabar menghadapi cobaan dan musibah dengan senang hati karena yakin semua itu datangnya dari Allah.”

117. “Kesabaran yang dicontohkan Nabi kepada manusia cukuplah menjadi teladan yang baik.”

118. “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaanya itu melewati batas.” (QA. Al-Kahfi: 28)

119. “Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.” (QS. Ar-Ruum: 60)

120. “Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini.”

121. “Kesabaran adalah obat yang paling manjur bagi semua permasalahan.”

122. “Allah menjanjikan pahala yang tidak terbatas bagi orang-orang yang sabar menghadapi ujian.”

123. “Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban. Akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk merubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah.”

124. “Bersabarlah setiap saat dan dalam setiap kesempatan, karena kesabaran akan mengantarkan kepada kebenaran, dan kebenaran akan mengantarkan kepada surga. Jangan marah dan murka, karena kedua emosi ini akan mengantarkan kepada kejahatan, dan kejahatan akan mengantarkan ke neraka.”

125. “Bersabarlah saat menghadapi rintangan, sebab tiada kesuksesan yang diraih tanpa kesabaran.”

126. “Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan.”

127. “Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, dan sekolahnya seumur hidup.”

128. “Sabar itu bukan hanya tentang kepasrahan semata. Namun juga soal niat dan tekad.”

129. “Tanda kesabaran adalah tidak menyebut kesusahan, tidak menyebut kesaktian, dan tidak memuji diri sendiri.”

130. “Ketika kamu sabar dalam menahan amarah, maka kamu telah menyelamatkan ribuan penyesalan.”

141. “Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk.” (Abu Bakar)

142. “Sabar adalah sikap yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Seberat apapun, akan lebih mudah jika diselesaikan dengan kesabaran.”

Kata-kata Mutiara Islam untuk Membangun Diri Menjadi Lebih Baik

Setiap orang tentu menginginkan perubahan dalam hidupnya. Menjadi lebih baik adalah pilihan yang paling tepat. Namun, ketika ingin berubah kita tentu memerlukan motivasi agar kita bisa bersemangat melakukan perubahan tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa kata mutiara Islam untuk membangun diri menjadi lebih baik.

143. “Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tiddak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.” (Abu Hamid Al Ghazali)

144. “Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga tanggung jawab.”

145. “Ketika Allah menjatuhkanmu dari tebing, percayalah sepenuhnya kepada-Nya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah Ia akan menangkapmu atau Ia akan membuatmu belajar untuk terbang.”

146. “Dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui.”

147. “Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR Abu Daud, Tirmidzi)

148. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Rad: 11)

149. “Renungkanlah dirimu, masa lalu, masa kini, dan masa depanmu. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenali sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya.” (Quraish Shihab)

150. “Jangan pernah merasa lebih baik daripada orang lain. Karena kita tidak tahu seberapa banyak amal kebaikan yang ia tutupi.”

151. “Satu tindakan jauh lebih bijak dibandingkan ribuan kata-kata mutiara dan rencana-rencana yang masih tetap bertengger di kepala.”

152. “Dunia hanyalah satu tetes nikmat Allah diantara lautan nikmat-Nya. Jadi, apakah kamu puas hanya dengan memiliki dunia?”

153. “Ridha lah kepada Allah, untuk membuka jalan ke ridhaan Allah.”

154. “Kebahagiaan adalah pilihan, bukan hasil. Tidak ada yang akan membuat kamu senang sampai kamu memilih untuk bahagia. Tidak ada orang yang akan membuatmu bahagia kecuali kamu memutuskan untuk bahagia. Kebahagiaan kamu tidak akan datang kepadamu. Itu hanya bisa datang dari dirimu sendiri.”

Kata Mutiara Islam Tentang Bersyukur

Segala nikmat yang kita terima patut kita syukuri, dengan tiak mengeluh apalagi menyalahkan keadaan. Mungkin dengan beberapa kata motivasi Islami ini dapat menjadikan diri kita pribadi yang lebih bersyukur lagi.

155. “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad)

156. “Jangan pernah menyerah ketika doamu belum juga terjawab. Karena untuk orang-orang yang bersabar, Allah bahkan telah memberikan yang lebih.”

157. “Ketika kamu melihat seseorang yang diberikan kelebihan harta dan keindahan rupa, maka cobalah untuk melihat kepada mereka yang diberi lebih sedikit.”

158. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih.” (QS Ibrahim: 7)

159. “Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS Ali Imran: 144)

160. “Dan Allah telah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui apapun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (An-Nahl: 78)

161. “Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan waktu yang tepat untuk kamu memilikinya.”

162. “Jika Allah memberi nikmat meski hanya sepotong roti saja. Maka syukurilah. Karena Allah tidak membutmu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu.”

163. “Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?”

164. “Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya.”

165. “Tidak ada kalimat “Semua akan indah pada waktunya”, karena setiap hari pun semuanya terlihat indah jika kita pandai bersyukur.”

166. “Rasa syukur akan menambah nikmat yang sedikit, dan akan melipatgandakan sesuatu yang banyak.”

167. “Banyaknya nikmat Allah yang kita lupakan tetapi ujian-Nya yang sedikit kita hiraukan. Di manakah syukur kita? Sedangkan ujian itu juga adalah salah satu rahmat dan tanda kasih sayang Allah kepada kita.”

168. “Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad)

169. “Cara paling sederhana untuk mencapai kebahagiaan adalah bersyukur dengan apa yang telah engkau miliki.”

170. “Bersyukur adalah cara terbaik untuk bahagia, dan mengeluh adalah cara terburuk dalam menikmati hidup.”

171. “Belajarlah mengucap syukur dari hal-hal baik di hidupmu, belajarlah menjadi kuat ari hal-hal buruk di dihupmu.”

172. “Syukur dan sabar itu seperti sayap. Sayap sebelah kanan adalah syukur, sayap sebelah kiri adalah sabar. Jika patah salah satunya, maka jatuhlah kita.” Hamka

173. “Jangan berduka, apapun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain.” – Jalaludin Rumi

174. “Berpikir positif, tak peduli seberapa keras kehidupanmu.” – Ali bin Abi Thalib

175. “Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu.” Ali bin Abi Thalib

176. “Keluarga yang sakinah bukan keluarga yang tanpa masala, mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah.” – Abdullah Gymnastiar

177. “Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tida menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.” – Abu Hamid Al Ghazali

178. “Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.” – Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

179. “Saat kita sabar dan tabah atas segala penghinaan dan kata-kata manusia. Saat itulah Allah akan berikan kita kemuliaan.”

180. “Jika ada sesuatu yang hilang dari dalam diri kita, bersabarlah. Jika itu memang milik kita, Insya Allah akan kembali, jika tidak akan Allah ganti dengan yang lebih baik lagi.”

181. “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” – QS. Al Insyirah 5

182. “Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan.”

183. “Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabarlah dan bertahanlah, karean Allah tahu di mana batas kemampuanmu.”

184. “Allah menjadikanmu seorang muslimah karena ia ingin melihatmu di surga, yang perlu kamu lakukan adalah kamu pantas untuk itu.”

185. “Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan kau menerima apapun yang lebih rendah dari itu.”

186. “Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.”

187. “Jangan mencintai yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu.” – Imam Asy Syafi’i

188. “Orang berilmu pengetahuan ibarat gula mengandung banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekilingnya.”

189. “Barang siapa yang belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.” – Imam Asy Syafi’i

190. “Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” – QS. Albaqarah 153

Baca Juga : 18 Kata-kata Bijak Ustadz Abdul Somad yang Penting Diketahui

Kata-kata Bijak Lucu

Kata-kata Bijak Lucu
Kata-kata Bijak Lucu

Kata kata bijak lucu dan unik ini bisa menyeimbangkan suasana hatimu. Dengan kata bijak berikut bisa mengatasi hari burukmu. Kamu juga membagikan kata bijak yang lucu dan unik pada orang disekitarmu untuk menebarkan kebahagiaan.

191. “Hidup ini singkat, maka tersenyumlah selagi kamu masih memiliki gigi.”

192. “Jika kamu kesepian, redupkan semua lampu dan tonton film horor. Setelah beberapa saat kamu tidak akan merasa seperti sendirian lagi.”

193. “Hidup itu sudah susah dan kadang banyak masalah. Untuk itulah, terkadang hidup hanya perlu ditertawakan saja.” – Ernest Prakasa

194. “Jika ada seseorang yang meledekmu jelek, santai saja. Bilang padanya kalau kamu bukan cermin.”

195. “Hidup itu seperti sebuah acara televisi yang sangat panjang tanpa remote control.”

196. “Saat hidup tidak memberimu senyiman, berilah dia sedikit gelitikan.”

197. “Hanya karena seseorang terlihat baik, belum tentu mereka memang yang terbaik untukmu. Susu yang tumpah saja warnanya akan tetap terlihat putih.”

198. “Momen spesial itu adalah momen di mana kamu dan sahabatmu saling bertatapan dan tahu apa yang kalian pikirkan dan akhirnya tertawa lepas.”

199. “Tidak apa-apa jika kamu tidak menyukaiku. Tidak semua orang memiliki selera yang baik.”

200. “Nasihat yang baik adalah sesuatu yang diberikan seseorang ketika dia terlalu tua untuk memberikan contoh yang buruk.”

201. “Kegagalan itu seperti pupuk; pasti bau, tapi itu membuat segalanya tumbuh lebih cepat di amsa depan.” – Denis Waitley

202. “Tuhan, tolong beri aku kesabaran. Kalau Engkau beri aku kekuatan, mungkin aku akan memukul orang itu tepat di wajahnya.”

203. “Menarilah seakan-akan tidak ada orang yang melihat. Sebenarnya memang mereka tidak sedang melihatmu. Yang mereka lakukan hanyalah sibuk dengan handphone-nya.”

204. “Apakah kamu sadar, saat kamu sedang sangat membutuhkan kunci, ia jadi sangat susah ditemukan.”

205. “Papan setrika sebenarnya adalah papan seluncur yang menyerah untuk mengejar mimpinya. Maka dari itu, janganlah jadi papan setrika.”

206. “Jangan khawatir, hari baik akan datang. Hari itu disebut hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.”

207. “Jadilah seperti nanas. Berdiri tegak, mengenakan mahkota, dan manis di dalamnya.”

208. “Aku tidak suka kekerasan. Tapi tidak masalah kalau aku dipukul dengan keberuntungan.”

209. “Kehidupan dibentuk oleh mimpi-mimpimu. Jadi berhentilah membuang waktu dan pergilah tidur.

210. “Kacamata hitam bisa membuatmu mengamati orang tnpa kethunan. Sama seperti Facebook di dunia nyata.”

Kata-kata Bijak Santuy

Kata-kata Bijak Santuy
Kata-kata Bijak Santuy

Media sosial belakangan sedang diramaikan dengan kata-kata santuy. Baik itu di Instagram, Twitter, maupun Facebook. Apa sih arti kata santuy yang sebenarnya? Bagi kalian yang belum tahu, santuy merupakan sebuah pelesetan dari kata santai. Akan tetapi, maknanya lebih dari itu.

Sebenarnya, santuy sendiri bukan sakadar pelesetan kata saja, loh. Namun, menggambarkan keadaan seseorang yang tetap bahaia dan menikmati hidup dengan cara absurd meski dalam situasi sulit sekalipun. Atau bisa pula diartikan sebagai seseorang yang tidak tergoyahkan dan tidak dapat dibuat gusar oleh siapapun dan apa pun.

Seperti yang kita semua tahu, hidup tak selamanya berjalan mulus. Kadang kala, kita harus melalui jalan yang berliku dan berkerikil tajam. Tapi, masing-masing orang memiliki cara tersendiri bagaimana ia dapat melaluinya. Nah, istilah santuy sendiri memiliki kesan yang bersifat independent. Maka, tidak heran jika dalam pergaulan, kata-kata santuy ini kerap terdengar. Santuy juga sebagai pelesetan dari singkatan santai euy dalam bahasa Sunda.

Berikut beberapa kata-kata santuy mulai dari yang bijak hingga yang kocak. Dan bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan sesuatu.

211. “Perlu kalian ingat, melaksanakaan sesuatu itu harus santai kayak di pantai. Agar semuanya selesai sesuai dengan keinginan hati. Bukan terbawa emosi, lalu memancing untuk berkelahi, terus bunuh diri.”

212. “Santuy saja dalam menjalani tugas hidup, yang penting tanggung jawab! Toh, dengan santuy kita bisa merasakan kenikmatan hidup itu.”

213. “Bahagia adalah ketika kita tidak berusaha menghitung setiap luka dan mengingat-ingatnya kembali. Santuy aja. Sebab, hidup tak melulu tenang masa lalu.”

214. “Hidup itu hanya perlu ditertawakan, bukan diseriusin. Senang ataupun sedih, tertawakan saja. Tak perlu berpikir mendalam karena hanya akan menmabah rumit. Nikmati saja seperti air mengalir, santuy kayak di pantai. Sambil nyanyi lagu regge.”

215. “Hidup itu dibawa santuy aja, lihatlah yang di bawahmu bukan yang di atas. Lebih baik utang untuk mengembangkan usaha, daripada utang agar terlihat kaya.”

216. “Serius tapi santuy, hidup itu harus seperti itu. Janga terlalu santuy, sampai lupa tujuan awal.”

217. “Dalam hidup, tak semua orang bisa menyukaimu, tapi santuy aja, itu bukan urusanmu. Lakukan apa yang kamu anggap benar dan santuy.”

218. “Menjadi bahagia dalam hidup itu sebenarnya sangat sederhana. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan. Bahkan, saat hidup terasa tidak adil. Kamu hanya perlu menjalaninya.”

219. “Hidup itu jangan terlalu dibawa santai, karena serius dan santai itu punya porsinya masing-masing di dalam kehidupan. Yuk, lebih bijak memilih di situasi apa kita harus santai dan di situasi apa kita harus serius. But, santai tapi serius itu lebih bagus.” – Nurhayati

220. “Hidup itu dibawa santuy saja. Raih yang ingin dicapai, dan tinggalkan apa yang menurutmu tidak penting. Tolong hargai waktu.”

221. “Terlalu banyak ekspektasi membuat hidup repot sendiri, santai saja, kadang hidup harus seperti air mengalir, mengikuti arusnya, hingga nanti kita bertemu ujungnya.”

222. “Hidup itu santai sebenarnya, sampai seseorang merasa hidup orang lain itu pertandingan bola yang perli dikomentari setiap apa yang dilihat.”

223. “Hidup tidak melulu harus ditekankan harus menjadi ini dan itu. Hidup itu dibawa santuy saja, agar dapat merasakan bagaimana indahnya hidup tanpa paksaan.”

224. “Jadilah orang yang santai dalam kesibukan, tenang di bawah tekanan, dan optimis disetiap tantangan.” – Ranggaumara

225. “Terlalu santai sampai lupa mana yang harus dikerjakan, tapi santai, hidup itu harus dijalani bukan disesali.”

226. “Satnuy aja? Adalah sebuah kata yang hampir setiap hari kita ucapkan. Namun, hidup tak selamanya untuk bersantai, apa-apa bisa dipermudah. Tapi, hidup penuh perjuangan, jangan menganggap remeh sesuatu hal dengan kata santuy.”

227. “Hidup itu santai saja, jalan aja tak perlu lari. Karena hidup itu perjalanan bukan pelarian.”

228. “Berpuisi sedikit, untuk sekadar mengingatkan bahwa hidup itu kadang manis kadang pahit. Agak lebay tapi tetap santai. Hidup itu pilihan, tolonglah jangan sedih atau bimbang kawan. Jatuh atau dijatuhkan, ragu atau diragukan, sakit atau disakiti itu hanya permainan kata-kata.” – Fachry Ali

229. “Santuy saha, hidup itu dimanis. Dulu kau dikasihi, besok kau dibenci. Begitupun sebaliknya.”

230. “Hadapi dan tanggapi dengan santuy, hidup itu sudah perih, tak perlu ditambah lagi denagn kepedihan. Tersenyumlah.

Kata-kata Santuy Singkat

Kamu mungkin adalah salah satu orang yang kerap menggunakan kata santuy di media sosial? Berikut ini Seruni akan memberikan kata-kata santuy singkat yang bisa kamu gunakan.

231. “Utamakan menyelesaikan pekerjaan yang penting terebih dahulu. Isi waktu kosong dengan hal yang positif. Dan tetap santuy.”

232. “Tuhan bersama di dalam jiwa-jiwa yang santuy.”

233. “Jalanilah hidup ini denagn cara yang santuy.”

234. “Santuy. Hidup jangan terlalu dipikirkan, tapi nikmati saja.”

235. “Santai, tenangkan perasaan dan hati. Tapi jangan lama-lama, kapan mau mulai actionnya?”

236. “Tenang aja santai, hidup itu menilai ujian dari usahanya, bukan dari hasilnya.”

237. “Hidup itu perlu pergaulan. Tapi hidup itu juga butuh tenang dan santai.”

238. “Masalah itu tak usah dipikirkan. Dibawa santuy aja, hidup itu simple.”

239. “Santai itu, adalah hidup yang paling berharga.”

240. “Hidup akan pusing jika terlalu dipikirkan. Jadi santai saja, meski pahit, nikmati saja.”

241. “Hidup itu jangan dibuat susah. Mudah kok, kurangi mengeluh dan banyakin satuy.”

242. “Santai, hidup itu simple, hanya saja manusianya yang membuat ribet.”

243. “Jika bekerja dengan tulus dan ikhlas maka tidak akan menjadi beban yang bisa membuatmu stress. Jadi, bekerjalah dengan serius tapi tetap santai.”

244. “Hidup itu harus seperti tiang listrik, santai, kuat, dan luhur. Tapi tidak baik hati, jika ada yang memegang sebentar langsung modar, kasihan kan?”

245. “Santuy aja, banyakin bersyukur. Sebab, masih banyak yang tidak bisa bersyukur hingga saat ini.”

246. “Hidup sehat itu kebiasaan, hidup dantai dan tidak sehat juga kebiasaan. Jadi, pilihan ada di tanganmu.”

247. “Jangan jadi manusia yang hobinya memikirkan masalah. Santuy aja, nanti juga pergi sendiri masalahnya.”

248. “Hidup itu santai, tapi pasti.”

249. “Bekerja, berkarya, bercanda, dan santuy.”

250. “Hidup yang terlalu santuy kadang-kadang juga membosankan.”

Kata-kata Santuy Kocak

Seruni juga akan menyajikan kata-kata santuy kocak yang siap bikin kamu ngakak. Jadi, disimak baik-baik, ya.

251. “Meskipun aku santuy, tapi aku bukan pemalas. Hanya saja aku sedang menjalankan mode hemat energi.”

252. “Semoga di bulan ini, jiwa raga dan otakku yang santuy bisa kuat menghadapi simulasi-simulasi dan tugas-tugas yang akan datang.”

253. “Jika ada yang melempar batu ke arahmu, janganlah melembar balik kepadanya. Balaslah dengan senyuman dan lempar bunga kepadanya, tapi usahakan potnya ikut terlempar, ya.”

254. “Jalanilah hidup ini dengan cara yang santuy.”

255. “Kamu stres karena tugas menumpuk? Santuy aja, ada solusinya. Dijejerin saja tugasnya, biar gak numpuk.”

256. “Santuy aja, hari baik itu akan datang. Hari itu disebut hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.”

257. “Hidup memang harus santuy, tapi jangan lupa mikir dan dzikir, agar hidup tentram dan damai. Selamat makan siang, jangan lupa bayar.”

258. “Jangan terlalu santuy, hormati dan hargailah orangtuami, karena mereka bisa lulus sekolah tanpa dibantu Google.”

259. “Aku selalu santuy, meski dompetku sama seperti bawang; ketika dibuka membuatku menangis.”

260. “Rumah tangga itu tak selamanya santuy, dan sederhana. Kalau sederhana itu namanya rumah makan.”

 

Itulah 260 kata-kata bijak yang bisa Seruni sampaikan. Semoga bisa menjadi obat penyemangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.