8 Bahan Alami Bantu Atasi Sengatan Lebah

8 Bahan Alami Bantu Atasi Sengatan Lebah
br.de

Seruni.id – Apakah kamu pernah mengalami disengat lebah? Tentu kamu tahu seperti apa sakitnya. Apalagi sengatan lebah tak akan hilang dalam semalam, bagian yang disengat tak jarang akan membengkak dan membuatmu menderita.

8 Bahan Alami Bantu Atasi Sengatan Lebah
klikdokter.com

Terlebih, bagi mereka yang memiliki alergi, efeknya pasti akan lebih serius. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakitnya, tak melulu menggunakan obat dari apotek, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

1. Soda Kue dan Air

Pada umumnya, soda kue digunakan hanya untuk membuat kue saja. Namun bubuk yang memiliki nama lain natrium bikarbonat ini ternyata bisa dipakai untuk mengatasi sengatan lebah. Caranya dengan mencampur soda kue dan airhingga mengental seperti pasta. Lalu, oleskan lapisan tebal pasta ke area yang tersengat lebah. Setelah itu, kamu bisa menutupinya dengan perban dan biarkan hingga 15 menit. Pasta yang terbuat dari campuran air dan soda kue dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, bengkak, serta gatal.

2. Es Batu

Cara ini sangat simpel sekali, kamu hanya memerlukan es batu saja. Namun, jika terlalu dingin, bungkus es batu dengan kain tipis kemudian dikompreskan selama 20 menit atau hingga terasa membaik. Es batu berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan bengkak, juga membuatmu mati rasa sehingga sakit dari sengatan lebih tak begitu terasa.

3. Gel Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya atau aloe vera mengandung gel yang mampu memberi efek sejuk dan melembapkan pada kulit. Lidah buaya juga memiliki khasiat antiradang serta antibakteri. Oleh sebab itu, mengoleskan gel lidah buaya pada luka sengatan lebah, dapat mengurangi bengkak serta membantu mencegah luka agar tidak berlanjut menjadi infeksi. Gel aloe vera bisa kamu oleskan langsung dari potongan tanaman lidah buaya. Atau jika tidak tersedia, kamu bisa memakai produk gel aloe vera yang banyak dijual di toko obat pun produk perawatan kulit.

4. Madu

Madu dipercaya memiliki beragam khasiat yang luar biasa, salah satunya dapat meredakan sakit akibat sengatan lebah. Senyawa yang terkandung dalam madu mampu melawan inflamasi, khasiat antibakterinya pun dapat membantumu dalam mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka. Cobalah oleskan sedikit madu pada luka bekas sengatan lebah. Namun harus diingat, ada baiknya melakukannya setelah masuk ke rumah. Langkah ini bertujuan menghindari datangnya lebah-lebah lain karena tertarik aroma madu.

5. Minyak Atsiri

Minyak atsiri memiliki jenis yang beragam, mulai dari tea tree oil, lavender, thyme, rosemary, hingga witch hazel. Jika kamu memiliki salah satunya, bisa kamu manfaatkan untuk meredakan rasa sakit akibat sengatan lebah. Sebab, minyak jenis ini memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan antisepti. Menurut laman Medical News Today, minyak atsiri bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sengatan lebah. Disarankan untuk mencampurnya dengan minyak zaitun sebelum dioleskan di kulit. Perbandingan minyak atsiri dan minyak zaitun adalah 1:4.

6. Membasuh dengan Air dan Sabun

Ketika tersengat lebah, hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah segera mencabut alat penyengat yang menancap di kulit secepat mungkin. Lalu, basuh area itu dengan air dingin dan sabun. Kedua hal ini bisa menghilangkan sisa kotoran dan racun dari lebah.

7. Daun Pisang

Ambil dan hancurkan sedikit daun pisang lalu bubuhkan pada bagian yang disengat. Getah daun pisang mampu meredakan bengkak dan menghilangkan rasa terbakar atau panas di kulit sehingga mempercepat penyembuhan.

8. Pasta Gigi

Sebagian orang menggunakan pasta gigi yang mengandung alkalin untuk mengobati sengatan lebah dan menetralisir racun lebah. Sebetulnya, belum ada penelitian klinis untuk mendukung praktek ini. Tapi kamu boleh saja mencobanya guna mengatasi sengatan lebah. Oleskan sedikit pasta gigi pada luka bekas sengatan lebah, lalu cermati reaksi pada kulit Anda. Bila rasa sakit bertambah atau ada reaksi lain, segera bersihkan luka dari pasta gigi dan basuh dengan air hingga bersih.

Baca Juga: Lebah Putih

Bagaimana, kamu bisa memilih salah satunya untuk meredakan rasa sakit karena sengatan lebah. Jadi ketika tiba-tiba tersengat, kamu bisa segera mencoba cara di atas ya. Meski bisa diatasi sendiri di rumah, waspada apabila ada gejala muncul. Seperti kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah dan tenggorokan, pusing, gatal-gatal, perubahan denyut nadi, mual, muntah, gelisah dan pingsan. Jika ini terjadi, segera pergi ke IGD di rumah sakit, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.