Beragam Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beragam Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan dan Kecantikan
google.com

Seruni.id – Air tebu dikenal sebagai penyedia energi dan glukosa pada tubuh agar tetap segar. Namun, tahukah kamu? Air tebu memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan lebih dari sekedar minuman pelepas dahaga.

Beragam Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan dan Kecantikan
hellosehat.com

Manfaat air tebu untuk kesehatan dan kecantikan masih berhubungan dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Seperti karbohidrat, protein, dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, kalium, vitamin, hingga antioksidan dapat mendukung kesehatan dan kecantikan.

Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi secara berlebihan, ya. Cukup satu gelas per hari, kamu sudah bisa merasakan khasiatnya. Sebab, jika berlebihan, bukan manfaat yang akan kamu dapat, justru akan menyebabkan samming negatif bagi tubuh. Berikut manfaatnya:

Manfaat Air Tebu untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat air tebu untuk kecantikan yang pertama, dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah. Karena terdapat kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) seperti asam glikolat yang mampu meningkatkan pergantian sel. Jadi, jika wajahmu sangat sensitif dan rentan terhadap jerawat, cobalah meminum air tebu secara teratur serta mengaplikasikan jus tebu sebagai masker wajah untuk hasil yang efektif.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Ingin dapatkan rambut yang sehat dan terawat? Gak perlu jauh-jauh ke salon kok, kamu bisa memanfaatkan air tebu sebagai solusinya. Air tebu merupakan sumber mineral yang sangat baik, mampu mendukung pertumbuhan rambutmu. Jika rambutmu rontok, kusan, dan seolah tak bernyawa, kamu bisa memanfaatkan air tebu ini, ya.

3. Anti Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan akan muncul ketika usia semakin bertambah. Keriput yang mulai menghiasi wajah menjadi kekhawatiran tersendiri, terlebih untuk para wanita. Kamu tak perlu khawatir, karena tanda-tanda penuaan bisa kamu tunda dengan bantuan air tebu. Kehadiran antioksidan, flavonoid, dan senyawa fenolik membuat air tebu menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan kulit bercahaya, lembut, dan lembab.

Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi air tebu murni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini juga dapat melindungi kesehatan jantung-mu dan mencegah terjadinya penyakit jantung serta pembuluh darah seiring bertambahnya usia.

5. Melawan Kanker

Manfaat berikutnya dapat melawan kanker, terutama kanker prostat dan payudara. Menurut penelitian, kehadiran flavonoid dalam tebu dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, sehingga dapat mengurangi risiko kanker payudara.

6. Mengelola Stres dan Membantu Tidur Lebih Nyeyak

Bagi kalian yang sering merasa stres hingga menyebabkan susah tidur, kamu bisa mengonsumsi air tebu. Dengan meminum air tebu secara teratur, masalah sulit tidur bisa teratasi dengan baik. Karena di dalam tebu mengandung beberapa asam amino yang dapat menyeimbangkan kadar hormon stres dan mengatasi masalah tidur-mu yang sulit nyenyak.

7. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang sangat mengganggu sekali. Cara mudah mengatasinya yakni dengan meminum satu gelas air tebu dengan sedikit campuran jeruk nipis dan garam. Tahukah kamu, bahwa vitamin C banyak ditemukan di dalam jus tebu? Inilah yang menjadi alasan utama yang membuatnya menjadi obat yang baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Air tebu juga merupakan sumber yang kaya akan antioksidan yang dapat menangkal setiap infeksi virus atau bakteri.

8. Mengobati Luka

Kandungan sukrosa yang ada di dalam tebu secara alami mampu membantu mempercepat pemulihan luka. Kamu bisa mengoleskan air tebu secara langsung pada luka untuk hasil yang lebih baik.

9. Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang mengidamkan tubuh ideal, air tebu bisa menjadi salah satu solusinya. Sebab, air tebu mengandung serat larut air yang berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu, minuman yang satu ini juga tergolong sebagai basa dan membantu pembakaran lemak di dalam tubuh yang mengandung kadar asam berlebih. Dan juga dapat menunjang pembakaran kalori. Maka tak heran, beberapa orang yang tengah menjalankan diet, kerap mengonsumsi air tebu.

10. Baik untuk Kehamilan

Air tebu mengandung sejumlah asam folat atu vitamin B9 yang diketahui baik untuk ibu hamil dan melindungi dari kelahiran cacat bawaan. Minum segelas jus tebu dengan sedikit jahe dapat membantu mengurango mornig sickness, dan keluhan lain yang dirasakan para wanita hamil.

Baca Juga: Tanda-tanda Kehamilan yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah manfaat air tebu yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Rutin bukan berarti berlebihan, ya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya konsumsilah air tebu sebanyak satu gelas saja dalam sehari. Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.