5 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Ketika Memakai Masker

  • Bagikan
5 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Ketika Memakai Masker
dream.co.id

Seruni.id – Memakai masker di tengah ancaman pandemi Corona, sudah seharusnya dilakukan setiap orang. Terutama sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Penggunaan masker, sebaiknya dilakukan dengan benar. Sebab, jika tidak, maka besar kemungkinan akan munculnya jerawat di area wajah.

5 Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Ketika Memakai Masker
ayobandung.com

Tentunya gak mau kan wajah menjadi jerawatan karena memakai masker dengan cara yang salah? Maka dari itu, yuk simak di bawah ini beberapa tips cerdas mencegah timbulnya jerawat saat pakai masker.

1. Jangan Menggunakan Makeup yang Tebal

Ketika memakai masker, sebaiknya hindari memakai makeup terlalu tebal. Karena ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajahmu. Akan jauh lebih baik jika wajahmu hanya dipoleskan skincare saja selama menggunakan masker.

2. Mencuci Wajah Sebelum dan Sesudah Menggunakan Masker

Selain mencuci tangan, mencuci wajah juga penting loh dilakukan ketika sebelum dan sesudah menggunakan masker. Kamu bisa menggunakan foaming cleanser yang dapat mengangkat minyak ebrlebihan pada kulit secara efektif sekaligus menghidrasi kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, maka bisa mengandalkan sabun pencuci wajah dengan kandungan salicylic acid di dalamnya. Namun, jika kulitmu cenderung kering, maka penggunaan sabun pencuci wajah dengan formula lembut bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Ganti Masker Sesering Mungkin

Untuk mencegah timbulnya jerawat, alangkah lebih baik untuk mengganti masker sesering mungkin. Maka dari itu, kamu disarankan untuk menggunakan masker kain. Karena masker kain masih bisa kamu cuci setelah kamu gunakan. Meskipun memang tak bisa sepenuhnya melindungi diri dari infeksi virus, namun setidaknya masker bisa membantu menyaring udara yang kita hirup dan masuk ke dalam tubuh.

4. Pilih Bahan Masker dengan Bahan Katun

Mengapa harus masker berbahan katun? Sebab, bahan katun memiliki rongga kain yang breathable dan aman bagi kulit. Oleh sebab itu, bahan katun menjadi material yang disarankan karena kainnya tidak membuat kulit iritasi. Tapi jangan pula asal memilih ukuran masker, ya. Pastikan masker yang kamu miliki ukurannya sesuai sehingga kain tidak menyebabkan gesekan yang signifikan yang dapat memicu kulit menjadi iritasi.

5. Lakukan Scrub dengan Rutin

Terakhir, lakukan scrub wajah secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati. Cara ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Kamu bisa melakukan sendiri di rumah dengan produk-produk yang beredar di pasaran. Tentunya, harus memilih produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Masker Kain di Rumah

Selain mencegah timbulnya jerawat, kamu juga jangan lupa untuk menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id