Aturan yang Wajib Diterapkan Ketika Memberikan Ponsel pada Anak

Aturan yang Wajib Diterapkan Ketika Memberikan Ponsel pada Anak
Memberikan Ponsel pada Anak

Seruni.id – Di zaman yang sudah serba modern ini, penggunaan gadget sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, tak terkecuali pada anak. Saat ini, banyak anak-anak yang telah diberikan ponsel oleh orangtuanya tanpa adanya pengawasan. Padahal, apa yang dilakukan tersebut salah besar, loh. Sebaiknya orangtua memberikan aturan yang wajib diterapkan ketika memberikan ponsel pada anak.

Aturan yang Wajib Diterapkan Ketika Memberikan Ponsel pada Anak
Memberikan Ponsel pada Anak

Penggunaan ponsel pada anak memang memiliki dampak yang positif, seperti mereka akan mudah menghubungi orangtua, memesan ojek online, dan mencari bahan tugas sekolah lewat gadget. Namun juga, tak menutup kemungkinan akan berdampak negatif pula.

Untuk itu, saat memberikannya pada anak, harus melalui pertimbangan yang matang dan beberapa aturan yang telah disepakati antara orangtua dan juga anak. Bicarakan secara serius kepada mereka bahwa pemakaian gadget harus mengikuti aturan. Lantas, apa saja aturan yang wajib diterapkan ketika memberikan ponsel pada anak? Berikut ulasannya:

Beri Batasan Waktu Pemakaian

Beritahu pada anak, bahwa gadget yang mereka miliki tidak boleh digunakan di hari sekolah. Buatkan jadwal untuk mereka, jika ingin bermain game atau media sosial pemakaiannya baru boleh dilakukan pada akhir pekan, itupun harus diberi batasan waktu, tidak boleh seharian penuh.

Boleh Menggunakan Password Tetapi Harus Diinfokan

Izinkan mereka untuk memberikan password pada gadgetnya. Namun, harus tetap diinfokan. Jangan sampai, di balik password ponselnya, mereka justru menyembunyikan sesuatu. Maka dari itu, orangtua wajib memeriksa ponsel anak kapan pun jika dirasa memang perlu.

Waktu dan Tempat

Ada momen di mana anak tidak diperbolehkan memegang ponsel, seperti ketika sedang makan bersama, mengaji, ataupun ketika sedang berada di dalam ruangan privat. Beritahukan pula, bahwa meraka tidak boleh memfoto atau memposting hal-hal yang bersifat pribadi. Misalnya, memfoto dan mengunggah alamat rumah, sekolah, serta data pribadi ke media sosial. Jelaskan pada mereka, bahwa jika hal tersebut dilakukan maka akan membahayakannya dan keluarga.

Tidak Boleh Memberikan Nomor Ponsel Sembarangan

Hal ini juga penting unutk diberitahukan kepada anak. Terutama kepada meraka yang masih duduk di bangku SD dan SMP, yaitu tidak memberikan nomor ponselnya ke sembarangan orang. Beritahu risikonya terutama, jika nomor tak dikenal masuk ke aplikasi chat.

Jika Rusak atau Hilang Uang Jajan Akan Dipotong

Aturan yang wajib diterapkan ketika memberikan ponsel pada anak berikutnya, berilah dia konsekuensi atas kehilangan ataupun kerusakan yang terjadi pada ponselnya. Ingatkan pada anak, bahwa mereka harus menjaga dengan baik ponselnya, termasuk merawatnya. Apabila hilang ataupun rusak, bilang padanya, bahwa uang jajan mereka akan dipotong. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih bertanggung jawab lagi dengan barang yang dimiliki.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.