5 Kesalahan yang Membuat Usaha Pencegahan Covid-19 Jadi Sia-sia

5 Kesalahan yang Membuat Usaha Pencegahan Covid-19 Jadi Sia-sia

Seruni.id – Hingga kini, pandemi masih terus terjadi. Tak ada yang bisa memprediksi kapan akan berakhirnya. Untuk menghindarinya kita bisa melakukan segala usaha pencegahan Covid-19. Mulai dari mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dengan orang lain.

5 Kesalahan yang Membuat Usaha Pencegahan Covid-19 Jadi Sia-sia

Namun, ada beberapa hal yang sering tak kita sadari, yang membuat usaha pencegahan Covid-19 menjadi sia-sia. Agar kita bisa lebih peduli dengan diri sendiri dan orang lain, berikut ini lima kesahan yang membuat usaha pencegahan Covid-19 menjadi sia-sia:

1. Merasa Aman di Dalam Rumah

Sebagian dari kita mungkin akan merasa aman dari virus Coroan jika berdiam diri di rumah, tidak bertemu dengan orang di luar rumah, dan lainnya. Namun, pada kenyataannya, meskipun hanya berdiam diri di rumah, tidak lantas membuat kita bebas dari virus tersebut, loh.

Apalagi, jika salah satu anggota keluarga masih ada yang beraktivitas di luar rumah. Maka orang yang berada di dalam rumah tetap bisa berpotensi tertular Covid-19. Oleh karenanya, kamu harus tetap waspada agar usaha mencegah Covid-19 tidak sia-sia. Caranya yakni dengan menjaga jarak, terutama pada orang-orang yang beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk terus mematuhi protokol kesehatan lainnya.

2. Berkumpul di Rumah

Demi menghindari tertularnya Covid-19, banyak orang yang memilih untuk menarik diri dari lingkungan sosial dengan tetap di rumah saja. Hal ini memang baik, sebagai salah satu usaha mencegah Covid-19. Tapi ada kesalahan fatal yang kerap dilakukan oleh banyak orang, yakni mengadakan kegiatan kumpul-kumpul di rumah. Bukan mencegah, hal ini justru akan mendatangkan virus lebih banyak.

Terlebih, kita tidak tahu, apakah teman dan kerabat yang kita undang terbebas dari virus atau tidak. Meski suhu tubuh normal dan tidak menunjukkan gejala apa pun, tidak menjamin seseorang negatif Covid-19. Karena pada faktanya, banyak orang yang positif tanpa gejala. Untuk itu, sebaiknya tetap menghindari berbagai kegiatan kumpul-kumpul meski dilakukan di rumah.

3. Merasa Yakin Bahwa Keluarga dan Teman Aman dari Covid-19

Virus Corona adalah musuh yang tak terlihat. Keberadaannya bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu dan usia. Termasuk keluarga dekat dan juga teman-teman kita. Jadi, tetaplah waspada dan taati protokol kesehatan yang ada, sekalipun dalam lingkup sosial terdekatmu. Yaitu dengan anggota keluarga dan juga teman-teman dekat. Karena kita tidak akan pernah tahu, mana orang yang sedang terinfeksi ataupun tidak. Dan bagaimana rutinitas dan lingkup gerak mereka, yang bisa jadi rentan penularan Covid-19.

4. Bepergian ke Mall dan Restoran Sepi

Sejak mewabahnya virus Corona, kita terpaksa harus berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan. Tentu saja hal ini menimbulkan kejenuhan, sehingga kita membutuhkan angin segar. Sebagian orang ada yang tak tahan dengan hal ini, dan memutuskan untuk pergi ke mall sekadar untuk mencuci mata. Atau ada pula yang memilih pergi ke restoran sepi untuk memenuhi dahaganya.

Padahal, berdasarkan penelitian, virus Corona tidak hanya menyebar saat ada kerumunan saja, melainkan juga bisa bertahan selama berjam-jam di permukaan benda. Untuk itu, bepergian ke mall atau restoran yang sepi tidak 100% aman, loh. Keputusan tersebut hanya akan membuat usaha pencegahan Covid-19 menjadi sia-sia. Jadi, sebaiknya tetaplah cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir, gunakan makser, dan menjaga jarak aman dari orang lain. Alangkah lebih baiknya untuk memilih menu pesan antar saat ingin makan makanan dari restoran favoritmu.

5. Melakukan Tes Setelah Kumpul dengan Pasien Positif

Melakukan tes setelah kumpul dengan orang yang ternyata positif Covid-19 memanglah penting. Tapi, kamu harus ingat, virus Corona memiliki waktu tertentu untuk menginfeksi tubuh. Jadi, agar usaha mencegah Covid-19 tidak sia-sia, lakukanlah tes secara berkala. Selain itu, kamu juga perlu melakukan isolasi diri dan menghindari kontak dengan orang sekitar. Sebab bukan tidak mungkin, jika kamu terinfeksi berpotensi untuk menularkan ke orang lain.

Baca Juga: 5 Studi Terbaru Terkait Virus Corona

Jadi, itulah lima kesahalan umum yang kerap dilakukan orang-orang saat menerapkan usaha mencegah Covid-19. Untuk itu, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokolnya, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.