7 Tips Memulihkan Tubuh Setelah Operasi Cesar

7 Tips Memulihkan Tubuh Setelah Operasi Cesar
id.theasianparent.com

Seruni.id – Ketika seorang ibu menjalani operasi caesar, baik direncanakan atau tidak, mungkin mereka akan khawatir mengenai cara memulihkan tubuh pasca operasi. Sebab, caesar merupakan operasi besar dan membutuhkan waktu cukup lama untuk kembali pulih. Meski luka akibat operasi akan pulih dengan cepat.

7 Tips Memulihkan Tubuh Setelah Operasi Cesar
motherandbaby.co.id

Namun, regenerasi jaringan masih terus berjalan di bawah permukaan kulit. Maka dari itu, kamu perlu memerhatikan kondisi tubuh pasca persalinan. Apa saja ya hal-hal yang bisa dilakukan? Berikut Seruni berikan tips memulihkan tubuh pasca operasi caesar yang perlu dilakukan.

1. Istirahat yang Cukup

Sama seperti operasi lainnya, kamu pun perlu mendapatkan istirahat yang cukup agar luka cepat pulih. Inilah mengapa waktu untuk tinggal di rumah sakit pasca caesar lebih lama dibanding persalinan normal. Tidur dan beristirahat yang cukup merupakan salah satu hal penting dalam proses penyembuhan. Karena ketika tidur, tubuh akan bekerja lebih optimal untuk menyembuhkan bekas luka secara keseluruhan. Bukan hanya itu, sistem imun pun akan lebih kuat, loh. Jadi, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain untuk meringankan pekerjaanmu. Dengan begitu, kamu punya cukup waktu untuk istirahat.

2. Sering Berbaring dan Menurunkan Kaki

Pasca operasi caesar, mungkin kamu akan merasakan tulang panggul seperti mangkuk, hal tersebut dikarenakan pembengkakan di bagian tersebut. Untuk memulihkannya, kamu cukup menurunkan kaki dan berbaring selama 10-15 menit setiap 1-2 jam sekali, lakukan cara ini setidaknya selama dua minggu pertama. Namun, jangan melakukannya saat sedang waktu luang dan hanya duduk saja. Sebab, kamu tetap perlu berbaring sepanjang waktu untuk periode waktu yang singkat, tapi sering.

Kamu bisa loh berbaring dengan si kecil dan menghabiskan waktu berdua. Ini dapat menjadi waktu bonding untukmu dan si buah hati. Dengan begitu, kamu pun dapat memberikan waktu istirahat bagi panggul. Jika setelah 2 minggu panggul masih terasa seperti kolam, namun kamu merasakan sudah lebih baik dan sudah dapat berdiri, jangan lupa untuk tetap berbaring demi mencegah terjadinya pembengkakan yang lebih serius.

3. Atasi Nyeri

Sebagian orang yang melahirkan melalui proses caesar, biasanya akan merasakan tidak nyaman pada area perut. Ada pula rasa nyeri pasca operasi caesar yang bertahan hingga beberapa minggu. Saat seperti ini, perhatikan dengan benar perawatan dan kebersihan bekas luka agar tidak menjadi infeksi. Apabila rasa nyeri sangat terasa, biasanya akan diberikan obat pereda nyeri untuk dibawa pulang. Namun, jangan lupa konsultasikan dengan dokter, ya.

4. Rawat dan Bersikap Lembut Terhadap Perut

Pada minggu pertama pasca melahirkan, tetap berhati-hati dengan apa yang dikonsumsi. Karena pembedahan berada di area pencernaan. Masalah umum dialami adalah sembelit. Selain itu, obat pereda rasa sakit juga dapat menyebabkan konstipasi. Jadi, usahakan untuk mencukupi asupan cairan serte mengonsumsi makanan yang lembut serta kaya nutrisi. Namun, jika sudah merasa pulih dan mampu berjalan sendiri, kamu dapat mengubah menu makanan secara bertahap.

5. Jaga Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi dari diet gizi seimbang perlu diperhatikan, demi memulihkan tubuh setelah operasi caesar. Selain bermanfaat bagi proses menyusui, mengonsumsi sumber nutrisi yang tepat juga membantu proses pemulihan tubuh. Adapun makanan yang dianjurkan yakni berupa sayuran hijau, seperti bayam dan katuk. Jangan lupa memperbanyak minum air putih. Sebab, cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan produksi ASI dan mencegah terjadinya sembelit seperti yang telah disinngung di atas.

6. Latihan Kembali ke Rutinitas Harian

Sebaiknya kamu tidak perlu terburu-buru memaksakan diri untuk melakukan rutinitas harian yang bisa dilakukan. Berikanlah waktu bagi tubuh untuk beristirahat agar luka bisa cepat pulih. Latihan pelan-pelan dimulai dari aktivitas ringan seperti berjalan. Begitupun ketika menggendong bayi, lakukan secara perlahan dan jangan paksakan diri jika masih merasakan nyeri. Untuk aktivitas lain seperti berolahraga maupun berkendara. Tunggulah hingga tubuh benar-benar pulih. Atau kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika masih merasa ragu.

7. Pilih Pakaian Dalam yang Nyaman

Tips memulihkan tubuh pasca operasi caesar berikutnya, kamu perlu beralih dari pakaian hamil ke pakaian postartum. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan. Seperti, apakah bahannya bisa bernapas? Apakah dapat menyusui dengan nyaman? Apakah pakaian mudah dilepas dan digunakan dengan mudah untuk menyusui?

Jika dirasa tubuh sudah mulai pulih, kamu dapat memberikan hadiah untuk diri sendiri. Bisa dengan membeli pakaian yang dianggap nyaman. Ini nantinya akan membantu mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Prioritaskan kompresi dan kenyamanan sehingga tidak mengirasi sayatan, tapi juga memberikan dukungan yang diperlukan bagi perut.

Jadi, itulah beberapa tips memulihkan tubuh setelah operasi caesar. Melahirkan kerap disamakan dengan lari maraton. Karena prosesnya yang panjang dan sulit. Tubuh membutuhkan waktu dan beberapa benda yang tepat untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pasca Operasi Caesar

Ketika sudah pulih, baik itu dari kelahiran normal atau operasi caesar, ketahuilah bahwa kamu hebat! Kamu tidak hanya pulih, tetapi juga melahirkan manusia baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.