5 Kerutan di Wajah Isyaratkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

5 Kerutan di Wajah Isyaratkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu
google.com

Seruni.id – Kulit wajah yang kendur dan berkeriput bisa menjadi hal yang menjengkelkan bagi wanita. Kerutan di wajah menjadi tanda bahwa seseorang sudah memasuki usia lanjut. Namun, penyebab wajah kendur dan berkeriput bukan sekedar tanda penuaan. Berdasarkan penelitian, kerutan di wajah isyaratkan kondisi kesehatan tubuh seseorang.

Terlebih, jika kulit wajah kendur itu muncul di usia yang belum terlalu tua. Nah, bagi kalian yang sudah mengalami hal ini meski usia masih muda, di bagian mana sajakah yang paling jelas terlihat pada wajahmu? Berikut jawaban yang akan mengungkap kondisi kesehatan yang pelu kamu waspadai!

1. Kerutan di Dahi

google.com

Terdapat kerutan di dahimu? Hal ini menandakan bahwa kamu adalah orang yang mudah stres dan khawatir yang berlebihan. Tapi tak hanya itu, kerutan di dahi juga menjadi tanpa kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi gula dan kurang minum air putih. Jika kerutan di dahi semakin banyak, maka inilah saatnya kamu untuk menjaga setiap asupan yang masuk ke dalam tubuhmu, dengan cara mengurangi gula dan melakukan aktivitas yang bisa membuat relaks.

2. Smile Lines

google.com

Ketika kita tersenyum, area yang berada di ujung mulut dan cuping sudah pasti akan ikut berkerut dan membentuk garis, atau sering disebut dengan smile lines. Namun, jika smile lines muncul tiba-tiba, padahal kamu tidak tersenyum, kemungkinan ada masalah pada usus besar. Apabila munculnya smile lines serta diikuti dengan perut yang ering sembelit atau susah buang air besar, maka bisa jadi kamu kurang mengonsumsi serat dan minum air putih. Untuk memperlancar BAB, kamu bsia mengonsumsi buah dan sayuran, serta menambah asupan makanan yang kaya akan vitamin D dan jangan lupa sempatkan diri untuk berolahraga, ya.

3. Pangkal Tulang Hidung

google.com

Kerutan di wajah yang berada di area pangkal tulang hidung mengisyaratkan kalau kamu memiliki alergi. Tapi, bisa juga karena kamu terlalu khawatir dan banyak berpikir. Nah, kerutan pada bagian ini pun menandakan rendahnya libido. Mungkin saat ini, kamu dan pasangan memiliki dorongan seksual cenderung rendah sehingga jarang bercinta.

4. Bawah Mata

google.com

Kerutan di bawah mata memang sering terjadi, apalagi bagi seseorang dengan jam tidur yang sedikit. Kendati sudah tidur dengan waktu yang cukup, namun kerutan masih saja muncul, bisa jadi kerutan tersebut menandakan adanya masalah pada ginjal dan sirkulasi darah yang kurang lancar, loh. Mungkin kamu juga kurang olahraga dan minum air putih. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti kelas yoga atau latihan ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

5. Ujung Luar Mata

google.com

Sebagian orang memiliki cekungan dalam pada matanya, sehingga ketika mereka tertawa akan terbentuk kerutan di ujung luar mata atau bisa disebuat dengan crow’s feet. Tetapi, jika matamu tidak cekung dan tetap terbentuk kerutan yang jelas di area tersebut, bisa jadi ada masalah pada organ dalam-mu. Dikutip dari Brightside, kerutan pada bagian ujung luar mata terhubung dengan organ dalam seperti liver, ginjal dan perut. Jika di wajahmu terdapat kerutan seperti itu dan semkain dalam, pertimbangkan untuk melakukan diet yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi liver dan ginjal seperti air perasan leon, beetroot, dan memperbanyak minum air putih.

Baca Juga: Perawatan Wajah Menjelang Usia 30 Agar Wajah Tidak Cepat Keriput

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Bahan Alami

Setelah membahas beberapa masalah kesehatan yang ditandai dengan adanya kerutan di wajah, kamu bisa kok meng hilangkan kerutan tersebut dengan mudah dan pastinya menggunakan bahan-bahan yang alami. Apa saja ramuan kulit keriput?

1. Air Putih

Kita tentu sudah tahu kan, kalau air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh? Nah, salah satu cara termudah menjaga kulit bebas kerutan adalah dengan banyak minum air putih. Usahakan untuk minum dua liter air setiap hari untuk menjaga kulit agar tetap sehat tanpa kerutan.

2. Pisang

Buah yang menjadi favorit ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat melawan penyebab keriput. Untuk mengaplikasikannya, kamu harus menghancurkan dua buah pisang terlebih dahulu hingga terbentuk seperti pasta, lalu bisa langsung dioleskan ke bagian wajah yang berkerut. Lalu diamkan kurang lebh selama setengah jam kemudian dibilas hingga bersih.

3. Putih Telur

Meski memiliki bau yang sangat amis, namun nyatanya putih telur bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, salah satunya untuk mengurangi keriput pada wajah. Sebab, terdapat protein, vitamin B dan E yang akan menyembuhkan garis-garis halus secara alami. Aplikaiskan putih telur secara langsung ke kulit yang keriput, lalu pijat dengan ringan dan biarkan selama 15 manit. Kemudian bisa langsung dibersihkan dengan air hangat.

4. Lemon

Selain kaya akan vitamin C, lemon juga mampu menghilangkan kerutan di wajah. Cara menggunakannya yaitu dengan mengiris sedikit lemon lalu diperas airnya, kemudian oleskan ke garis halus serta kerutan di wajah sambil dipijat halus. Kandungan sifat asam di dalam lemon akan membantu kulit terlihat lebih cerah.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat alami dan efektif untuk kerutan. Kamu cukup memijat wajah dengan beberapa tetes minyak sebelum tidur, dan diamkan semalaman. Bilas pada keesokan harinya dan lihat hasilnya kulit akan lebih kenyal dan sehat.

6. Aloe Vera

Aloe vera kaya akan asam malat yang bisa meningkatkan elastisitas kulit. Cara melakukannya cukup dengan mengambil gel pada lidah buaya dan oleskan sambil dipijat halus. Dan diamkan hingga mengering kemudian bilas dengan air.

7. Nanas

Buah yang satu tidak hanya enak dimakan, namun juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, terutama dalam menghilangkan kerutan di wajah. Nanas memiliki enzim yang memberikan banyak manfaat. Enzim ini dapat meningkatkan elastisitas kulit, kelembapan dan juga menghilangkan kulit mati. Selian itu, nanas pun tinggi akan serat antioksidan. Kamu bisa menggosok daging nanas pada kulit yang berkeriput secara langsung dan biarkan selama 20 menit. Setelah kering, cuci dengan air dingin.

8. Wortel

Kandungan vitamin A dalam wortel mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga menjaga kulit halus dan bekas kerut. Caranya mudah sekali, pertama-tama kamu harus merebus beberapa wortel hingga lunak dan campurkan dengan sedikit madu. Oleskan pasta tadi pada bagian wajah yang berkerut. Biarkan pasta meresap ke kulit selama 30 menit, lalu dibilas.

Melakukan perawatan kecantikan tak melulu menguras kantong. Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah dengan tepat bisa kamu lakukan. Aplikasikan salah satu bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas, dan ucapkan selamat tinggal pada kerutan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.