8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Seruni.id – Pekerjaan di dunia ini, begitu beragam. Saking banyaknya, sulit sekali untuk diklasifikasikan. Tentu dari beragam jenis pekerjaan yang ada, yang paling baik adalah pekerjaan yang memang sesuai dengan passionmu. Misalnya, kamu suka makan atau berkuliner. Nah, kamu harus mencari peluang kerja yang cocok bagi pecinta kuliner.

Karena biasanya, pekerjaan yang berdasarkan hobi, tidak akan membuat kita cepat jenuh, justru kita akan semakin semangat untuk menjadi produktif. Lantas, apa peluang kerja yang cocok bagi pecinta kuliner?

Nah, 8 pekerjaan yang berhubungan dengan makanan ini bisa kamu coba, loh. Kamu tak perlu takut jika belum bisa masak, karena ada pekerjaan yang bisa kamu pelajari lebih dulu. Bahkan, ada pekerjaan yang tidak membutuhkan kemampuan memasak. Berikut beragam jenis profesi di bidang kuliner:

1. Pengusaha Makanan

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Sebagai seorang yang suka banget makan dan mencicipi beragam kuliner. Pernah gak sih terbesit dalam benakmu ingin, bahwa kamu ingin membuka usaha kuliner sendiri? Jika ada salah satu makanan yang sangat kamu sukai, cobalah untuk pelajari resep makanan favoritmu tersebut. Jika dirasa sudah mumpuni, kamu bisa kok mencoba untuk menjualnya. Mulai dari memasarkan di media sosial, atau teman-teman dekatmu sebelum membuat kedai sendiri.

2. Chef/Koki

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Pekerjaan di bidang industri makanan yang selanjutnya adalah chef atau koki. Makanan tidak mungkin bisa tersaji dengan sendirinya tanpa ada yang membuatnya. Koki bekerja menghasilkan karya kuliner makanan sederhana sampai makanan di restoran atau hotel bintang lima. Untuk menjadi serang chef, kamu harus lebih dulu menempuh pendidikan di sekolah tinggi khusus chef. Dengan menjadi chef, wawasanmu di bidang kuliner tak hanya soal makan saja, namun lebih luas lagi.

3. Food Vlogger

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Di era teknologi yang semakin berkembang ini, tak ada salahnya untuk mencoba bekerja di bidang kuliner melalui beragam media. Salah satunya lewat youtube. Bagi kamu si pecinta kuliner, dengan mengulas makanan, baik dari segi rasa, harga, dan suasana tempat makan yang ada, kamu bisa mendapatkan penghasilan serta berpotensi besar untuk makan gratis setiap kali kamu meriview. Enak banget, kan? Namun tentunya, kamu harus menguasai branding, teknik penulisan dan fotografi agar kontenmu selalu terlihat menarik bagi warganet.

4. Penguji Makanan/Food Tester

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Bagi kamu si pencinta kuliner, sudah tahu belum bahwa ada profesi pencicip makanan, loh. Pencicip makanan disebut sebagai food tester ini, mungkin banyak yang tak menyangka bahwa hanya sekedar mencicipi makanan saja, bisa menghasilkan uang. Biasanya tugas dari food tester adalah, untuk merasakan tekstrur, rasa, aroma, warna, tampilan, sampai bumbu-bumbu yang ada pada makanan tersebut. Kemudian mereka akan melakukan evaluasi mengenai apa saja kekurangan atau kelebihan dari makanan tersebut.

5. Food Stylist

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Jenis pekerjaan yang satu ini, mungkin masih terbilang jarang terutama di Indonesia. Namun justru, pekerjaan di bidang jasa boga ini, memiliki peluang besar bagi kamu pecinta kuliner. Nantinya kamu akan bekerja sama dengan koki, fotografer, dan penulis bidang kuliner. Food stylist sangat dibutuhkan untuk mengatur angle, tema, sampai penataan di piring agar makanan terlihat menarik.

6. Fotografer Kuliner

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Selain food stylist, saat ini banyak pula pemilik bisnis makanan yang membutuhkan jasa fotografer. Tujuannya untuk membuat makanan dan minuman yang disajikan terlihat lebih menggirukan. Nah, jika kamu memang gemar kuliner sambil memotret, pas banget nih. Kamu bisa jadikan ini sebagai peulang untuk memperoleh pundi-pundi uang. Namun, agar foto disukai oleh klien, kamu perlu mempertinggi kemampuan fotografi dan tahu pasti bagaimana membuat hasil gambarnya terlihat lebih tempting.

7. Food Writer

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Peluang kerja yang cocok bagi kamu si pecinta kuliner berikutnya adalah food writer atau penulis makanan. Ini merupakan profesi dimana seseorang akan mengulas makanan yang ada di restoran tertentu, dan dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Pekerjaan ini banyak sekali peminatnya, karena tugasnya cukup mudah. Hanya mencicipi makanan saja. Tidak hanya mengulas restoran, dalam beberapa tingkat, penulis makanan juga bisa mengembangkan resep atau menulis tentang industri makanan. Menurut catatan dari PayScale, penghasilan dari penulis makana rata-rata bisa mencapai $47,684 atay Rp560 juta per tahun.

8. Ahli Kimia di Bidang Rasa

8 Peluang Kerja yang Cocok bagi Kamu Si Pecinta Kuliner
google.com

Jika kamu pernah mencicipi makanan dengan rasa yang nikmat dan aroma yang sedap, itu semua adalah hasil kerja seorang ahli kimia di bidang rasa, loh. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk mencoba berbagai jenis rasa yang sesuai dengan produk yang akan diproduksi berserta aromanya. Ahli kimia di bidang ini juga tak henti-hentinya berinovasi tentang rasa hasil dari temuannya.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Memulai Usaha Kuliner

Dengan beberapa pilihan profesi di atas, kamu bisa mendapatkan uang sekaigus menjalankan hobimu. Namun tentunya, dengan skill yang mumpuni juga. Jadi, mana nih pekerjaan yang pas banget untukmu? Jangan hanya memikirkan keuntungannya saja, ya. Tapi, mulai sekarang kamu juga perlu memikirkan cara mendapatkan pekerjaan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.