20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
tokopedia.com

Seruni.id – Begitu banyaknya peristiwa peperangan yang telah terjadi di dunia, mendorong para sineas mengabadikannya menjadi sebuah film. Tak jarang film perang memang diangkat dari kisah nyata. Film tersebut juga memiliki daya tarik sendiri bagi para penikmatnya. Terlebih pada bagian action yang begitu menegangkan. Film perang juga identik dengan beragam adegan yang mengejutkan, seperti ledakan bom hingga berjatuhannya korban.

Untuk mengetahuinya, kamu mungkin dapat menonton ratusan trailer, membaca ribuan ulasan dan rating film terlebih dahulu. Tapi, agar tak membuang-buang watu, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai, ya. Karena Seruni akan menyajikan beberapa daftar film perang terbaik di dunia yang wajib kamu saksikan.

1. Bloodshot

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Bloodshot merupakan film perang terbaru bertemakan superhero anti mainstream yang tidak tegabung dengan franchiese Marvel maupun DC. Film yang dibintangi oleh Vin Diesel menceritakan tentang kisah seorang marinir bernama Ray Garrison yang dibangkitkan kembali oleh seorang ilmuan dan diperkuat dengan nanoteknologi. Raya yang dibangkitkan untuk menjadi tentara super tiba-tiba saja menyadari masa lalunya dan berusaha mengungkap konspirasi merenggut nyawanya dan istrinya yang begitu ia cintai. Film dengan durasi 2 jam 15 menit ini wajib banget ada didaftar tontonanmu.

2. Pearl Harbour

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Peristiwa pengeboman yang terjadi di Nagasaki dan Hiroshima, Jepang, rasanya masih sangat lekat dibenak masyarakat Indonesia. Peristiwa menegangkan itu membuat negara Matahari Terbit tersebut perlahan angkat kaki dari wilayah Nusantara. Konflik ini pun kemudian diangkat dalam sebuah film, dan menjadi salah satu film dunia ke-2 terbaik sepanjang masa.

Sebelum Amerika Serikat (AS) memutuskan melepaskan dua bom atom ke daratan Jepang, tentara Negeri Samurai ini lah yang sudah lebih dulu menyerang pangkalan militer AS di Hawaii yang bernama Pearl Harbour. Kejadian yang menewaskan banyak tentara dan warga sipil dari pihak AS diangkat menjadi salah satu film perang dunia ke-2 terbaik yang disutradarai oleh Micheal Bay.

3. Saving Private Ryan

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Film perang selanjutnya ini mengambil latar Invansi di wilayah Normandia saat terjadi perang dunia ke-2, Saving Private Ryan adalah film garapan Steven Spelberg. Saving Private Ryan sendiri bercerita tentang kumpulan prajurit yang memiliki tugas untuk membawa Jack Ryan kembali pulang, ia merupakan anggota keluarga Prajurit Ryan yang masih hidup terbaik yang pernah ada.

Tak heran jika Saving Private Ryan kerap dijadikan sebagai inspirasi bagi film-film sejenisnya. Banyak yang mengakui, adegan terbaik yang menggambarkan situasi peperangan di Pantai Omaha hanya bisa dikerjakan oleh tangan ajaib Speilberg di film ini.

4. Bad Boys for Life

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Setelah dirilisnya Bad Boys II, kemudian disusul dengan adanya film Bad Boys for Life sebagai pelengkap trilogi Bad Boys. Film perang terbaik 2020 ini juga masih dibintangi oleh dua aktor utama. Yakni, Martin Lawrence dan Will Smith. Film ini menceritakan tentang invenstigasi Marcus Burnett dan Mike Lowry yang harus kembali beraksi setelah percobaan pembunuhan terhadap Mike. Memanfaatkan nama franchise yang populer di era 90-an, tak heran jika Bad Boys for Life menjadi film terlaris di 2020 ini.

5. American Sniper

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Film berikut ini mengisahkan tentang sudut pandang seorang tentara Amerika Serikat bernama Chris Kyle. Film perang Amerika ini, bukanlah sebuah cerita fiksi belaka, melainkan diangkat dari kisah nyata. Pria ini dikenal dan dikenang namanya sebagai salah satu penempak jitu terbaik yang dimiliki di Negeri Paman Sam.

Film berdurasi 2 jam 14 menit ini siap membuatmu tegang dan tertantang. Terlebih, pada film tersebut dibintangi oleh aktor kawakan Bradley Cooper. Cerita yang diangkat dari biografi ini terasa begitu dramatis, sentimentil, dan mengundang perasaan berdebar dalam hati.

6. Guns Akimbo

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Berkat perannya di dalam franchise Harry Potter, dalam film Guns Akimbo, Daniel Radcliffe tak lagi menggenggam tongkat sihir, tapi pistol. Berkisah tetang Miles, seorang programer yang terjebak di dalam sebuah death match asl yang disiarkan di internet. Ia harus berusaha memenangkan permainan ini dengan membunuh saingannya, Nix. Film action yang satu ini memiliki cerita yang menegangkan, namun juga mengocok perut. Tak disangka, aktor Harry Poter ini juga jago melawak, loh.

7. Black Hawk Down

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Selanjutnya, ada Black Hawk Down, yang juga diangkat dari kisah nyata. Film perang ini menceritakan tentang perang dunia yang dialami oleh pasukan Amerika Serikat. Saat itu, mereka sedang menjalankan misi terselubung untuk menangkap Mohamed Farrah Aidid, panglima perang asal Somalia. Black Hawk Down sendiri, mengambil latar waktu kembali ke 1993, di mana dalam misi yang dipimpin oleh Jenderal Willian F. Garrison itu menyerang 160 orang. Namun nahas, dalam pertempurannya itu, tiga pilot tewas dan satu lainnya harus disandera.

8. Underwater

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Tahukah kamu, bahwa ternyata film yang dibintangi oleh Kristen Swetwart dijadkalkan tayang pada 2019 lalu. Namun, karena fox diambil alih oleh Disney, perilisan film ini terpaksa harus ditunda menjadi Januari 2020 kemarin. Underwater ini, bercerita tentang sekelompok peneliti yang terjebak di laboratorium bawah laut. Teroro mereka belum berakhir sampai di sana. Ternyata, terdapat seekor monster laut raksasa yang membunuh para wak secara satu per satu.

9. 1917

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

1917 adalah film perang dunia 1 yang menceritakan tentang dua orang tentara Inggris yang diberikan misi berbahaya untuk menyelamatkan 1600 otang selama Perang Dunia I berlangsung. Film yang dirilis pada 2019 ini sebenarnya sudah rilis sejak Desember lalu, namun kembali diatayangkan di bioskop berkat 11 nominasi Oscar yang diterima. Meski tidak memenangkan kategori Best Picture di Oscar, film action terbaru ini, berhasil membuat perasaan penikmatnya campur aduk, berkat pendekatan unik yang diarahkan oleh sutradara, Sam Mendes.

10. Fight Club

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Fight Club didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Chuck Palahniuk, menceritakan tentang hilangnya identitas pria di dunia yang beradab, meningkatnya ketidakpuasan terhadap masyarakat kapitalis, atau mungkin hanya tentang perkelahian saja. Film ini dimulai saat Edward Norton, seorang penderita insomnia yang sedang berkeliling dunia bertemu dengan Tyler Durden (Brad Pitt).

Tyler adalah sosok segalanya yang bukan dirinya. Dia pintar, tangguh, dan tanpa rasa takut. Juga gila. Mereka pun memulai sebuah fight club karena tidak ingin mati tanpa bekas luka. Tidak lama kemudian beberapa pekerja pria di kota tersebut ikut bergabung ke dalam klub mereka. Fight Club nyaris tidak membuat sensasi ketika pertama kali dirilis, walau setelahnya menjadi salah satu film kultus yang paling mudah diingat sepanjang sejarah.

11. The Pacific

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

The Pacific juga menjadi salah satu film perang terbaik yang pernah ada. Film ini menceritakan kisah nyata yang terjadi puluhan tahun yang lalu, tepatnya perang Pasifik yang dialami oleh tiga prajurit asal Amerika Serikat, yaitu Robert Leckie (James Badge Dale), Eugene B. Sledge (Joe Mazzello) dan Jon Seda (John Basilone) dalam menghadapi tentara Jepang. Kabarnya, biaya yang dikeluarkan untuk produksi The Pacific mencapai US$ 200 juta lho. Dengan demikian, film ini jadi salah satu film yang membutuhkan biaya terbesar dalam sejarahnya.

12. The Dark Knight

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Tidak semua film superhero memiliki template yang sama dengan film-film MCU. Mereka bisa menjadi menyenangkan, tentu saja, tetapi beberapa lebih suka berfokus dengan tema yang lebih gelap dan intens. Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix memang hebat, tetapi sulit untuk disebut sebagai sebuah film superhero. Hal ini berbeda dengan The Dark Knight, yang juga menjadi panggung seorang Joker, yang memenuhi syarat sebagai sebuah film superhero. Disutradarai oleh Christopher Nolan dan dibintangi Christian Bale sebagai Batman, The Dark Knight adalah film yang jauh lebih menyeramkan daripada kebanyakan film superhero arus utama.

Lewat film ini, Gotham benar-benar digambarkan sebagai tempat yang sangat gelap. Penampilan Christian Bale memang hebat, tetapi Heath Ledger jauh lebih baik darinya. Ledger berhasil membawa sosok Joker ke tingkat kegilaan yang berbahaya, yang menjadi peran besar terakhirnya. Film ini memecahkan rekor box office bukan hanya sebagai penghormatan kepada Ledger tetapi karena film ini juga menjadi film superhero terbaik sepanjang masa. Setelah menontonnya, kalian mungkin tidak akan pernah bisa untuk tidak mencintainya sedikit pun.

13. Schindler’s List

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Schinler’s List menjadi film perang dunia kedua terbaik yang memang diambil dengan latar yang sesuai pada masa tersebut. Film ini menceritakan kehidupan Oskar Schindler, seorang pengusaha Jerman yang ingin mengambil keuntungan dari pecahnya peperangan. Schindler ingin membuka sebuah pabrik, namun ia kekurangan tenaga kerja. Karena kebijakan politiknya, ia dapat mempekerjakan kaum Yahudi. Namun sayangnya, ketika Schutzstaffel mulai pemusnahan bangsa Yahudi, Schindler memutuskan untuk menolong para pekerja.

14. The Great Escape

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Diadaptasi dari buku dengan judul yang sama, sebuah karya non-fiksi karangan Paul Brickhill tentang pelarian massal dari tahanan perang di kamp di Polandia selama Perang Dunia II, The Great Escape adalah sebuah kesuksesan komersial yang luar biasa. Dalam film ini, karena banyak tahanan yang terus melarikan diri, Jerman akhirnya membangun sebuah kamp POW dengan keamanan tinggi di mana mereka mengumpulkan semua tahanan dari seluruh Eropa yang berhasil melarikan diri beberapa kali dari kamp yang berbeda sebelumnya.

Memiliki runtime hampir tiga jam dan menampilkan pemeran all-star, The Great Escape adalah petualangan yang benar-benar epik dengan skor fantastis buatan Elmer Bernstein, yang berhasil membuat film ini menjadi semakin luar biasa. Film ini sangat populer dan sangat baik di box office tetapi tidak menerima banyak pujian kritis pada saat rilis karena dilihat sebagai film aksi yang ringan. Namun bertahun-tahun setelahnya, perawakan kritisnya telah tumbuh secara signifikan dan sekarang dianggap sebagai salah satu film klasik terbaik yang pernah dibuat.

15. Das Boot

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Berdasarkan novel buatan Lothar-Günther Buchheim dengan judul yang sama, Das Boot adalah sebuah epik perang Jerman yang menceritakan eksploitasi U-boat dan krunya selama Perang Dunia II berlangsung. Film ini memiliki banyak versi berbeda, yang dirangkum dengan baik oleh tiga versi berikut: potongan teater asli (150 menit), potongan sutradara 1997 (209 menit) dan versi mini-seri yang berjalan selama hampir enam jam.

Das Boot sendiri diceritakan dari sudut pandang Letnan Werner, seorang koresponden perang yang ditugaskan untuk melaporkan keluar-masuknya kapal U-Boat dan krunya dari Jerman pada tahun 1941. Film ini dengan sempurna menangkap rasa paranoia, tepatnya seperti apa rasanya hidup di dalam kapal selam yang sempit di bawah laut. Das Boot dinominasikan untuk enam Academy Awards, berhasil membawa pulang serangkaian penghargaan di Jerman dan dianggap sebagai film kapal selam terbaik yang pernah dibuat.

16. Paths of Glory

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Paths of Glory adalah salah satu film terbaik yang menceritakan tentang perang. Seperti pada film perang lainnya, film ini adalah sebuah pernyataan anti-perang yang kuat. Berlatar selama perang dunia I, seorang Jenderal Prancis (George MacReady) memerintahkan serangan ke sebuah bukit yang dijaga ketat oleh Jerman. Mengatahui sepenuhnya bahwa serangan itu akan sia-sia, ia ia masih melanjutkan perintahnya saat ia mencoba membangun reputasinya sendiri.

Serangan itu sendiri adalah sebuah bencana, yang justru menghancurkan pasukan Prancis setelahnya. Dipotret dengan warna hitam dan putih seperti film dokumenter, Paths of Glory adalah dakwaan pedas dari kegilaan perang, memperlihatkan gambaran kontras antara mereka yang membuat keputusan dengan mereka yang sedang bertarung langsung.

17. Interstellar

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Lagi-lagi karya film dari Christopher Nolan, Interstellar. Empat tahun setelah Inception, Christopher memutuskan untuk membuat film yang bikin kita mikir bak pegawai NASA dan jauh berada di masa depan. Interstellar menceritakan tentang masa depan yang nggak secerah atau diharapkan seperti para ilmuan pikirkan. Dunia di masa depan manusia terkena krisis pangan yang parah.

Suatu hari, badai debu menerpa bumi. Cooper, seorang mantan pilot pesawat NASA menemukan sebuah kode yang berisis kordinat suatu tempat. Cooper pun diberi tugas untuk mencari hunian baru. Di sinilah kamu akan menemukan petualangan Cooper menembus ruang dan waktu, dengan berbagai teori meta fisika maupun fisika kuantum yang bikin kamu bikir keras.

18. We Were Soldier

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

We Were Soldier adalah sebuah film perang terbaik yang mengisahkan pertempuran “La Drang Valley” pada 14 November 1965 silam. Buat kamu yang sudah mengetahui sejarah pertempuran ini, maka kamu pun secara otomatis mengetahui jalan cerita film ini. We Were Soldier yang disutradarai oleh Randall Wallace ini mengisahkan pasukan Amerika Serikat yang harus bertahan untuk melawan pasukan North Vietnamse Army yang punya pasukan 4000 orang. Film yang dirilis tahun 2012 ini wajib masuk dalam list film perang yang kamu tonton selanjutnya.

19. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

Lebih sering disebut dengan judul 13 Hours, film yang satu ini merupakan salah satu film perang dunia terbaik sepanjang masa. Film ini singkatnya mengisahkan tentang perang yang diambil dari sudut pandang beberapa tentara Amerika Serikat. Mereka menjaga ketat kantor Konsulat Amerika Serikat yang ada di Benzhangi, Libya. Selama 13 jam, tentara gagah ini harus menyelamatkan banyak nyawa yang terancam karena serangan oknum militan Islam. Dengan senapan laras panjang, mereka harus benar-benar memastikan untuk melumpuhkan penjahat yang memiliki niat buruk ini.

20. The Deer Hunter

20 Rekomendasi Film Perang Hollywood Paling Menegangkan
google.com

The Deer Hunter adalah salah satu film pertama Hollywood yang mulai berhadapan langsung dengan Perang Vietnam, sebuah konflik yang belum benar-benar dibahas di bioskop arus utama. Bersama dengan Coming Home yang dirilis pada tahun yang sama dan menjadi pesaing film ini untuk Best Picture di Academy Awards, dan Apocalypse Now yang dirilis pada tahun berikutnya, The Deer Hunter berhasil membuka pintu untuk film yang berurusan dengan subjek yang sensitif ini.

Film ini mengikuti sekelompok teman dari kota kecil di Pennsylvania yang akan pergi berperang di Vietnam. Seiring dengan berjalannya film, pengalaman perang yang akan mereka alami di kemudian hari justru meninggalkan efek traumatis yang mendalam pada mereka semua. The Deer Hunter dengan jelas menggemakan ambivalensi umum yang dirasakan tentang Perang Vietnam dan kekecewaan yang dialami Amerika setelahnya. Film ini dinominasikan untuk sembilan Academy Awards, dan akhirnya memenangkan lima nominasi termasuk Best Picture dan Best Director.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film Horor Korea Terseram Sepanjang Masa

Itulah 20 film perang terbaik hollywood yang harus ada dalam daftar tontonanmu. Semoga bisa mengisi hari-harimu selama masih di rumah aja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.