5 Buah Pengendali Kolesterol

Seruni.id – Saat menikmati libur panjang, apalagi libur lebaran ini memang menu makanan banyak yang menggoda. Apalagi setelah satu bulan berpuasa, rasanya makanan dan kue yang disajikan begitu lezat. Kalau sudah seperti ini, rasanya lupa dengan kolesterol.

Tambahan, pesta Hari Kemenangan umat Islam, lebaran, ini biasanya dilengkapi dengan berbagai makanan lezat dengan lemak tinggi dan kuah bersantan yang merupakan sumber dari kolesterol.

Walaupun hidangan lebaran hanya setahun sekali, tetap harus waspada dan menjaga kesehatan lho ya. Kalau tidak dijaga, sangat memungkinkan kadar kolesterol dalam tubuh tak terkendali dan penyakit menghinggapi kamu. Duh, tidak mau kan jika setelah merayakan hari kemenangan lantas sakit karena kolesterol yang tidak terkendali.

Penting diingat, kolesterol bisa menyebabkan plak pada dinding arteri kamu dan bisa saja menyumbat peredaran darah. Sehingga, penyakit stroke pun bisa mengintai kamu kapan saja.

Namun, tenang saja ya. Tidak perlu kuatir, kamu bisa tetap menjaga pola makan seimbang. Agar kolesterol kamu aman, kamu sangat bisa mengkompensasi makanan berlemak yang kamu makan di hari raya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Nah, berikut ini lima buah yang eajib kamu makan usai berpesta dengan makanan berkolesterol tinggi.

Baca juga: Ternyata Jus Buah Tidak Menyehatkan untuk Anak, loh!

1. Pepaya

Buah ini mudah didapatkan kok, murah lagi. Buah yang akaya akan serat ini bisa membantu kamu mengontrol tekanan darah dan mengendalikan tingkat kolesterol. Tambahan, serat yang terkandung dalam pepaya juga bisa memperlancar pencernaan, jadi kamu tidak perlu takut sembelit.

2. Tomat

Tomat juga merupakan buah yang mudah didapatkan. Buah ini mengandung berbagai vitamin yakni vitamin A, B, K, dan C. Tomat punya manfaat baik bagi kesehatan mata, kulit, dan jantung. Tomat mengandung potasium yang bisa menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke.

3. Jeruk

Wah, jeruk ternyata bisa menurunkan kolesterol. Citrus yang ada pada jeruk, mengandung hesperidin, zat yang bisa mengurangi gejala hipertensi. Selain itu, kandungan serat pektin dan limonoid di dalamnya bisa mencegah pembekuan arteri dan dapat mengompensasi makanan berkolesterol kamu.

4. Alpukat

Alpukat diketahui merupakan buah yang sangat direkomendasikan bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Alpukat juga bisa menjadi sumber antioksidan seperti vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh. Oleh karena itu, alpukat bisa menjaga jantung kamu tetap sehat dan mengurangi risiko stroke.

5. Apel

Makanan berkolesterol juga dapat dikendalikan dengan apel. Apel yang mengandung serat pektin dan antioksidan polyphenol bisa menurunkan kolesterol dan memperlambat oksidasi. Selain itu, polyphenol juga bisa mencegah radikal bebas merusak pembuluh darah.

Jadi, jangan kuatir lagi ya. Beli saja buah-buahan di atas untuk membantu kamu menjaga kesehatan setelah makan makanan berkolesterol. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.