6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok

6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
cantik.tempo.co

Seruni.id – Sama halnya seperti rambut, bulu mata juga ebrpotensi mengalami kerontokan. Namun, jangan dulu panik jika jumlah bulu mata yang rontok lebih banyak dari biasanya. Beberapa penyababnya mungkin dikarenakan hal yang sepele hingga ada yang membutuhkan perhatian medis khusus. Untuk bisa mengatasinya, kamu perlu mengetahui lebih dulu apa penyebabnya sebelum melakukan tindakan tertentu. Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya menggunakan bahan-bahan alami.

Penyebab Bulu Mata Rontok dan Menipis

1. Penggunaan Maskara
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
popbela.com

Agar bulu mata terlihat lebih lentik dan indah, biasanya kita akan menggunakan maskara. Namun, penggunaan maskara ini bisa menjadi salah satu pemicu rontoknya bulu mata, loh. Apalagi, jika kamu hobi pakai maskara waterproof. Sebab, maskara dengan jenis tersebut mengandung kimia yang menyebabkan bulu mata menjadi lebih kaku dan membutuhkan tenaga lebih ketika hendak menghiilangkannya. Hal ini berisiko membuat bulu mata lebih rentan mengalami kerontokan. Selain itu, dalam beberapa kasus, tak sedikit orang yang alergi dengan produk maskara tertentu. Hal ini yang kemudian membuat bulu mata rontok dan akhirnya menipis.

2. Menggunakan Penjepit Bulu Mata
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
wolipop.detik.com

Biasanya sebelum pun sesudah menggunakan maskara, kebanyakan wanita akan menjepit bulu matanya dengan alat khusus. Tujuannya untuk memperindah tampilan akhir pada riasan matanya. Namun sayangnya, tanpa disadari, penggunaan penjepit bulu mata ini justru membuat bulu matamu menjadi mudah rontok. Apalagi ketika digunakan sewaktu memakai maskara. Bulu mata menjadi lebih lengket, dan menimbulkan kerontokan.

3. Kebiasaan Mengucek Mata
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
suara.com

Tak hanya dikarenakan penggunaan produk kecantikan saja, kebiasaan mengucek mata juga membuat bulu mata berjatuhkan satu per satu. Jika tidak ingin bulu mata semakin menipis, maka usahakan untuk tidak mengusap bagian mata terlalu keras. Sebab, hal ini tidak hanya membuat bulu mata rontok saja, tapi juga tidak baik untuk kesehatan mata. Karena kita tidak tahu, apakah tangan yang digunakan untuk mengucek mata bersih atau tidak, bisa saja tangan kita dipenuhi dengan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan mata terinfeksi.

4. Radang pada Bagian Kelopak Mata
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
aladokter.com

Bleferitis atau lebih dikenal dengan radang yang terjadi pada kelopaka mata terjadi akibat infeksi kuman, cedera, atau reaksi alergi. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari hal ini adalah rontoknya bulu mata. Jika hal ini disertai dengan rasa sakit di area mata, maka sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter.

5. Sedang Menjalani Kemoterapi
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
google.com

Jangan kaget jika saat kamu menjalani kemoterapi, semua bulu dan rambut rontok. Termauk bulu mata. Meski efek samping ini tergantung dari jenis dosis obatnya, namun umumnya kemoterapi dapat membuat beberapa helai bulu mata rontok. Tapi jangan khawatir, setelah pengobatan selesai, bulu matamu akan kembali tumbuh normal seperti sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Meskipun bulu mata rontok, namun kamu tetap bisa membuat pertumbuhannya lebih cepat. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bulu mata rontok dan menipis.

1. Lidah Buaya
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
liputan6.com

Lidah buaya dikenal dengan beragam manfaatnya, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Seperti yang kita ketahui, tumbuhan ini kerap digunakan para wanita untuk memperindah rambutnya. Namun ternyata, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi bulu mata yang rontok. Cara mengatasi bulu mata rontok dengan lidah buaya adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya langsung pada bulu mata menggunakan cotton bud.

2. Teh Hijau

6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok

Selanjutnya cara efektif untuk mengatasi bulu mata yang rontok bisa dengan memanfaatkan teh hijau. Sebab, teh hijau dapat merangsang pertumbuhan bulu mata sehingga mengurangi kerontokan.

Untuk menggunakannya, pertama-tama siapkan teh hijau kental dan dinginkan. Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada bulu mata. Tunggu selama 15-20 menit dan bersihkan dengan air dingin. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan secara rutin.

3. Minyak Zaitun
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
brilio.net

Minyak zaitun tidak hanya baik untuk kulit, namun juga dipercaya ampuh dalam mengatasi bulu mata yang rontok, sehingga bulu mata bisa lebih kuat dan tebal. Cara menggunakannya, sama seperti penggunaan gel lidah buaya, kamu hanya perlu kapas ataupun cutton bud.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
halodoc.com

Kerontokan bulu mata bisa diakibatkan karena kurangnya asupan vitamin dan mineral. Maka dari itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, antioksidan serta mineral.

5. Santan Kelapa
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
suaraaktual.co

Selain dijadikan bahan makanan, ternyata santan kelapa dengan rasa gurih ini, juga bisa membantu mengatasi kerontokan bulu mata. Kandungan lemak baik dan protein yang ada dalam santan kelapa bisa membantu merawat kesehatan bulu mata.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan santan kelapa menggunakan kapas atau cuttom bud ke area bulu mata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

6. Telur
6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok
gaya.tempo.co

Meski memiliki aroma yang amis, namun telur sangat ampuh mengatasi bulu mata yang rontok. Karena kandungan di dalamnya seperti protein, biotin, dan vitamin B3 sangat baik untuk menjaga kesuburan dan kekuatan bulu mata.

Terdapat perbedaan pendapat antara penggunaan putih telur atau kuning telur yang lebih baik untuk bulu mata rontok. Sebenarnya tidak ada masalah jika kamu ingin menggunakan keduanya.

Cara menggunakan telur untuk bulu mata rontok adalah dengan mengocok telur, kemudian mengaplikasikan telur menggunakan kapas ke bulu mata. Diamkan kurang lebih 20 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Cara Menghindari Bulu Mata Rontok Kembali

Setelah mengatasi bulu mata rontok dengan beberapa cara alami di atas, kamu juga harus mengubah beberapa kebiasaan agar bulu mata tidak rontok kembali. Ini dia tipsnya:

  • Bersihkan make up mata secara maksimal sebelum tidur. Karena jika tidak membersihkan make up bisa memicu iritasi pada mata dan juga bulu mata rontok.
  • Hindari produk make up mata waterproof agar kamu tidak perlu menggosok terlalu keras ketika membersihkannya.
  • Hentikan kebiasaan mengucek mata terlalu keras.
  • Konsumsi makanan sehat yang dapat menstimulasi pertumbuhan bulu mata.

Cara mengatasi bulu mata rontok di atas tidak hanya akan membuat bulu matamy lebih kuat tetapi juga menstumulasi agar bulu mata tumbuh lebih cepat dan panjang. Cara-cara di atas juga bisa kamu aplikasikan pada alis jika kamu menginginkan alis lebih tebal.

Baca Juga: 10 Cara Melentikan Bulu Mata dengan Bahan-bahan Alami

Jika cara alami tidak berhasil mengembalikan bulu mata rontok dan kerontokan justru semakin parah, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Penyebab alis rontok juga bisa disebabkan adanya kelainan dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.