15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
superadvanture.com

Seruni.id – Siapa sih yang tak mengenal Karimun Jawa? Pulau yang berada di ujung Jawa ini, menawarkan destinasi wisata yang cukup menarik. Lokasi Karimun Jawa tepatnya di Jepara ini, menjadi salah satu Taman Nasional Karimun Jawa terindah di Indonesia.

Destinasi wisata di sana sangat beragam, mulai dari pemandangan pantai berpasir putih yang cantik, suasana pulau Karimun Jawa yang begitu tenang, perairan dengan beragam jenis ikan dan terumbu karang, semua yang disuguhkan Karimun Jawa pastinya akan membius siapa saja yang berkunjung ke sana.

Nah, bagi kamu yang berencana untuk travelling ke Karimun Jawa, berikut Seruni merekomendasikan beberapa tempat wisata yang bisa menjadi referensimu.

1. Pantai Anora

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
pantainesia.com

Tempat wisata yang pertama ada Pantai Anora, pantai ini terletak di Dusun Cikmas di ujung utara Pulau Karimun Jawa. Lokasinya sekitar 7 kilometer jika dari Pelabuhan Karimun Jawa. Pantai ini begitu indah, karena terdapat hamparan pasir berwarna kuning kecokelatan dan juga ada perbukitan hijau. Meski ombaknya tak begitu kuat, tapi pantai ini kurang ideal untuk bermain air atau berenang. Sebab, di sekitaran pantai banyak sekali karang dan bebatuan.

Tapi, tenang saja. Meski kamu tidak bisa berenang, kamu masih tetap bisa mengabadikan momen, dengan beragam pilihan. Mulai dari ayunan hingga bersantai di bangku yang ada di pinggir pantai. Selain itu, kamu juga bisa naik ke bukit yang masih satu kawasan dengan pantai untuk menikmati hamparan pantai dan laut yang terbentang luas dari ketinggian.

2. Pantai Barakuda

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
stay-list.com

Pantai Barakuda merupakan salah satu tempat travelling terasyik di Karimun Jawa. Pantai ini juga menawarkan pesona yang begitu indah dan suasana yang tenang. Ciri khas dari pantai ini adalah adanya batu-batu hitam dengan ukuran besar yang berada di sisi pantai. Menariknya lagi, tak jauh dari seberang pantai, juga terdapat hamparan perbukitan hijau yang seakan menyempurnakan pesona keindahan yang disuguhkan.

3. Pantai Nirwana

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
piknikasyik.com

Pantai Karimun Jawa memiliki hamparan laut yang bergitu panjang nan indah, namanya Pantai Nirwana. Jika berkunjung ke sana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pasir putih yang lembut, air laut yang terhampar luas, ombak yang bergulung-gulung indah, serta barisan pohon kelapa di pinggir pantai akan memanjakan matamu.

Di sini kamu bisa berenang sepuasnya, bermain pasir, atau sekadar berjermur sambil mengabadikan momen. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling atau diving, loh. Kamu tak perlu khawatir, karena perairan di sekitar pantai juga menawarkan bawah laut yang menganggumkan. Dengan pesona keindahan yang disuguhkan, tak salah memang jika tempat wisata di Karimun Jawa ini disebut Nirwana atau surga.

4. Pantai Ujung Gelam

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
liburankarimunjawa.co.id

Destinasi wisata yang satu ini terletak di sebelah barat Pulau Karimun Jawa. Untuk menikmati keindahan alam pantai ini, kamu bisa berkendara sekitar 30 menit dari pusat kota Karimun Jawa dan membayar tiket parkir sebesar 5 ribu per orang.

Dengan garis pantai yang terbentang hingga 700 meter, tempat wisata di Krimun Jawa ini sudah lama dikenal oleh para wisatawan sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset alias matahari tenggelam. Untuk menikmati keindahan tersebut, sangat disarankan datang pada sore hari, ya. Sambil menunggu senja, kamu bisa bermain di tepi pantai atau sekadar menikmati air kelapa muda.

5. Pantai Legon Lele

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
brilo.net

Wisata alam Karimun Jawa yang satu ini sangatlah indah dan bersih, meski demikian pantai ini jarang dikunjungi oleh para wisatawan, loh. Sehingga pantai di Karimun Jawa ini masih menjadi destinasi yang tersembunyi.

6. Pulau Cemara Kecil

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
arrianikarimunjawa.com

Pulau Cemara Kecil ini menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Karimun Jawa. Suasana pantainya masih sangat alami dan indah. Selain pantainya yang jernih, kamu juga melakukan snorkling dan berkumpul bersama teman maupun kerabat di pinggir pantai sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Seperti namanya, pulau ini didominasi oleh pohon cemara.

7. Pulau Menjangan Besar

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
maxmonere.com

Jika travelling ke Karimun Jawa, rasanya sayang sekali jika kamu melewatkan tempat yang satu ini. Pulau Menjangan Besar memiliki luas sekitar 56 hektare, dengan pemandangan yang indah serta beragam aktivitas bisa kamu lakkan di sana. Apalagi, di pulau ini terdapat sebuah penangkaran hiu yang memungkinkan para wisatawan untuk mencoba aktivitas menantang, yaitu berenang bersam hiu.

kan hiu yang ditangkarkan di penangkaran tersebut merupakan spesies hiu karang yang relatif jinak. Meski begitu, kamu perlu ekstra hati-hati dan selalu mengikuti arahan yang diberikan oleh pemandu karena mereka juga bisa menjadi sangat buas seperti hiu-hiu pada umumnya. Puas berenang bersama hiu, kamu bisa menuju ke sebuah tanjung yang berada di sebelah timur pulau untuk menikmati panorama sunset yang cantik di Pulau Menjangan Besar.

8. Pulau Menjangan Kecil

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
piknikasik.com

Selain Pulang Menjangan Besar, juga ada Pulau Menjangan Kecil, loh. Terletak di sebelah barat Pulau Menjangan Besar, tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti gazebo, toilet, bangku taman, serta resor atau penginapan. Setiap pengunjung yang henak masuk ke pulau ini, mereka akan dikenakan tarif sebesar 10 ribu.

Selain itu, kapal yang masuk ke wilayah pantai juga dikenakan bea sandar kapal seharga 50 ribu sampai 100 ribu, tergantung dari ukuran kapal. Untuk pantainya, pantai yang ada di Pulau Menjangan Kecil ini memiliki hamparan pasir putih yang berkilau dan ombak yang relatif tenang. Di kedalaman lautnya, tersimpan beragam jenis terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang bisa Anda nikmati dengan snorkeling ataupun diving.

9. Pulau Geleang

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
blibli.com

Tidak ada salahnya ketika kamu ingin berlibur ke Karimun Jawa mengunjungi pulau yang satu ini. Kamu bisa berenang di air yang biru dan jernih. Pulau yang memiliki ukuran kecil daripada pulau yang lainnya ini bernuansa unik dan menakjubkan. Menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi para wisatawan.

10. Hutan Mangrove Karimun Jawa

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
aanmelindha.wordpress.com

Tempat wisata di Karimun Jawa yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pulau Kemujan. Sebenarnya, secara lokasi hutan mangrove ini terbagi menjadi dua. Satu sisi masuk wilayah Pulau Karimun Jawa dan satu sisi lagi masuk wilayah Pulau Kemujan.

Tapi, kalau kamu ingin menikmati aktivitas trekking di hutan ini, kamu bisa masuk ke dalam hutan mangrove yang berada di Pulau Kemujan. Di tempat ini tersedia berbagai fasilitas yang akan memudahkan para pengunjung. Seperti jalan yang terbuat dari kayu, pos penjaga, serta informasi mengenai satwa-satwa yang ada di dalam hutan.

Menariknya lagi, di hutan mangrove ini juga terdapat sebuah gardu pandang yang cukup tinggi. Dari sana, kamu bisa melihat hamparan hutan mangrove, bukit-bukit hijau di kejauhan, serta lautan Karimunjawa yang sangat indah. Menjelang matahari terbenam, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset dari gardu pandang tersebut.

11. Kampung Bugis

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
tourkarimunjawa.net

Ternyata di Pulau Karimun Jawa banyak dihuni oleh suku Bugis, loh. Sebagian dari mereka ada yang tinggal di Dusun Ujung Batu Lawang dan Pulau Kemujan. Berdasarkan sejarah, masuknya suku Bugis ke pulau tersebut berawal saat VOC menaklukkan Sultan Hassanudin. Karena Kota Makassar dikuasai sepenuhnya oleh VOC, akhirnya banyak banyak dari mereka yang memilih untuk merantau ke wilayah lain di Nusantara, termasuk Kepulauan Karimun Jawa.

Ketika memasuki kawasan ini, kamu akan melihat dereta rumah panggung khas suku Bugis, yang biasanya digunakan sebagai tempat tinggal mereka. Berbeda dengan rumah panggung yang ada di Sulawesi, rumah panggung Suku Panggung yang ada di desa ini umumnya tidak terlalu tinggi karena masyarakat kesulitan untuk mendapatkan kayu. Bagi kamu yang ingin mencoba sensasi bermalam di rumah panggung, Kamu juga bisa mencoba fasilitas homestay yang sudah tersedia oleh warga setempat.

12. Karimun Jawa Butterfly Park

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
wisatalengkap.com

Selain menyuguhkan wisata alam yang keren, Karimun Jawa juga menawarkan wisata buatan yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Karimun Jawa Buterfly Park. Di wisata ini terdapat banyak kupu-kupu yang cantik, cocok untuk kamu penyuka hewan. Selain kupu-kup juga terdapat wahana lain yang tak kalah keren seperti bioskop 3D Cinema, 3D Art Gallery, dan masih banyak lagi.

13. Pulau Gosong

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
backpackerjakarta.com

Meski namanya Pulau Gosong, tapi pantai ini sangat unik dan keren, loh. Pasalnya, di tengah laut terdapat endapan pasir yang akan memanjakan matamu. Pulau ini mendapatkan julukan pulau timbul tenggelam karena hanya akan muncul kepermukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Selebihnya pulau ini akan tertutup.

14. Dermaga Mrican

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
nasirullahsitam.com

Dermaga ini sangat cocok kamu nikmati di sore hari jika ingin melihat matahari terbenam. Dermaga ini juga menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan pencari ikan di laut lepas. Banyak warga yang membeli hasil tangkapan mereka.

15. Bakololo

15 Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
dolanyuk.com

Salah satu wisata di Karimun Jawa ini tidak hanya keren tapi juga menyuguhkan sebuah tempat duduk kano di tengah air. Kamu bisa bersantai melepas penat di tengah air yang tenang dan menikmati pemandangan yang sangat memesona.

Transportasi Karimun Jawa

Sudah terbayang belum bagaimana pesona keindahan alam di Karimun Jawa? Pastinya penuh keseruan dan canda tawa. Apakah kamu tertarik untuk menggunjungi tempat wisata yang berada di Pulau Karimun Jawa tersebut? Ternyata untuk sampai ke sana tidaklah sulit. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa transit melalui dua kota, yakni Semarang dan Jepara.

Kalau kamu memilih untuk transit di Semarang, terdapat 3 jenis transportasi yang bisa membawamu ke Pulau Karimun Jawa, yakni sebagai berikut:

  • Wings Air, penerbangan dari Bandara Ahmad Yani dan hanya beroperasi satu hari sekali sekitar pukul 11.00 WIB. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut terkait jam penerbangan, kamu bisa membuka aplikasi yang menyediakan layanan tersebut.
  • Kapal PELNI KM KALIMUTU. Beroperasi 2 minggu sekali sekitar pukul 23.00 WIB untuk boarding dan keberangkatan pukul 24.00 WIB dari Tanjung Emas. Sampai di Karimun sekitar pukul 06.00 pagi.
  • Kapal Express Bahari. Beroperasi setiap hari jumat pada pukul 08.30 WIB, 1 jam sebelumnya dilakukan boarding. Perjalanan dapat ditempuh selama 3 jam. Untuk kepulangan pada hari Minggu pukul 11 siang.

Sedangkan jika kamu memilih berangkat dari Jepara, ada 2 kapal yang akan melayani hingga sampai di Karimunjawa, yakni:

  • Kapal Ferry Siginjai, berangkat setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu pukul 06.30 WIB dari Pelabuhan Kartini. Menempuh perjalanan memakan waktu mulai dari 4 hingga 5 jam. Sementara itu untuk kepulangan dari Karimun menuju Jepara pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu pukul 06.30 WIB. Khusus untuk hari Jumat pulang pukul 12.30 WIB. Kamu bisa memesan tiket 2 jam sebelum perjalanan.
  • Kapal Express Bahari dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam. Jadwal keberangkatanmu dapat melihatnya di loket tiket masuk.

Kelebihan dan Kekurangan

Kedua penyebrangan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Kelebihan penyeberangan dari Semarang ialah tidak perlu mencari transportasi darat untuk menuju ke Jepara. Sehingga dari kota masing-masing bisa langsung menuju ke Semarang. Arahkan kendaraan menuju Bandara Ahmad Yani atau ke Pelabuhan Tanjung Mas.

Kekurangannya terletak pada harga tiket yang cukup mahal. Untuk menuju ke Jepara, lebih enak jika kamu dari arah Surabaya karena cukup naik bus sekali saja. Kelebihannya ialah waktu penyeberangan kapal lebih singkat. Sedangkan kekurangannya kamu harus mencari transport malam di Semarang yang menuju ke Jepara, memerlukan waktu tempuh kurang lebih 3 jam, jika macet bisa sampai 3,5 jam.

Baca Juga: 12 Kawasan Taman Laut Indah Yang Ada di Indonesia

Demikian informasi tentang 15 tempat wisata Kariumun Jawa yang wajib dikunjungi. Semoga dapat memberikan manfaat dan informasi untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke pulau ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.