6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Seruni.id – Es pisang ijo adalah salah satu makanan khas Makassar yang sudah sangat populer di berbagai daerah. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang ketagihan. Biasanya es pisang ijo ini menjadi incaran saat udara terasa panas atau sebagai menu andalan untuk berbuka puasa. Namun, makanan khas Makassar bukan hanya es pisang ijo saja, masih banyak makanan lainnya yang juga terbuat dari pisang. Ada apa saja, ya? Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Barongko

6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Makanan khas Makassar yang pertama ada barongko, hidangan ini memiliki cita rasa yang manis serta aroma yang khas karena terbungkus daun pisang. Resep barongko pun sangat mudah, hanya dengan menghaluskan buah pisang, telur, gula, garam, santan, susu, dan vanili kemudian bungkus dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu, barulah kukus selama 30 menit. Waktu yang tepat menyantap barongko adalah saat hujan turun atau sore hari.

2. Es Pallu Butung

6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Makassar tidak hanya memiliki es pisang ijo saja, tapi juga ada es pallu butung yang juga terbuat dari pisang. Bahkan, cara pembuatannya pun hampir mirip. Bedanya hanya terletak pada kulit untuk membungkus pisangnya. Kalau es pisang ijo memiliki kulit berwarna hijau, sedangkan es pallu butung pisangnya tidak terbungkus apa pun.

Es yang satu ini juga menggunakan fla dan sirup coco pandan sebagai penambah rasa. Secara fisik kedua makanan ini memang hampir sama. Namun, rasa es pallu butung tidak kalah menggugahnya dengan es pisang ijo. Meski namanya es pallu butung, tapi makanan khas Makassar yang satu ini bisa kamu santap untuk sarapan dalam keadaan hangat tanpa menambahkan es.

3. Pisang Epe Makassar

6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Olahan unik khas Makassar yang berikutnya yaitu pisang epe. Bukan hanya namanya saja yang unik, tapi juga cara pembuatannya. Cara mengolah pisang ape yaitu digeprek terlebih dahulu baru kemudian membakarnya, sehingga menambah variasi baru dalam cara pengolahannya.

Untuk membuat hidangan ini, bahan dasar yang dipakai adalah pisang kepok yang masih setengah matang. Saat dibakar kemudian menekannya hingga pipih agar matangnya merata. Setelah itu, tambahkan berbagai macam topping untuk menambah variasi dan cita rasanya.

Ada berbagai pilihan topping, mulai dari gula merah, coklat, keju, matcha, dan lain-lain. Penjual pisang epe biasanya banyak ditemukan di sepanjang jalan sekitar Pantai Losari. Pisang ape ini bisa kamu santap saat sore hingga malam hari, baik untuk camilan atau dessert.

4. Pisang Peppe

6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Biasa disebut juga sanggara peppe. Umumnya disajikan di warung-warung kopi yang banyak bertebaran di setiap sudut kota Makassar. Ini salah satu cemilan khas Makassar yang sungguh sayang jika melewatkannya begitu saa. Perpaduan antara aroma pisang sehabis digoreng, kemudian mencocolnya dengan sambel pedas dan perasan jeruk serta rasa kriuk-kriuk gurih sungguh sangat cocok untuk menemani secangkir teh panas pada sore yang cerah.

Pisang yang digunakan untuk membuat sanggara peppek adalah pisang kepok yang agak mengkal, tidak mentah dan belum lembek. Pisang digoreng setengah matang, angkat lalu geprek. Masukkan kembali ke dalam minyak panas dan goreng hingga coklat keemasan.

5. Sanggara Balanda

6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Makanan berikutnya adalah sanggara balanda, dimana sanggara berarti pisang, dan balanda adalah orang Belanda. Konon, makanan khas Makassar yang satu ini sudah populer loh sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Pisang yang digunakan untuk membuat sanggara Balanda hanyalah pisang raja yang benar-benar matang. Inilah yang menjadi ciri khasnya karena pisang lain tidak cocok, tidak pas aroma, tekstur, dan rasanya.

6. Pisang Ijo

6 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Kepopuleran pisang ijo khas Makassar sungguh tidak diragukan lagi. Semula, es yang satu ini hanya ditemukan saat bulan Ramadhan saja sebagai hidangan pembuka. Namun, belakangan ini es pisang ijo semakin mudah ditemukan. Bahkan, sejumlah warung dan rumah makan Makassar ada yang populer lantaran menu es pisang ijonya.

Baca Juga: 8 Resep Olahan Makanan Berbahan Pisang, Praktis dengan Rasa yang Lezat

Itulah deretan makanan khas Makassar yang berbahan dasar pisang. Beberapa diantaranya sangat gampang untuk dibuat, loh. Selain itu, sangat cocok sekali untuk mengisi kegabutanmu saat di rumah. Apakah kamu tertarik mencoba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.