7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
bp-guide.id

Seruni.id – Indonesia memiliki kekayaan yang sangat berlimpah, yang membuat kita sudah sepatutnya berbangga hati. Bagaimana tidak, banyak sekali produk yang ternyata mampu mencuri hati masyarakat di luar negeri. Salah satunya kerajinan tangan khas Indonesia.

Dari tangan para perajin seni itulah, Indonesia bisa dikenal dengan hasil karya kerajinan tangannya yang eksotis. Tak tanggung-tanggung, banyak hasil kerajinan tangan khas Indonesia yang diekspor masuk ke pasar Eropa.

Lantas, kerajinan tangan khas Indonesia apa saja yang laku di pasar internasional? Berikut ini Seruni akan mengulas pembahasannya ini disini. Simak terus, ya.

1. Anyaman Rotan

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
id.aliexpress.com

Indonesia merupakan negara yang menghasilkan banyak pohon rotan, tak heran jika rotan kerap dijadikan sebagai peralatan yang digunakan dalam keseharian. Mulai dari piring, tempat tisu, keranjang, tas, kursi, lemari, dan masih banyak lagi. Ternyata, salah satu kerajinan tangan khas Indonesia yang menarik ini mampu dilirik para wisatawan yang berkunjung ke Indonsia, loh. Biasanya meraka akan membeli dan membawanya pulang ke negaranya masing-masing sebagai buah tangan. Bahkan, beberapa perajin anyaman rotan juga banyak yang menerima pesanan dari beberapa negara.

2. Ukir Kayu

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
bogordaily.net

Kerjinan tangan khas Indonesia acapkali menampakkan keindahan sekaligus kerumitan. Entah pada bentuk, motif, hingga desain. Namun, itulah yang menjadi nilai plusnya. Tak terkecuali dengan ukiran kayu yang merupakan salah satu kerajinan khas dan asli Indonesia. Bagi yang belum tahu, kayu asal Indonesia itu memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi, karena tumbuh di negara tropis, serta ukiran dan pahatan yang diciptakan pun sangatlah elok. Jepara menjadi salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan ukiran kayunya. Hal ini terbukti hasil ukiran berpa kaligrafi, patung, dan relief dari kota ini berhasil go internasional sampai ke Eropa. Keren, kan?

3. Kain Tenun

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
bsd.city

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki kain tenun khasnya masing-masing. Tak heran jika memiliki nilai seni yang tinggi. Sebab, dalam pembuatannya pun membutukan proses yang tidak sebentar dan butuh ketelitian agar tidak merusak kain. Tidak sembarang orang mampu menghasilkan kain tenun yang bagus dan rapi. Perlu pengalaman dalam pengerjaannya. Maka tak heran jika nilai jual kain tenun ini tinggi. Meski harganya yang tidaklah murah, tapi kerajinan tangan khas Indonesia ini memiliki banyak peminat di pasa internasional. Tidak hanya sekadar membeli kain tapi juga membeli sebuah karya seni yang luar biasa.

4. Kain Batik Tulis

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
library.uns.ac.id

Jika sekadar kain batik, di toko-toko juga banyak yang menjualnya. Tentu dengan harga yang lebih murah karena pengerjaannya dilakukan oleh mesin. Namun, nilai seni dan estetika yang dihasilkan tidak sebanding dengan kain batik tulis. Sebab, kain batik tulis termasuk dalam kerajinan tangan khas Indonesia yang dicatat dalam UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Sama halnya seperti kain tenun, kain batik tulis ini juga sangat laris di pasar internasional.

5. Wayang

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
en.wikipedia.com

Kerajinan tangan khas Indonesia selanjutnya ada wayang. Meski sangat kental degan tradisi budaya Jawa, tapi wayang banyak diminati oleh para wisatawan mancanegara dan sangat terkenal di dunia. Mski wayang kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis, tapi seiring berkembangnya jaman, justru wayang sekarang ini sering dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik interior rumah karena bentuk yang unik dan artistik.

Tidak hanya masyarakat asli Indonesia saja yang kagum dengan kerajinan tradisional yang satu ini. Bahkan, para tulis yang datang ke Indonesia pun mengincar wayang untuk dijadikan sebagai cinderamata ketika kembali ke negara asalnya. Selain itu, pagelaran wayang yang masih sering diadakan terlebih saat acara pernikahan adat Jawa ini sudah diakui oleh UNESCO.

6. Anyaman Bambu

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
metrobali.com

Hasil kakrya anak Indonesia selanjutnya yang dikenal di dunia adalah anyaman bambu. Proses pembuatan anyaman bamboo pada umumnya murni menggunakan tangan. Namun, meski begitu, tetap saja hasil akhir dari anyaman bambu ini mampu mencuri perhatian banyak orang termasuk para wisatawan luar negeri. Anyaman bambu yang dihasilkan cocok untuk dijadikan sebagai hiasan dan juga berguna untuk perabot rumah tangga seperti kursi, tudung saji, dan masih banyak lagi.

7. Keramik

7 Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Memenbus Pasar Internasional
summareconbekasi.com

Keramik memang bukan asli dari Indonesia, tapi jangan salah, ternyata hasil kerajinan berupa keramik buatan Indonesia juga tidak kalah bagusnya. Bahkan, hasil keramik buatan Indonesia banyak diminati oleh pasar luar negeri, termasuk Tiongkok yang merupakan negara asal penghasil keramik. Keramik Indonesia yang banyak diekspor yakni berupa vas bunga, guci, patung, dan dekorasi rumah lainnya. Bahkan usaha keramik di Indonesia juga sudah diakui negara – negara di Eropa.

Baca Juga: 30 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Bisa Dijadikan Peluang Bisnis

Ternyata kerajinan tangan khas Indonesia sangatlah banyak, ya? Tentunya ini menjadi bukti bahwa kerajinan asli Indonesia memang banyak digemari dan diakui, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Jadi, gimana? Pastinya kamu semakin bangga kan jadi orang Indonesia? Yuk, terus kita jaga dan lestarikan terus kerajinan tangan asli Indonesia ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.