8 Ciri Orang Cerdas Menurut Sains

8 Ciri Orang Cerdas Menurut Sains
rislah.com

Seruni.id – Kebanyakan dari kita menganggap bahwa ciri orang cerdas adalah mereka yang memiliki IQ tinggi. Akan tetapi, hal tersebut tidak selalu benar. Sebab, ciri orang cerdas bisa kita lihat bersadarkan cara hidupnya sehari-hari, terutama dalam pola pikir dan penyelesaian masalah. Sebetulnya, tak sedikit orang cerdas yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kelebihan tersebut. Hal ini terjadi karena jarang ada orang yang mengenali ciri-cirinya.

8 Ciri Orang Cerdas Menurut Sains
kumparan.com

Dalam sains, ada sejumlah sifat dan ciri khas yang bisa tampak dari manusia cerdas, loh. Baik secara IQ (intelektual), EQ (emosiona) dan lain sebagainya. Nah, apakah kamu termasuk salah satu di dalamnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Senang Menyendiri

Meski hal ini menjadi salah satu ciri orang ceras, tapi tak semua orang cerdas suka menyendiri, ya. Namun, biasanya, orang cerdas cenderung menyendiri dan mungkin asosial. Sebagaimana yang dijelaskan dari laman Bing Think, menurut studi yang dilakukan, didapatkan bukti bahwa orang yang memiliki kecerdasan intelektual di atas rata-rata lebih suka menyendiri dan menjauh dari keramaian.

Bahkan, mereka akan merasa lebih tenang dan bahagia dengan kesendiriannya. Mereka tak terlalu aktif dalam kegiaan sosial yang menurut mereka merepotkan. Hal ini berkolerasi pada sifat dasar orang cerdas sebagai pemikir unggul. Dalam sebuah esai ilmiah yang dirilis oleh The Brithish Psychological Society menyatakan, bahwa orang dengan intelegensi tinggi memang lebih memilih untuk sendiri, daripada harus berkumpul dengan kawannya. Ini yang menyebabkan orang cerdas terlihat seperti lonely wolf dan dianggap tidak membutuhkan pergaulan sosial secara luas.

2. Walaupun Tidak Terlalu Menonjol di Sekolah, Tapi Ia Memahami Pelajaran dengan Cepat

Tahukah kamu? Banyak ilmuan dunia yang saat sekolah tidak menonjol di bidang akademis, tapi kini mereka bisa menjadi orang yang super cerdas. Jangan salah, meskipun orang cerdas tidak menonjol di sekolahnya, tapi mereka bisa memahami dan menangkap pelajaran dengan cepat. Jika kamu pernah membaca mengenai kisah pengusaha hebat dunia atau ilmuan yang tidak lulus sekolah, kamu perlu tahu nih. Ketidaklulusan mereka bukan karena mereka bodoh.

Justru sebaliknya, saking cerasnya mereka, sehingga tidak cocok dengan sistem pengajarakan yang ada di sekolah formal. Menurut sebuah jurnal ilmiah dalam laman Penn State University, menyatakan bahwa mereka yang benar-benar cerdas tidak akan cocok dengan pendidikan formal, sekali pun mereka bisa menyelesaikannya dengan baik. Jika menggunakan bahasa yang lebih berterus terang, bisa dikatakan bahwa sekolah bukanlah tempat untuk orang-orang genius.

Tentu saja, hal ini akan mengundang pro dan kontra. Namun, meski demikian, bukti yang ada sudah terlihat jelas. Banyak orang-orang genius di dunia yang dulunya tidak menonjol di sekolah. Ingat, ya, hal ini bukan karena mereka ‘bodoh’, tapi karena mereka malas akibat tidak cocok dengan sistem pendidikan formal yang sedang mereka jalani.

3. Lebih Kreatif

Ciri orang cerdas berikutnya, mereka biasanya akan lebih kreatif daripada orang lain di sekitarnya. Mereke cenderung lebih memikirkan bagaimana carnaya mencari solusi terhadap persoalan yang terngah ia hadapi. Di mana hal tersebut akan melahirkan kreativitas yang tidak orang lain miliki. Namun, sebenarnya, orang dengan IQ yang tidak tinggi pun juga bisa melakukan krativitas yang terkadang sama baiknya dengan orang ber-IQ tinggi.

Sebuah laman bernama Elsevier SciTech Connect pernah merilis sebuah jurnal dengan judul “Does a Person Have to Be Intelligent to Be Creative?”. Dalam jurnar tersebut menjelaskan  secara gamblang mengenai hubungan antara kecerdasan IQ dengan kreativitas. Pada kesimpulannya, orang cerdas cenderung memiliki kreativitas tinggi, tapi orang dengan IQ di bawah 100 pun bisa sama-sama kreatif dalam hal yang berbeda.

Jadi, orang yang kreatif belum tentu cerdas, tapi orang cerdas cenderung kreatif. Nah, untuk selanjutnya tinggal bagaimana mengimplementasikan kreativitas tersebut ke dalam realitas. Jika kreativitas hanya berada di dalam pikiran dan tidak digunakan untuk kepentingan banyak orang, maka hal itu juga dirasa percuma.

4. Berani Mengkritik Diri Sendiri

Bagi kebanyakan orang, mengkritik orang lain adalah hal yang mudah sekali. Karena pada dasarnya, sebagian orang akan lebih senang melihat kekurangan yang orang lain lakukan daripada melihat kelebihannya. Lantas, bagaimana dengan mengkritik diri sendiri? Tentu saja tidaklah mudah. Terkadang saja kita tidak bisa menerima kritikan dari orang lain, apalagi mengkritik diri sendiri. Namun, tahukah kamu? Ternyata jika ada sifat ini dalam diri seseorang, maka mereka termasuk ke dalam golongan orang ceras.

Hal ini telah terbukti dalam sebuah riset dan penetilian dari Journal of Personality and Social Psychology. Orang yang berani mengkritik dirinya sendiri adalah orang yang cerdas. Mereka akan mudah menerima kekurangan dalam dirinya ataupun karyanya untuk senantiasa diperbaiki di masa mendatang.

5. Memiliki Ingatan yang Bekerja dengan Baik

Ciri orang cerdas berikutnya, mereka memiliki ingatan yang bekerja cukup baik. Ketika kamu memiliki ingatan yang baik, itu tandanya kamu memiliki keterampilan fungsi eksekutif, memori jangka pendek yang baik, serta. kemampuan untuk fokus dan memperhatikan. Selain itu, kamu juga berarti memiliki fleksibilitas kognitif dan dapat mudah beralih dari satu hal ke hal lain.

6. Dapat Mengontrol Diri

Mengontrol diri bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak orang yang cenderung mengikuti hawa nafsunya, terutama dalam segi emosional maupun aspek lainnya. Orang yang mampu mengontrol dirinya ketika emosi, merupakan salah satu ciri orang ceras.

Nah pengujian pernah dilakukan pada beberapa orang yang menjalani tes dan ditawari sejumlah orang. Setelah tes tersebut, mayoritas dari yang diuji memilih langsung pulang dan mengambil uangnya. Sementara ada beberapa orang saja yang tetap menunggu. Ternyata minoritas yang menunggu memiliki intelejensi yang lebih daripada mereka yang langsung pergi.

7. Tidak Akan Tahan dengan Suara Bising

Ciri orang cerdas selanjutnya, mereka cenderung tidak akan tahan dengan suara bising yang menganggunya. Ini telah dibuktikan dengan menguji 100 orang untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Beberapa dari mereka meminta untuk menghentikan suara bising yang terjadi. Hasilnya orang-orang tersebut mampu memberikan sebuah solusi permasalahan yang lebih kreatif dan juga inovatif.

8. Mampu Memimpin Diri Sendiri dan Menjalani Hidup dengan Prinsip

Dalam banyak hal, orang dengan intelegensi tinggi mampu memimpin dirinya sendiri serta berjalan dengan prinsip yang mereka yakini. Namun, pada sejumlah kasus, orang dengan kecerdasaan tinggi juga tidak cocok untuk memimpin banyak orang, karena mereka dianggap egois, keras kepala, kaku, serta kurang peduli dengan keadaan sosial di sekitarnya.

Di sisi lain, tampak dari luar, hidup dengan prinsip ala orang cerdas juga terlihat tidak bahagia. Seperti sebagaimana yang tertulis dalam laman Medium, orang-orang yang sangat cerdas justru sangat mungkin memiliki kekurangan dalam hal lainnya. Misalnya, hubungan asmara yang kaku atau jumlah teman yang tidak banyak.

Kesendirian yang sering mereka lakukan, jika terlalu intens dan dalam, bisa menumbuhkan depresi dan rasa kesepian mendalam. Itu sebabnya, keseimbangan antara kecerdasan IQ dan EQ sangat penting, karena bagaimana pun manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Tak ada salahnya bagi orang cerdas jika mereka aktif dalam pergaulan sosial karena hal tersebut bisa membuat mereka lebih bahagia.

Baca Juga: Sherly Annavita, Milenial Cerdas yang Jadi Sorotan Saat Hadir di ILC

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan ciri orang cerdas? Kecerdasan intelektual dan emosional memang sangat perlu dan wajib dalam keadaan seimbang. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan kamu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.