4 Barang di Rumah yang Bisa Picu Kerusakan Paru-paru

paru-paru

Seruni.id – Berbagai benda yang ada di rumah biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan mempercantik tiap sudutnya atau memberi dekorasi yang menarik. Namun ternyata, tidak semua barang ternyata aman untuk kesehatan lho, khususnya organ paru-paru.

Sepertinya tanpa disadari, beberapa furnitur yang biasanya kita temukan di rumah bisa memicu bahaya pada kesehatan paru.

Berikut ini adalah beberapa barang yang bisa merusak kesehatan paru-paru yang dikutip dari dari laman Reader’s Digest:

1. Pemutih

Sudah merupakan rahasia umum, pemutih mengandung bahan desinfektan. Kandungan disinfektan yang terlalu besar seperti bleach (pemutih), klorin, dan ammonia dapat menjadi sumber kerusakan pada paru-paru kita seperti pada pengidap asma atau penyakit paru-paru obstruktrif kronis dan juga memicu asma pada mereka yang bukan pengidap asma sebelumnya.

paru-paru
Ilustrasi produk pemutih

Untuk lebih amannya, pada beberapa hal, Anda bisa mengganti pemutih dengan produk lebih sederhana seperti sabun yang lebih ramah dan air.

Baca juga: Ternyata Inilah Manfaat Menikah dari Segi Kesehatan

2. Karpet

Seperti yang diketahui, karpet merupakan benda yang ada di hampir semua rumah. Karpet ternyata menyerap lebih banyak debu dibandingkan lantai biasa.

Nah, menurut sebuah studi menemukan bahwa rumah yang memiliki banyak debu dapat memicu lebih banyak kasus asma dan sesak nafas. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil, sebaiknya tidak bermain di atas karpet karena debunya dapat merusak paru-paru.

3. Westafel

KIta sangat memahami bahwa debu yang tumbuh di sekitar rumah dapat memberi gejala alergi dan asma.

Debu biasanya sangat suka mengendap di beberapa sudut lembap seperti bawah westafel, sekitar jendela toilet dan dinding, serta karpet. Oleh karena itu, coba untuk rajin membersihkan area yang lembap dan mulai menjaganya dari tempelan debu.

4. Cat

Cat memang dapat mempercantik rumah kita. Dengan cat juga bisa membuat rumah kita lebih berwarna, indah.

Jika Anda sedang mengecat kembali rumah, pastikan banyak udara yang masuk untuk bersirkulasi ya. Sebab, cat memiliki kandungan kimia berbahaya bernama formaldehid yang bersifat karsinogenik.

Bahan pembersih rumah tangga, juga bisa berisiko bagi manusia dengan penyakit paru-paru seperti asma dan penyakit paru. Maka, berhati-hatilah. Pilih bahan yang aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.