8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
otomotif.kompas.com

Seruni.id – Melakukan perjalanan jarak jauh bersama anak, menjadi sebuah momen yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Tapi, perjalanan panjang bersama si buah hati tak melulu menjadi mimpi buruk bagi para orangtua. Dibandingkan dengan perjalanan udara, perjalanan darat jauh lebih baik. Jika kalian ingin melakukannya, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini, ya.

1. Periksa Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
sains.kompas.com

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh bersama anak, pastikan kamu sudah memeriksakan kendaraan sebelumnya. Sebab, kalian akan menghabiskan waktu yang banyak di dalam mobil. Pastikan semua aman untuk menghindari kerusakan selama perjalanan yang mungkin akan membuat si kecil rewel. Kalau merasa mobil pribadi tidak bisa digunakan untuk perjalanan jauh, sebaiknya pertimbangkan untuk menyewa kendaraan.

2. Siapkan Kursi Khusus Anak Serta Spion Tambahan

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
medcom.com

Setelah memastikan kendaraan yang akan digunakan aman. Selanjutnya, kamu harus mempersiapkan car seat alias kursi yang dikhususkan untuk anak, sesuai dengan usia mereka. Bukan cuma itu saja, memasang kaca spion tambahan khusus pun perlu dilakukan, hal ini untuk mengawasi aktivitas anak di barisan kursi bagian belakang. Dengan begitu, orangtua yang sedang mengemudi tidak harus membalikkan kepala untuk memantau si kecil. Cara ini dilakukan bagi para orangtua yang menyetir tanpa ditemani orang dewasa di sampingnya.

3. Tetap Patuhi Peraturan Lalu Lintas

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
fedraloil.co.id

Jangan lupa untuk tetap mematuhi peratuan lalu lintas yangada. Seperti mematuhi marka jalan dan aturan berlalu lintas, hal ini penting sekali dilakukan guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, demi keselamatanmu dan si kecil.

4. Jangan Biarkan Anak Sendirian di Dalam Mobil

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
otofemale.id

Ada keadaan di mana orangtua terpaksa harus keluar mobil, tanpa mengajak anaknya. Tapi sebaiknya hal ini tidak dilakukan ya, Moms. Meskipun hanya sebentar. Ada baiknya selalu bawa anak keluar mobil, agar tetap aman. Jika perlu, ajaklah ia untuk isirahat darurat seperti pergi ke toilet atau beristirahat di rest area yang tersedia.

5. Selalu Kunci Mobil Saat Berjalan

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
liputan6.com

Di mana pun mereka berada, anak selalu ingin tahu dengan hal yang baru mereka lihat. Seperti halnya di dalam mobil, bisa saja mereka tiba-tiba membuka pintunya ketika mobil sedang melaju. Oleh karena itu, jangan lupa mengunci pintu dengan fungsi central lock pada saat sedang berjalan. Fungsi ini membuat mobil hanya bisa dibuka dari pintu pengemudi. Dengan mengunci dengan sistem sentral, mobil juga dihindarkan dari resiko pintu dibuka dari sisi luar oleh orang lain.

6. Sediakan Makanan, Hiburan, Serta P3K

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
review.bukalapak.com

Saat melakukan perjalanan jarak jauh bersama anak, bukan tidak mungkin meraka akan merasa bosan dan rewel. Agar mereka tetap nyaman dan tidak kelaparan maupun haus, jangan lupa siapkan makanan serta minuman. Selain itu, mainan juga perlu dipersiapkan, ya. Karena umumnya anak akan jenuh bila harus duduk dalam waktu yang lama. Permainan anak yang sederhana juga dapat menjadi alternatif agar anak tetap ceria. Kamu dapat membawa obat-obatan pribadi untuk anak dan minyak kayu putih apabila diperlukan.

7. Jangan Panik Ketika Anak Mengangis

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
cantik.tempo.co

Ketika si kecil menangis, hal yang bisa dilakukan adalah jangan panik dan berhentilah sejenak. Atau mencari tempat untuk menepi, agar anak bisa lebih tenang.

8. Menepi Setidaknya 2-3 Jam Sekali

8 Tips Melakukan Perjalanan Jarak Jauh Bersama Anak
blog.reservasi.com

Secara rata-rata, anak umur 13 tahun ke bawah akan buang air sebanyak 13 kali sehari. Oleh sebab itu, menepilah di rest area setiap 2-3 jam sekali agar anak bisa buang air dan meluruskan kaki. Bila kamu terus berkendara tanpa henti, kemungkinan anak akan rewel karena bosan dan bisa mengganggu konsentrasimu saat mengemudi.

Baca Juga: 10 Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Orangtua Terhadap Anak

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan perjalanan bersama si kecil. Semua perlu dipersiapkan dan buatlah perjalanan anak terasa menyenangkan dengan menyediakan beberapa makanan, minuman dan mainan yang bisa mereka nikmati selama perjalanan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.