7 Strategi Penting Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi

7 Strategi Penting Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi
google.com

Seruni.id – Ekonomi terpukul karena dampak dari pandemi Covid-19. Banyak bisnis menderita kerugian besar setelah ditutup, dan ribuan lainnya terpaksa di rumahkan alias di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) akibat dampak tersebut. Untuk mencari pekerjaan di tengah pandemi ini terbilang cukup sulit

7 Strategi Penting Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi
kaltim.idntimes.com

Kesulitannya bermacam-macam, mulai dari mencari lowongan hingga sulit bermobilitas karena protokol kesehatan yang ketat. Berbeda jika situasinya normal, maka setiap orang akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Meski demikian, kamu harus tetap semangat.

Bagi kamu yang sedang mengalaminya, penting sekali menyimak ulasan berikut ini sampai selesai, ya. Karena Seruni telah merangkum beberapa strategi penting mencari pekerjaan di tengah situasi pandemi.

1. Atur Jadwal untuk Pencarian Kerja

Pertama, tetapkanlah waktu setiap hari untuk didedikasikan dalam mencari pekerjaan. Walaupun mencari pekerjaan bisa menjadi perjalanan yang cukup panjang. Namun, kamu harus tetap termotivasi, sehingga kamu tidak keluar jalur hingga akhir masa pencarian. Penting sekali utnuk menetapkan tujuan kecil, seperti memperbarui resume dan profil jaringan, serta kegiatan jejaring lainnya, guna memastikan kamu tidak merasa kecil hati pun kewalahan dalam mencari pekerjaan.

2. Mencari Pekerjaan yang Bersifat Kontrak

Apabila kamu salah satu orang yang terkena PHK, cobalah untuk melamar pekerjaan yang sifatnya contract-based. Jika kinerjamu bagus, perusahaan biasanya akan memperpanjang kontrak, bahkan bisa saja kamu akan ditawarkan pekerjaan tetap.

3. Mencari Lowongan Secara Online

Mencari pekerjaan di tengah pandemi seperti ini, sangat tidak mungkin dilakukan jika harus mendatangi perusahaan satu ke perusahaan lainnya. Mengingat saat ini segala hal bisa diakses dengan mudah. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencari lowongan secara online, tentu cara ini lebih aman. Kamu bisa mencarinya melalui media sosial pun situs-situs khusus penyedia lowongan kerja di internet.

Di sana, tersedia segudang informasi, yang terpenting kamu harus teliti, cermat, dan tetap berhati-hati. Sebab, banyak pula informasi palsu yang beredar di internet. Biasanya untuk beberapa situs lowongan pekerjaan tertentu sudah menyediakan fitur proses rekruitmennya sehingga kamu tidak perlu datang ke kantor tersebut untuk proses rekruitmennya kecuali sudah pada tahap interview langsung atau diterima.

4. Menyiapkan CV dan Portofolio

Jangan lupa persiapkan curriculum vitae dan portofolio, ya. Karena kedua berkas tersebut sangat penting, dan akan menjadi seleksi awal bagi setiap perusahaan yang mengadakan rekrutmen. Kamu bisa menyusun sendiri ataupun menggunakan jasa pembuatan CV. Jika kamu ingin menyusun sendiri, ada baiknya kamu juga rajin mencari dan membaca informasi bagaimana caranya membuat CV dan portofolio yang profesional.

Ingat, usahakan didalam cv dan portofolio tersebut kamu mampu menuliskan kelebihan-kelebihanmu yang akan membuat pihak rekrutmen terkesan dan akhirnya tertarik untuk mengajakmu bekerja di perusahaan mereka.

Tapi, semua kelebihan tersebut harus ditulis secara jujur. Hindari menuliskan sesuatu yang bukan keahlianmu di dalam CV pun portofolio. Karena bisa saja pada saat sesi interview, pihak rekrutmen akan memintamu mempertanggungjawabkan apa yang telah kamu cantumkan.

5. Kembangkan Diri

Sambil mencari pekerjaan di tengah pandemi dan menunggu panggilan untuk interview, cobalah untuk mengambangkan kemampuan yang kamu miliki. Tujuannya, agar nantinya kamu sudah siap untuk mengemban peluang baru. Caranya, bisa dengan mengikuti pelatihan online.

6. Menghubungi Relasi

Strategi berikutnya, adalah menghubungi semua relasi yang kiranya dapat membantumu memiliki pekerjaan. Ingat, kamu tidak perlu gengsi karena itulah gunanya relasi, untuk membantumu dan saling bekerjasama. Misalnya saja kamu sudah mencari lowongan pekerjaan namun tetap mendapatkan kesulitan maka tidak ada salahnya memanfaatkan relasi yang kamu miliki. Kamu bisa bertanya kepada mereka adakah informasi terkait lowongan pekerjaan yang terbuka sehingga kamu bisa dihubungkan dengan pihak yang membutuhkan karyawan.

7. Bersabar dan Optimis

Jika kamu sudah berusaha melakukan berbagai cara untuk mendapat pekerjaan, namun belum kunjung didapatkan juga, mungkin kamu perlu bersabar dan tidak boleh berputus asa.

Baca Juga: Buat Curriculum Vitae Lebih Menarik dengan 8 Tips Ini!

Situasi sulit ini tak hanya dialami oleh dirimu saja, namun juga jutaan orang lainnya sedang menghadapi keadaan yang sama. Proses dan keberuntungan orang berbeda-beda. Maka dari itu, tetaplah berusaha semaksimal yang kamu bisa dan jangan pernah pantang menyerah, yakinlah cepat atau lambat akan melewati masa-masa ini dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.