6 Cara Menghadapi Teman yang Suka Berbohong

  • Bagikan
6 Cara Menghadapi Teman yang Suka Berbohong

Seruni.id – Bagaimana cara menghadapi teman yang suka berbohong? Temukan jawabannya pada artikel ini, yuk!

6 Cara Menghadapi Teman yang Suka Berbohong

Rasa kepercayaan adalah kunci dari sebuah hubungan, baik dalam hubungan suami istri, maupun pertemanan. Ketika rasa kepercayaan yang kamu berikan justru disalah artikan, akan membuat kepercayaan itu menjadi sebuah kebohongan. Sesekali memang wajar, tapi jika sudah berulang pasti akan membuatmu kesal sendiri, kan?. Lambat laun hal ini bisa menjadi toxic yang membuat hidupmu penuh drama. Lantas, apa sih yang harus dilakukan untuk menghadapi teman yang suka berbohong? Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Koreksi Setiap Perkataannya

Cara menghadapi orang pembohong yang pertama, yakni koreksilah setiap perkataannya. Jika perlu, tambahkan argumen dan bukti kalau apa yang mereka katakan tidak benar. Mengoreksi setiap perkataannya merupakan salah satu cara membuat orang jera berbohong. Sehingga mereka pun akan kehabisan kata-kata dan tiak berani berbohong kembali.

2. Hati-hati, Jangan Mudah Terpengaruh

Saat kebohongan menyelimuti pertemananmu, ada baiknya kamu harus lebih berhati-hati terhadap situasi yang terjadi. Kamu tak perlu menjauhinya secara langsung, dengarkanlah dan cek kembali fakta yang sesungguhnya. Selain itu, kamu juga harus lebih berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu hal kepadanya. Kurangilah memberi informasi yang sifatnya personal kepada teman yang merusak kepercayaanmu.

3. Mencari Topik Pembicaraan Lain

Cara menghadapi teman yang suka berbohong berikutnya, jangan mau meneruskan pembicaraan yang pada dasarnya tidak benar. Daripada hanya membuang-buang waktu dan energi, bukankah lebih baik mencari topik pembicaraan lain yang lebih bermanfaat? Misalnya membicarakan rencana weekend atau topik seputar kecantikan. Dengan begitu, tidak ada ruang untuk temanmu berbohong.

4. Tetap Sabar dan Pengertian

Bagi beberapa orang, mungkin ada yang merasa tidak enak untuk menegur teman yang berbohong. Biasanya hal ini karena mereka takut menyakiti hatinya. Agar dapat menghadapi mereka yang suka berbohong, sebaiknya tingkatkanlah rasa sabar dan pengertianmu. Dengarkan saja apa yang mereka katakan tanpa memberi komentar sedikitpun.

5. Tanyakan Apa Alasannya Berbohong

Cara menghadapi teman yang suka berbohong selanjutnya, kamu bisa menanyakan apa alasan ia berbohong. Itu adalah hal yang baik, yang menandakan bahwa kamu peduli denganya. Tak ada salahnya kalau kamu ingin menyampaikan apa yang kamu rasakan ketika ia membohongimu. Sampaikan rasa sedih yang kamu rasakan dan buatlah sebuah pertemanan ini berdasarkan kejujuran. Namun, jika hal ini kembali terjadi di kemudian hari, kamu bisa memutuskan apakah masih lanjut berteman atau tidak.

6. Menjauh Jika Sudah Keterlaluan

Kalau temanmu melakukan kebohongan secara berulang, bahkan sudah keterlaluan, sebaiknya menjauhlah darinya secara perlahan. Dengan begitu, hidupmu akan jauh lebih berkualitas dan bahagia. Sebab, energi dan waktu yang biasa kamu gunakan untuk mendengar omongannya, bisa kamu gunakan untuk hal-hal yang lebih penting, bukan?

Baca Juga: 11 Cara Mengetahui Seseorang Sedang Berkata Jujur atau Tidak Menurut Psikolog

Di dalam kehidupan, kita pasti akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki sifat dan karakter beragam. Beberapa akan menjadi sahabat yang selalu mendukung dan jujur padamu, ada yang hanya sekadar mencari perhatian, dan apa pula yang menjadi teman untuk menghncurkan kehidupanmu. Namun, semua itu kembali ke kendalimu, apakah masih ingin diteruskan atau tidak?

  • Bagikan
seruni.id