20 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

20 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Hingga Kecantikan
news.trubus.id

Seruni.id – Buah bit merupakan tanaman sejenis umbi dengan warna ungu dan sedikit kemerahan, bentuknya pun hampir mirip seperti kentang. Di balik warnanya yang manis, tersimpan banyak sekali khasiat yang luar biasa, karena di dalamnya pun mengandung karbohidrat yang tinggi, namun rendah lemak, serta kalori dan proteinnya.

20 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Hingga Kecantikan
doktersehat.com

Tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae ini, pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika sejak ribuan tahun lalu. Akar buahnya yang begitu populer kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Eropa. Kemudian, orang–orang tersebut membudidayakannya dan mengosunmsinys di daerah mereka.

Dari abad ke 16 hingga abad ke-19, buah bit digunakan untuk mendapatkan beberapa manfaat. Misalnya, jus buah bit digunakan sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula pada buahnya digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman. Terlebih, di sekitar abad ke-19, buah ini mulai digunakan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

Biasanya buah ini sering ditemukan di Amerika dan Inggris, namun jika kamu ingin membelinya, bisa diperoleh di pasar swalayan. Penasaran apa saja keajaiban buah bit bagi kesehatan hingga kecantikan? Berikut ini Seruni telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

20 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Hingga Kecantikan
hellosehat.com
1. Mencegah Hipertensi

Sudah terbukti, bahwa mengonsumsi jus buah bit sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrat di dalamnya sama seperti yang terdapat pada sayuran hijau. Menurut riset yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School, menyarankan untuk menurunkan hipertensi salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jus buah bit.

Bahkan, menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, mengonsumsi jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat, sangat baik bagi kesehatan jantungmu dan terus memelihara jantungmu agar tetap sehat. Para ahli berpendapat, bahwa jus bit sebaiknya tidak berhenti dikonsumsi. Jadi, minumlah jus bit setiap hari karena jika berhenti selama dua minggu, maka tekanan darah akan kembali tinggi seperti semula. Hal ini sama dengan konsep obat hipertensi yang harus diminum secara rutin setiap hari.

2. Sebagai Detoks Alami untuk Tubuh

Sebenarnya, tubuh bisa mengeluarkan racun dengan sendirinya. Ini terjadi secara alamiah untuk mencegah terjadinya keracunan. Ginjal merupakan salah satu organ detoks yang berfungsi untuk menyaring darah dan menghasilkan air seni. Kemudian juga paru-paru, yang berfungsi untuk mengeluarkan karbon dioksida dari oksigen yang telah dihirup. Ada pula kulit yang bekerja sebagai pendorong racun dan partikel berbahaya lainnya keluar melalui pori-pori.

Sedangkan hati juga memiliki peran yang krusial dalam proses detoksifikasi, yakni dengan membuang racun serta zat berbahaya lainnya dari tarah. Dengan mengonsumsi jus bit, organ tersebut akan terbatu dalam mengeluarkan racun, terutama pada hati dan ginjal agar tetap bekerja secara maksimal. Hal ini ditemukan dari penelitian di Polandia.

Dalam penelitian tersebut, mereka menggunakan seekor tikus untuk uji coba. Sebelum diberikan buah bit, tikus-tikus tersebut memang sudah mengalami kerusakan pada sel tubuhnya. Ketika diberikan bit secara rutin, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research terbukti bahwa tikus tersebut menjadi lebih sehat.

Hal ini dilihat dari tubuhnya yang menunjukkan bahwa kadar enzimnya menjadi baik dan organ detoks di dalam tubuh tersebut menjadi lebih maksimal ketika membuang racun. Untuk merasakan hasil yang memuaskan, jangan lupa untuk mengonsumsinya bersama wortel dan mentium.

3. Mengurangi Kolesterol Jahat Serta Menjaga Kesehatan Jantung

Buah bit mengandung serat larut, falavonoid, serta betacyanin yang merupakan senyawa pemberi warna merah keunguan pada buah tersebut. Beberapa kandungan tersebut, dapat membantu mengurangi oksidari kolesterol LDL dan mencegahnya agar tidak menempel di dinding arteri. Dengan begitu, bit sangat bermanfaat untuk membantu melindungi jantung dari kemungkinan serangan jantung maupun stroke.

4. Menyembuhkan Mata Minus

Mata minus adalah keadaan di mana mata tidak dapat melihat suatu objek dengan jelas. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, entah karena keturunan genetik atau kebiasaan buruk. Namun, kamu tidak perlu lagi khawatir. Karena kamu bisa mencoba manfaat buah bit untuk mata minusmu. Buah dengan warna merah merona ini, memiliki vitamin yang dapat membantu mengatasi mata rabun atau minus dengan cepat. Dengan mengonsumsi jus bit secara rutin, maka kamu akan segera merasakan manfaatnya.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ingin mendapatkan tubuh yang ideal? Bukan hanya dengan olahraga saja, tapi juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Nah, buah bit diketahui dapat membantu menurunkan berat badanmu, loh. Karena di dalamnya mengandung banyak gizi dan serat dengan kalori yang rendah. Setiap satu gelas jus bit, mengandung sebanyak 59 kalori dan 3,8 gram serat, atau setara dengan 15 persen serat yang dibutuhkan sepanjang hari.

Saat kamu mengonsumsi serat, maka ia akan perlahan bergerak pada saluran pencernaan. Serat ini nantinya akan membantu untuk menahan lapar lebih lama. Menurut seorang ahli di Boston, asupan serat sebanyak 14 gram dapat mengurangi asupan kalori harian hingga 10 persen. Bahkan, akan membuahkan hasil yang memuaskan, yakni berat badanmu perlahan akan menurun hingga 4 pon selama 4 bulan, jika rutin mengonsumsinya.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah yang kaya akan kandungan serat ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan yang sangat mengganggu. Kandungan serat inilah yang akan membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Selain itu, serat ini juga bisa membantu melunakan tinja, sehingga bisa melancarkan buang air besar secara sehat, dan teratur.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa asupan serat di dalam buah tersebut, dapat membuat tingkat BAB orang yang memiliki kondisi sembelit, atau susah buang besar menjadi lebih lancar. Tak hanya itu saja, penelitian lain pun menyebutkan asupan serat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan cara lain dan dapat melindungi kondisi seperti infeksi pada usus, wasir dan GERD atau asam lambung.

Apabila kamu mengalami masalah pencernaan, nyeri, disertai mual bahkan diare, kamu bisa mengonsumsi jus bit yang dicampur dengan wortel dan satu sendok makan jus lemon. Minum jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan akan membantu mengurangi kembung di perut.

7. Mencegah Anemia

Buah yang berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga tak jarang banyak orang yang mengonsumsinya untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

8. Meningkatkan Kecerdasan Otak pada Bayi

Bit tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja, buah berwarna merah keunguan ini juga bermanfaat untuk bayi, gune mendukung perkembangan otak dan membuatnya lebih pintar. Namun, bukan dikonsumsi secara langsung pada bayi ya, melainkan buah bit untuk ibu hamil, agar janin di dalam kandungan mendapatkan asupan folat yang cukup.

9. Meningkatkan Stamina

Sebagaimana penelitian yang dilakukan dari Universitas Exter di Inggris menyebutkan, bahwa meminum jus bit dapat membantu meningkatkan stamina, terutama bagi mereka yang gemar olahraga seperti atlet. Bisanya setelah mengonsumsi jus ini, 16 persen lebih kuat dan berstamina karena kandungan nitrat di dalamnya mampu mengurangi pembakaran oksigen dalam olahraga, sehingga rasa lelah berangsur-angsur akan berkurang.

Bahkan, sudah sejak lama, bit terbukti memiliki manfaat dari salah satu makanan atlet. Ini karena kandungan nitratnya membuat sel lebih baik dalam menghasilkan energi, sehingga dapat meningkatkan performa. Selain itu, sebuah studi percobaan pada tahun 2011 menemukan bahwa mengonsumsi jus bit secara rutin dapat meningkatkan tenaga dan stamina seseorang menjadi 2,8 persen lebih banyak dari sebelumnya. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa suplemen nitrat, dapat mengurangi rasa lelah saat melakukan olahraga, selain itu juga bisa memperkuat latihan dengan intensitas tinggi, cocok untuk para atlet.

10. Membantu Melawan Peradangan

Manfaat buah bit selanjutnya, sangat efektif untuk melawan peradangan. Sebagaimana penelitian yang dilakukan di Iran, buah ini terutama dalam bentuk jus, efektif dalam mengobati peradangan. Studi lain di Mesir menemukan bahwa ekstrak bit dapat mengobati peradangan pada ginjal. Folat, serat, dan betalain bisa menjadi sifat anti-inflamasi.

11. Manfaat Buah Bit untuk Kesuburan

Manfaat bit ternyata juga dapat meningkatkan kesuburan. Buah ini memiliki peran penting dalam menjaga sirkulasi darah yang bermanfaat untuk kesuburan wanita. Untuk mengonsumsinya bisa dengan diolah menjadi jus. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan bahan lain seperti lemon. Nitrat yang terkandung di dalamnya akan mudah diserap oleh lambung dan usus halus, sehingga konversinya menjadi oksida nitrat menjadi lebih cepat. Penelitian mengatakan khasiat buah bit untuk kesuburan bisa dirasakan dalam waktu 12 hari.

Manfaat Buah bit untuk Kecantikan

20 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Hingga Kecantikan
liputan6.com
12. Mengatasi Masalah Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah pada kepala yang sangat menganggu. Hal ini bisa disebabkan oleh beragam faktor. Namun, tenang saja, karena masalah ini bisa sangat mudah diatasi hanya dengan buah bit. Caranya yakni dengan merebus bit secukupnya, dan olesi ke kulit kepala sambil dipijat lembut. Biarkan semalaman dan bungkus dengan handuk. Barulah keesokan harinya dibilas sambil dikeramasi.

13. Sebagai Pewarna Rambut Alami

Kebanyakan orang akan mewarnai rambutnya dengan bubuk henna. Jika kamu ingin mendapatkan warna yang sempurna, kamu bisa mencampurkan pewarna hitam kemudian dicampur dengan jus akar bit merah. Kamu pun akan terkejut dengan hasilnya, nantinya warna rambutmu akan hitam dengan gradasi burgundy namun tetap alami dan sehat.

14. Melembapkan Kulit Kering

Siapa sangka, ternyata buah yang satu ini juga dapat membuat kulitmu menjadi kenyal dan halus. Hal ini karena buah bit memang dapat menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Dengan meminum jus bit maka dapat membantu menjaga kulitmu tetap terhidrasi.

15. Mencegah Penuaan Dini

Karena mengandung antioksidan yang kuat, jus bit juga bisa dimanfaatkan sebagai pelindung dari penuaan dini. Selain itu, lycopene yang terdapat dalam jus bit dapat mempertahankan elastisitas kulit dan melindunginya dari sinar matahari. Dengan rutin mengonsumsi jus bit juga akan membantu menetralisir efek radikal bebas, sehingga akan membuatmu lebih awet muda.

16. Membuat Bibir Lembut dan Merah Alami

Ingin miliki bibir yang sehat, lembut, serta merah merona? Kamu bisa mendapatkannya hanya dengan jus bit. Caranya mudah, cukup mengoleskan jus bit pada bibirmu ketika hendak tidur, kamu akan melihat hasilnya selama pemakaian satu bulan.

17. Mengatasi Jerawat

Manfaat buah bit untuk kecantikan adalah sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Kandungan zat anti inflamasi di dalamnya dapat mengatasi masalah peradangan jerawat di kulit. Selain itu buah bit juga bisa mengatasi masalah jerawat.

18. Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit

Menurut penelitian yang dirilis oleh lembaga survei Trusted Source pada 2013 silam, vitamin C pada bit dapat digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit akibat kadar melanin dalam tubuh yang tinggi. Caranya adalah dengan menggunakan produk skin care dari buah bit yang dioles dan cepat meresap ke dalam kulit.

19. Masker untuk Wajah Kering

Kamu memiliki wajah kering? Jangan ragu untuk menggunakan masker alami dari buah bit. Sebab, kamu hanya perlu campurkan buah bit, madu dan susu kemudian dijus hingga pekat, pulaskan ke seluruh kulit yang terasa kering dan bilas hingga bersih. Jika tidak ingin repot, kamu bisa mencari produk pelembap dengan kandungan buah bit.

20. Memberikan Rona Pink yang Cerah pada Wajah

Kandungan zat besi, fosforus, dan protein yang kaya di dalam buah bit dapat memberikan kulit merona merah jambu yang sehat. Selain itu, buah ini juga mengandung Vitamin C yang mencegah pigmentasi kulit sehingga menjaga rona wajahmu tetap bersinar. Memakai ekstrak buah bit di wajah dapat menghasilkan blush yang natural dan pastinya lebih aman dibanding memakai perona wajah buatan yang dipenuhi bahan kimia.

Baca Juga: 10 Tips Menanam Buah dan Sayur Organik di Rumah

Itulah segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah bit. Namun, ketika buah tersebut diolah menjadi jus, kamu harus memerhatikan aturan minum jus buah bit, ya. Sebab, jika dikonsumsi terlalu banyak, justru akan menurunkan kadar kalsium dalam tubuh. Hal tersebut lama kelamaan bisa merusak ginjal, bahkan bisa memperparah. Jadi, konsumsilah buah ini sesuai kebutuhanmu saja, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.