5 Cara Merawat Tas Rotan Agar Lebih Awet

5 Cara Merawat Tas Rotan Agar Lebih Awet
mypawcraft.com

Seruni.id – Tas rotan merupakan salah satu benda dengan model yang sangat klasik dengan harga yang afforfable. Tidak hanya kalangan ibu-ibu saja, tas rotan kini menjadi fashion item wajib untuk tampilan playful remaja di musim panas.

5 Cara Merawat Tas Rotan Agar Lebih Awet
fimela.com

Karena tas rotan terbuat dari bahan alami, apakah kamu masih bingung bagaimana cara yang tepat untuk merawatnya? Kalau iya, berikut ini Seruni akan memberikan beberapa cara merawat tas dengan tepat agar lebih tahan lama.

1. Hindari Membawa Barang yang Terlalu Berat

Karena tas rotan terbuat dari bahan natural yang ringkih, sebaiknya hindarilah membawa benda yang terlalu berat. Agar lebih tahan lama, tas rotan cukup kamu gunakan untuk membawa barang yang penting dan seperlunya saja, seperti dompet, handphone, atau kunci.

2. Bersihkan Sela-sela Rotan Secara Rutin

Di dalam tas rotan, biasanya terdapat sela-sela kecil yang memungkinkan debu, kotoran, atau noda menempel di sana. Nah, tempat ini memang sulit untuk dibersihkan. Namun, kamu bisa memanfaatkan alat penyedot debu berukuran mini untuk membersihkannya. Jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan hairdryer dengan angin sedang atau bersihkan dengan kuas cat secara rutin setelah dikenakan dan sebelum disimpan. Debu yang menempel pada sela-sela dapat mempengaruhi kualitas bahan menjadi lebih cepat rusak atau timbul jamur.

3. Jemur Secara Berkala

Bukan hanya tas kulit saja yang perlu dijemur secara rutin, tas jenis ini juga perlu kamu jemur, loh. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kualitasnya. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan saat menjemurnya nih. Yakni hindarilah menjemur tas langsung di bawah sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahar langsung dapat mempengaruhi warna tas. Warna asli tas rotan pun cepat memudar dan mengurangi ketahanan kualitas tas.

4. Hindari dari Berbagai Cairan

Selain beberapa hal di atas, kamu juga perlu menghindari dari berbagai jenis cairan, ya. Alasannya karena tas jenis ini terbuat dari bahan natural, sehingga ketika terkena cairan seperti air hujan atau air minum sangat rentan rusak dan detail anyamannya mudah lepas.

5. Simpan di Tempat yang Tepat

Penyimpanan tas yang benar sangat berpengaruh besar untuk menjaga kualitas model dan tekstur tas. Sebaiknya, simpanlah tas di kotak khusus atau lindungi dengan pembungkus kain. Sebelumya isi tas dengan kertas bekas agar bentuk tas tetap sempurna dan tidak rusak saat ditumpuk. Walaupun tidak dikenakan, sebaiknya bershikan dan keluarkan tas rotan secara berkala. Hal ini dilakukan agar terhindar dari jamur dan tidak mudah lembab. Hindari menyimpannya di lemari tertutup.

Baca Juga: Ingin Tas Kulit Tetap Awet? Begini Cara Merawatnya

Rawat milikmu dengan deretan tips di atas agar bisa dikenakan untuk waktu yang berkepanjangan! Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.