6 Destinasi Wisata di Raja Ampat yang Jadi Surganya Indonesia

hipwee.com

Seruni.id – Pikiranmu suntuk dan butuh liburan dengan suasana alam yang segar dan indah? Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Sebab, di timur Indonesia, ada destinasi wisata yang keindahannya sudah mendunia. Ya, wisata di Raja Ampat selalu menarik untuk dijelajahi. Raja Ampat merupakan kawasan perairan di wilayah Provinsi Papua Barat yang terdiri dari gugusan pulau cantik. Kekayaan biota laut menjadi daya tarik kepulauan ini di mata para traveler.

Pesona bahari menjadi alasan utama Raja Ampat begitu digemari tidak hanya traveler lokal namun juga mancanegara. Beragam pulau karang berpadu birunya laut menjadi pemandangan yang mengesankan dari destinasi kepulauan ini. Dari sekian tempat, ada beberapa pulau yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Pulau-pulau ini memiliki nuansa alam yang sangat mempesona. Berikut daftarnya:

1. Kepulauan Misool

waziee.com

Pulau Misool adalah salah satu tempat wisata di Raja Ampat yang mendunia. Di pulau ini sendiri terbagi menjadi empat bagian yaitu, Misool Timur, Misool Selatan, Misool Barat dan Misool Utara. Tempat wisata ini termasuk daerah segitiga karang dunia, loh. Maka, tak heran jika di sini banyak ditemui ikan-ikan yang begitu cantik dan ramai dikunjungi wisatawan yang berlomba-lomba memburu pemandangan dasar lalut.

Apalagi, Misool bagian selatan terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang besar seperti lumba-lumba, paus, dan pari manta. Jika kamu berkesempatan berlibur ke pulau Misool, jangan lewatkan juga Puncak Harfat yang terkenal dengan pemandangan yang sangat indah. Tak jauh dari situ, juga terdapat tempat yang cukup indah, namanya adalah Puncak Love, di sini kita bisa melihat laguna berbentuk hati dari atas puncaknya. Keren banget, kan?

Selain wisata alam, di sini wisatawan juga bisa berwisata sejarah melihat dinding batu karang yang terdapat cap tangan yang diperkirakan berusia 50 ribu tahun dan memiliki rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara.

2. Kepulauan Wayag

pegipegi.com

Pulau Wayag sendiri berada di Waigeo Barat. Tempat ini tak kalah indah dengan pulau Misool, loh. Sebab, di sini kalian akan disuguhan dengan pemandangan gugusan pulau karang kecil yang juga ditumbuhi pepohonan yang akan memanjakan mata kalian. Untuk dapat menyaksikan keseluruhan pemandangan ini, kamu harus menaiki kapal kecil terlebih dulu.

Hamparan laut berwarna biru jernih akan memberikan sensasi ketenangan. Nah, tempat ini sangat pas nih untuk kalian yang ingin melepas penat sejenak. Ke tempat yang indah seperti ini, rasanya kurang afdol kalau belum mengabadikannya, iya kan? Bagi kamu yang ingin mengabadikan pemandangan gugusan pulau ini, sebaiknya ambillah gambar dari Pulau Karang. Namun, untuk mencapai pulau tersebut, pastikan kondisi tubuhmu benar-benar prima, ya.

3. Pulau Kri

pianemo.com

Beriwisata ke pulau tak lengkap rasanya jika tidak menyelam. Destinasi wisata di Raja Ampat ternyata memiliki tempat menyelam paling sempurna, loh. Di sini wisatawan dapat menemukan 374 spesiel ikan dalam satu penyelaman saja. Di sini ada banyak barakuda, jacks, batfish dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan kecil karang kecil, hiu, ikan kerapu, hingga kura-kura.

Arusnya pun tak begitu besar, dan terdapat karang-karang yang indah. Wisata Raja Ampat ini berada di Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Bagi wisatawan yang ingin menginap di pulau ini terdapat resort salah satunya adalah Kri Eco Resort Raja Ampat.

4. Pulau Salawati

ksmtour.com

Selain beberapa pulau yang telah disebutkan di atas, Raja Ampat juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan, loh, yaitu Pulau Salawati, pulau ini menyimpan sejarah dunia. Pulau Salawati menjadi saksi sejarah terjadinya Perang Dunia II. Di dasar laut, kamu akan menemukan bangkai kapal laut seperti Kapal Shinwa, juga bangkai pesawat seperti P40. Bangkai-bangkai kendaraan tempur ini kini telah berubah menjadi rumah ikan. Alhasil, pemandangan bawah laut di Pulau Salawati jadi begitu cantik dengan ikan berwarna-warni.

5. Kepulauan Pianemo

tripadvisor.ie

Banyak yang bilang, kalau pulau ini adalah miniaturnya Pulau Wayag. Sebab, pandangan di pulau ini memang sangat mirip dengan Pulau Wayag, hanya saja di sini para wisatawan harus berjuang naik ke pulau kecil untuk bisa melihat keindahan kepulauan Pianemo.

Pulau yang berada di Distrik Waigeo Berat ini sudah bisa diakses saat pagi tiba karena sudah ada banyak speedboat di Waisai sejak pukul 06.00 WIT. Tak perlu waktu lama, kita akan sampai di Pianemo. Di sana kita bisa melihat gugusan pulau berwarna hijau di atas birunya air laut.

6. Waigeo

Liveaboard.com

Waigeo sebenarnya memiliki beberapa tempat menarik dikunjungi. Dari sekian tempat, yang paling menarik adalah Stasiun Pencucian Pari Manta. Ada banyak pari manta berenang bebas di kawasan ini. Mereka akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan diri di Stasiun Pencucian Pari Manta ini.

Tidak hanya itu saja, terdapat fenomena menakjubkan selama proses pembersihan diri Pari Manta. Karena tidak bisa membersihkan tubuhnya sendiri, Pari Manta butuh bantuan ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil akan berkerumun dan memakan kotoran di tubuh Pari Manta. Sungguh pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Nah, itulah 6 destinasi wisata di Raja Ampat yang menjadi surganya Indonesia. Mengutip kata dari Pramoedya Ananta Toer, kenalilah tanah air kalian sendiri, karena memang di situlah kita akan hidup dan berkembang. Cintailah alam sekelilingmu! Jadi, tunggu apalagi, ayo segera berlibur ke Raja Ampat.

Dan jangan lupa, jika ingin berlibur ke sana, tetap jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, ya. Karena, sayang banget kan, akibat dari perbuatan sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, alam yang begitu indah jadi rusak dan tercemar. Dimanapun kita harus tetap menjaga dan mencintai alam sekitar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.