8 Adab Masuk Rumah Menurut Islam

8 Adab Masuk Rumah Menurut Islam

Seruni.id – Sudah tahu apa saja adab masuk rumah yang mestinya kita terapkan dalam sehari-hari? Bagi yang belum tahu, mari simak artikel yang akan Seruni bahas ini, ya.

8 Adab Masuk Rumah Menurut Islam

Masuk ke dalam rumah, menjadi suatu hal yang sering kita lakukan. Sebab, tak mungkin jika aktivitas kita hanya ada di luar rumah saja. Sesibuk apa pun, pulang ke rumah menjadi hal yang dinanti-natikan. Di sanalah tempat kita untuk melepas lelah dan bercengkrama bersama keluarga tercinta.

Seperti apa sih kebiasaan kalian ketika hendak memasuki rumah? Menerapkan adab masuk rumah terlebih dahulukah, atau masuk dengan tergesa-gesa? Dalam Islam, ada beberapa adab yang perlu dipehatikan saat akan masuk ke dalam rumah pun sebaliknya. Nah, untuk mengubah kebiasaan tergesa-gesa dalam masuk rumah, yuk simak beberapa adab yang tepat berikut ini:

1. Mengetuk Pintu

Abad masuk rumah yang pertama, yakni harusnya mengetuk pintu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai isyarat atau tanda bagi orang yang berada di dalam rumah. Hindari masuk rumah tanpa izin terlebih dahulu, alias masuk secara tiba-tiba. Sebab, perlakuan tersebut bukanlah kebiasaan baik yang dicontohkan dalam Islam.

2. Mengucapkan Salam

Banyak dari kita yang mungkin telah melupakan adab masuk rumah yang satu ini. Padahal, mengucap pun menjawab salam menjadi sebuah kewajiban bagi umat Muslim. Dan karena orang yang mengucapkan salam sama saja ia sedang mendoakan tuan rumah dan sebaliknya. Jadi, jangan lupa ucapkan “Assalamu’alaikum Warahmatuhllahi Wabarakatuh.” yang artinya “Salam sejahtera, rahmat dan keberkahan Allah semoga tercurah kepada kamu sekalian.” Sebab, hal ini sebagaimana yang telah Rasulullah SAW sabdakan,

“Wahai anakku bila engkau masuk (ke rumah) menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam, karena hal itu akan memberikan keberkahan kepada kamu dan kepada keluargamu,” (Shahih al-Jami, hal. 3652).

3. Berdzikir kepada Allah SWT

Adab masuk rumah berikutnya adalah berdzikir kepada Allah SWT. Mengapa kita harus berdzikir? Sebab, dengan berdzikir kita akan mendapatkan keberkahan serta dapat mengusir syaiton dari rumah. Selain itu, juga akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

4. Membaca Bismillah

Selain berdzikir, ketika hendak memasuki rumah, sebaiknya ucapkanlah “Bismillahir Rahmaanir Rahmiin” yang artinya “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.” Dengan mengucap basmallah, berarti kita telah berserah diri kepada Allah dan telah mengambil keberkahan dengan menebut nama-Nya.

5. Membaca Doa

Segala aktivitas yang kita lakukan sebaiknya awali dengan doa. Begitu pun ketika kita akan masuk ke dalam rumah. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

“Allahumma Inni As’aluka Khairal Maulaj wa Khairalmakhraj Bismillahi Walajnaa Wabismillahi Kharajnaa Wa’alallah Rabbinaa Tawakkalna,”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu tempat keluar dan tempat masuk yang baik, dengan nama Allah aku keluar dan aku masuk, dan kepada Allah aku bertawakal (berserah diri),” (Diriwayatkan oleh Abu Daud dalam Isnad Shahih).

6. Masuklah dengan Tenang

Bagi kalian yang punya kebiasaan masuk ke dalam rumah dengan tergesa-gesa, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini, ya. Sebagaimana adab masuk rumah menurut Islam, hendaklah masuklah dengan tenang, wajah yang ceria, tidak cemberut hanya karena probelematika pekerjaan.

7. Membuka dan Menutup Pintu dengan Perlahan

Adab masuk rumah berikutnya, yang harus diperhatikan adalah ketika menutup dan membuka pintu. Saat sampai di rumah, bukalah dan tutup pintu secara perlahan, tidak dengan kasar, apalagi sampai membantingnya.

8. Tidak Memanggil Orang di Dalam Rumah dengan Suara Keras

Adab masuk rumah yang terakhir ini juga penting sekali untuk kita perhatikan. Sesampainya di rumah, panggillah istri, suami, pun anak-anakmu dengan suara yang lembut. Dan tampakkan perasaan senang dan bahagia kepada mereka.

Itulah delapan adab masuk rumah yang harus kita lakukan. Sebagai manusia, kita adalah makhluk yang beralak. Maka, pergunakanlah akal kita sebaik mungkin. Salah satunya ketika memasuki rumah, tidak bisa langsung masuk begitu saja, tapi perhatikan adab-adabnya yang telah Seruni sebutkan di atas. Semoga bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.