21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
kalamkopi.wordpress.com

Seruni.id – Bicara soal liburan, memang paling enak ke tempat yang memiliki udara sejuk dan pemandangan yang indah. Seperti ke tempat wisata Dieng Wonosobo misalnya. Dataran tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang berada di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Ada banyak sekali tujuan obyek wisata Dieng yang wajib banget masuk ke dalam daftar liburanmu. Untuk kalian yang berencana menghabiskan waktu liburan dan menjelajahi keindahan alam Dieng, berikut rekomendasi destinasi tempat wisata di Dieng:

1. Bukit Sikunir

Ingin travelling bersama teman? Bukit Sikunir sepertinya wajib banget kamu kunjungi. Bagi kalian yang sudah terbiasa mendaki gunung, pasti akan tertantang untuk datang ke wisata Dieng Wonosobo ini. Sebab, bukit Sikunir memiliki tinggi hampir 2.300 meter dari permukaan laut/2.300 mdpl, sehingga pengunjung yang hendak mendaki, harus siap secara fisik.

Sebelum sampai ke puncak gunung, pengunjung memang harus menyusuri jalan yang lumayan menanjak. Kamu hanya membutuhkan waktu 30-60 menit saja untuk sampai ke sana. Namun, ada beberapa hal yang mesti kamu pernhatikan nih. Sebelum memutuskan untuk berwisata ke bukit Sikunir, pastikan cuaca sedang cerah hindari berawan apalagi yang rawan hujan.

Sepertinya tak akan sia-sia perjuangannya untuk sampai ke puncak sana, sekalipun harus melalui tantangan yang cukup sulit. Sebab, ketika sampai ke puncak kamu akan disuguhkan dengan keindahan lukisan nyata awan serta gunung yang terlihat langsung, seperti Merbabu, Sindoro, Sumbing, bahkan gunung Merapi. Oh ya, destinasi wisata Dieng Wonosobo ini tak akan menguras kantongmu, loh.

2. Wisata Gunung Prau

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
kulinerwisata.com

Kamu hobi hiking? Rasanya kurang lengkap ketika berkunjung ke wisata Dieng Wonosobo tanpa mengunjungi gunung Prau. Namun, sebelum datang ke sini, kamu harus mempersiapkan beberapa hal, terutama stamina dan sudah terbiasa dengan aktivitas pendakian. Sebab, ketinggian gunung ini melebihi bukit Sikunir, yakni mencapai 2.600 mdpl di atas permukaan laut.

Perlu kalian tahu nih, ternyata gunung Prau telah mendapatkan predikat sebagai gunung tertinggi yang ada di Dieng. Meski memiliki ketinggian yang sangat lumayan, tapi alur pendakiannya sangat mudah, sehingga kamu bisa cepat sampai ke tujuan, daripada pendakian gunung lainnya yang memakan banyak waktu. Estimasi waktu yang dibutuhkan dengan hitungan normal, pendaki hanya mmebutuhkan sekitar 3-4 jam. Di sana, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, sehingga bisa memberikan kenangan manis, cerita yang seru, sekaligus ada cerita mistisnya juga.

3. Telaga Warna

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
travelspromo.com

Obyek wisata Dieng Wonosobo berikutnya adalah Telaga Warna. Berada di Kejajar, Wonosobo, Telaga Warna adalah destinasi wisata yang menjadi salah satu tempat travelling terfavorit. Keunikan dari tempat ini adalah warna airnya yang mampu berubah-ubah karena kandungan belerang yang ada di dalamnya. Dikelilingi dengan alam yang masih asri, menambah keindahan dari panorama obyek wisata Dieng satu ini.

4. Wisata Kawah Sikidang

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
sanjayatour.com

Kalau tempat wisata Dieng Wonosobo yang satu ini masih berada di kawasan gunung Prau, loh. Di Kawah Sikidang, kamu akan dibawa untuk menikmati pemandangan kawah vulaknik. Menariknya, wisata kawah ini masih aktif, dimana uap vulkaniknya dapat dirasakan di pagar pembatas dengan hawa panasnya, sehingga kamu akan merasakan hawa panasnya, sekalipun suhu di sana sangat sejuk.

Tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung, loh. Mereka datang dari berbagai kalangan, bahkan Kawah Sikidang ini kerap dikunjugi oleh pelancong luar Wonosobo, mereka penasaran dengan legenda kawah ini adan asal-usulnya, yang konon terbiling misterius. Sebelum kamu sampai ke tujuan, jangan lupa siapkan perbekalan, ya. Terutama sih masker, karena bau belerangnya sangat menyengat.

5. Candi Arjuna

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
pegipegi.com

Wisata Dieng Wonosobo juga memiliki banyak cani bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Salah satu yang terpopuler adalah Cani Arjuna. Candi ini masih aktif untuk tempat beribadah warga sekitar yang beragama Hindu. Terlebih, saat Hari Raya Galungan. Namun, untuk mengunjungi tempat ini, pastikan kamu dalam kedaan fit dan tidak letih, ya. Karena Candi Arjuna memiliki luas mencapai satu hektar.

6. Lubang Sewu

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
inibaru.id

Kalau kamu sedang mencari tempat travelling yang instagramable, Seruni rekomendasikan tempat wisata Dieng Wonosobo yang satu ini nih. Namanya Lubang Sewu, pemandangan yang dihiasi dengan bebatuan alami akan membuatmu terpesona. Tenang saja, pemandangannya tak kalah dengan Gran Canyon di negeri Paman Sam, Amerika Serikat, loh.

Jika ingin melihat bebatuan yang membentuk indah seperti di AS, tentunya ada waktu khusus untuk kamu mengunjunginya. Lebih baik datangnya saat musim kemarau, karena debit air akan berkurang. Sedangkan ketika di musim hujan, meskipun bebatuan padas tidak nampak, tapi pengunjung bisa mencari ikan yang mulai muncul di sekitaran.

7. Telaga Merdada

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
tempatwisataterindah.blogspot.com

Meski tak sepopuler Telaga Warna, wisata Dieng Wonosobo yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, yang sayang sekali kalau dilewatkan begitu saja. Ketika berlibur ke wisata Dieng di musim hujan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan telaga yang dipenuhi dengan air serta perkebunan milik warga. Imajinasi pedesaan masa kecil akan langsung terealisasikan saat berkunjung ke Telaga Merdada.

8. Batu Pandang Ratapan Angin

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
travel.kompas.com

Kalau kamu punya banyak waktu luang, dan belum juga puas menikmati keindahan wisata Dieng Wonosobo, Batu Pandang Ratapan Angin bisa menjadi obyek wisatamu selanjutnya. Berada di ketinggain 2010 mdpl, tempat ini memiliki bebatuan di bagian puncak bukit, dimana kamu bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian sembari menikmati embusan angin yang dikatakan mampu menghasilkan suara-suara gemrisik bak siulan.

9. Wisata Goa Semar

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
jejakpiknik.com

Dieng Wonosobo ternyata memiliki wisata rohani, loh. Kali ini berbentuk goa yang bernama Goa Semar. Kalau kamu memiliki keberanian yang cukup besar, rasanya harus banget untuk mengunjungi tempat ini. Jika dilihat, suasana Goa Semar ini memang terasa sunyi, seperti berada di bukit tengah hutan, di sana juga terdapat tempat bertapa para Raja di jaman dahulu.

Lantas, bagaimana asal-usul nama Goa Semar ini? Diketahui di tempat tersebut terdapat sebuah patung yang tidak terlal besar, dengan karakter pewayangan Semar. Jadilah tempat tersebut diberi nama Goa Semar. Menariknya, Goa tersebut dulunya sempat dikunjungi oleh mantan Presiden Indonesia yaitu Soeharto, dimana beliau juga pernah mencoba meditasi di sana. Buat kalian yang penasaran, dan menyukai suasana berbau mistis, alangkah baiknya untuk memasukkannya ke daftar tempat liburanmu berikutnya.

10. Petak 9 Dieng

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
zonadeing.com

Jika penasaran bagaimana pemandangan Telaga Warna saat dilihat dari kejauhan, kamu bisa mengunjungi tempat wisata Dieng Wonosobo yang satu ini, yaitu Petak 9 Dieng. Untuk masuk ke tempat yang dikenal dengan nama Bukit Sidengkeng ini, kamu hanya perlu membayarnya sebesar Rp5.000 aja per orangnya. Harga yang murah bukan untuk bisa menikmati pemandangan Telaga Warna dengan lebih indah?

11. Kawah Sileri

Tak kalah dengan Kawah Sikidang, wisata Dieng Wonosobo juga memiliki Kawah Sileri. Berlokasi di Desa Kepakisan, kamu dapat mampir melihat Kawah Sileri sembari berjalan menuju pemandian air hangat Bitingan untuk beristirahat. Meski terhitung lebih aktif dan sering meletus ketimbang Kawah Sikidang, destinasi wisata ini masih kondusif untuk dikunjungi. Untuk itu, jangan lupa untuk meluangkan waktu sebentar ke Kawah Sileri ini.

12. Air Terjun Sikarim

Salah satu pesona wisata yang ditawarkan oleh Dieng adalah keindahan air terjun atau curug yang bisa kamu temukan di kawasan ini. Salah satunya adalah Curug Sikarim. Obyek wisata yang berlokasi di Sembangun ini dikelilingi oleh perbukitan berselimut pepohonan rindang yang begitu asri. Ditambah aliran air yang jernih, menambah atmosfer menyegarkan dari tempat wisata ini.

13. Telaga Dringo

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
travel.kompas.com

Tempat wisata Dieng Wonosobo berikutnya ada Telaga Dringo. Tempat wisata yang satu ini tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga saat cocok untukmu yang tidak suka keramaian. Telaga ini bisa diakses setelah melalui Kawah Candradimuka. Lokasinya berada di jalur menuju Kabupaten Batang.

14. Air Terjun Sirawe

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
tandaseru.id

Selain air terjun Sikarim, masih ada pula air terjun Sirawe yang mengalir deras dari ketinggian sekitar 80 meter. Berbingkai tebing terjal dan hijaunya pepohonan menambah eksotisme yang ditawarkan oleh destinasi tempat wisata alam di Dieng satu ini. Tak hanya keindahan pemandangannya, hal unik yang ditawarkan oleh curug Sirawe adalah fenomena perpaduan aliran air dingin dan air panas yang terjadi secara alami di air terjun ini.

15. Curug Winong

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
indtrip.com

Destinasi air terjun yang berada di kawasan Dieng berikutnya adalah Curug Winong. Air di curug tersebut mengalir deras menyusui tebing dengan kemiringan sekitar 70 derajat dari ketinggian 70 mter. Obyek wisata yang berada di Desa Temanggung ini menjadi salah satu tujuan travelling terfavorit. Karena di tempat ini tidak hanya menyegarkan, tapi juga terdapat banyak spot foro yang sangat menarik.

16. Dieng Plateau Theater

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
pakettourdieng.info

Dieng Plateau Theater merupakan sebuah bangunan yang cukup megah. Bangunan tersebut berada di kawan Dieng dan menjadi salah satu obyek wisata eduksi yang menarik. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan pemutaran film dokumenter seputar Dieng Plateau. Puas bertualang menyusuri eksotisme alam di Dieng, Dieng Plateau Theater bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi selanjutnya.

17. Museum Kailasa

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
pakettourdieng.info

Bagi kamu yang inign mempelajari sejarah di dataran tinggi Dieng, selain mengunjungi candi-candi yang berada di dataran tinggi Dieng, kamu juga bisa mampir ke Museum Kailasa. Tujuan tempat wisata sejarah di Dieng ini menyimpan berbagai koleksi seperti artefak-artefak yang berasal dari candi-candi kuno yang ditemukan di kawasan dataran tinggi Dieng.

Seperti arca, kemuncak, lingga dan yoni, serta berbagai macam patung dan artefak bersejarah lainnya. Tak hanya itu, Museum ini juga menyimpan informasi sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng serta seni dan kebudayaan yang masih dilestarikan oleh masyarakat Dieng hingga saat ini.

18. Sumur Jatulanda

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
treverse.id

Untuk bisa menikmati keindahan dari Sumur Jatulanda, paling tidak ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Mulai dari fisik hingga stamina yang prima. Sebab, untuk sampai di sana, kamu harus mendaki 257 anak tangga. harus mempersiapkan fisik dan stamina yang prima untuk mendaki 257 anak tangga. Obyek wisata Dieng yang berada di Desa Pekasiran ini, terbentuk dari ceruk rekahan kawah yang digenangi air, Sumur Jatulandan memiliki diameter 90 meter dan kedalaman mencapai 200 meter. Menakjubkan, bukan?

19. Alun-alun Wonosobo

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
untajaffan.com

Kalau kamu tidak terlalu suka mendaki, kamu bisa melipir dari area Dieng. Kmau bisa berjalan-jalan menelusuri Alun-alun Wonosobo yang dianggap sebagai pusat kota terbaik di Jawa Tengah. Fasilitas yang ada di Alun-alun Wonosobo pun terbilang lengkap. Maka dari itu, tempat ini layak dijadikan pilihan untuk menjadi penutup liburan di Dieng.

20. D’qiano Water Park

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
ajakanak.com

Wisata Dieng Wonosbo berikutnya ada D’qiano Water Park. Tempat ini cocok banget untuk mengembalikan tubuh ke kondisi yang segar dan fit. Apalagi, kamu hanya perlu merogoh kocok sebear 25.000 ribu rupiah saja. Jika bingung mencari tempat untuk bernaung, D’qiano Water Park juga menawarkan fasilitas penginapan dengan kualitas mumpuni. Jadi, momen liburan bersama keluarga di Wisata Dieng akan terasa lebih memorable.

21. Telaga Cebong

21 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Indah dan Mengangumkan
ekspedia.com

Alternatif destinasi tempat wisata Dieng Wonosobo berikutnya adalah Telaga Cebong yang berada di Desa Sembungan yang berlokasi tak jauih dari Bukit Sikunir. Berada di ketinggian 2.300 meter diatas permukaan air laut, obyek wisata Dieng ini kerap dijuluki sebagai Telaga di Atas Awan. Keindahan alam di kawasan tempat wisata Dieng satu ini juga ditambah oleh perkebunan warga setempat disekitaran Telaga yang menambah kaya panorama alam yang ditawarkan oleh Telaga Cebong.

Tips Hemat Berwisata ke Dieng

Ketika berada di dataran tinggi seperti di tempat wisata Dieng Wonosobo, kamu disarankan untuk membawa pakaian hangat dan sepatu gunung agar nyaman dan aman. Bagi kalian yang berdomisili di Jakarta, kamu bisa menggunakan moda transportasi berupa bus ke Wonosobo dengan tarif yang berkisar mulai dari 85 ribu hingga 200 ribu rupiah. Selain itu, jangan lupa cari paket wisata Dieng Wonosobo yang murah, ya.

Untuk menekan bugdet travelling, manfaatkan promosi penginapan di situs perjalanan dan mencari yang sesuai isi dompet. Dengan begitu, impian berlibur murah di wisata Dieng Wonosobo bisa kamu dapatkan tanpa perlu taku mengacaukan kondisi keuanganmu.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Terkenal Horor di Pulau Jawa, Berani Coba?

Dengan banyaknya pilihan tempat wisata di Dieng, tak heran rasanya jika dataran tinggi Dieng menjadi salah satu tujuan travelling favorit! Sudahkah kamu berkesempatan menjelajahi keindahan alam dataran tinggi Dieng? Lalu, tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalananmu ke Dieng untuk isi hari liburmu selanjutnya. Semoga liburanmu menyanangkan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.