Berhenti Meminta Oleh-oleh pada Teman yang Bepergian, Ini Alasannya!

Berhenti Meminta Oleh-oleh pada Teman yang Bepergian, Ini Alasannya!
travelspromo.com

Seruni.id – Meminta oleh-oleh pada teman yang bepergian, mungkin sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kali terjadi. Apakah kamu salah satunya yang melakukan hal ini? Sebenarnya, ini merupakan kebiasaan buruk yang patut dihilangkan, loh. Meskipun tak ada yang salah dengan menitip oleh-oleh, akan tetapi kebiasaan mendikte orang untuk memberikan sesuatu sepulang dari suatu tempat, itulah yang salah.

Berhenti Meminta Oleh-oleh pada Teman yang Bepergian, Ini Alasannya!
hipwee.com

Travelling dan membawa buah tangan seakan-akan sudah mendarah daging kultur masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kamu harus mengubah pola pikirmu tentang oleh-oleh tersebut. Ada beberapa alasan yang mendasari untuk segera berhenti meminta oleh-oleh pada teman, berikut alasannya:

1. Belum Tentu Temanmu Punya Anggaran Lebih

Alasan pertama mengapa kita harus berhenti minta oleh-oleh kepada teman adalah, kita harus memikirkan apakah ia memiliki anggaran lebih atau tidak. Sebab, tidak semua orang yang travelling memiliki uang lebih. Bisa saja mereka liburan dengan tiket murah yang sudah dipesan dari jauh-jauh hari. Atau mungkin mereka bisa jalan-jalan berkat hadiah yang didapatnya.

2. Merepotkan

Selain mereka tidak memiliki anggaran lebih, meminta oleh-oleh pada teman juga sangat merepotkan, loh. Lain halnya jika temanmu memang hobby shopping. Namun, kebanyakan traveler justru jarang belanja dan hanya fokus pada liburannya saja. Initnerary yang ia susun pun mungkin sudah sesuai dengan jarak dan waktunya. Jadi, meminta oleh-oleh pada teman hanya akan membuat mereka kerepotan.

3. Pikirkan Kembali Tentang Bagasi Pesawat

Apakah kamu tahu, saat ini bagasi pesawat sudah berbayar? Biasanya harga bagasi pesawat lebih mahal dibandingkan harga tikernya, loh. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa kamu harus berhenti meminta oleh-oleh pada teman. Kalau kamu tidak menyediakan dana untuk membayar biaya bagasi, lebih baik urungkan niatmu untuk meminta oleh-oleh, ya.

4. Kamu Tak Akan Termotivasi untuk Pergi ke Tempat Tujuan Temanmu

Alasan berikutnya, ketika kamu meminta oleh-oleh pada teman yang bepergian, kamu menjadi kurang termotivasi untuk pergi ke tempat tujuan temanmu itu. Sebab, kamu sudah tahu tentang oleh-olehnya, sehingga kamu tak memiliki keinginan untuk pergi ke sana.

5. Bisa Membuat Hubungan Renggang

Hanya karena meminta oleh-oleh pada teman bisa membuat hubungan kalian renggang, loh. Karena bisa saja temanmu sebenarnya ingin menolak, tapi ia kalah dengan rasa tidak enak. Bahkan, ia bisa terjebak dalam dua perasaan yang galau, antara beli atau tidak. Kalau membeli uangnya tidak mencukupi, waktunya tidak memungkinakan. Kalau pun tidak membeli, khawatir yang menitip akan marah.

6. Pahamilah Mereka Juga Memiliki Kebutuhan

Alasan selanjutnya, sebagai teman seharusnya kamu bisa memahami temanmu yang sedang bepergian. Karena bisa jadi mereka memiliki kebutuhan lain, belum lagi jika mereka memiliki keluarga besar dengan jumlah saudara banyak. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan menambah beban mereka ketika travelling.

7. Sejatinya Keselamatan dan Pengalaman dari Temanmu Lebih Berharga daripada Oleh-oleh

Tak ada hal yang lebih membahagiakan dan lebih ditunggu ketika temanmu pulang dengan keadaan selamat. Apalagi, mendengarkan pengalamannya. Hal-hal yang seru seperti itinerary, rute dan berbagai tempat tujuan tentu akan menambah wawasanmu soal satu daerah. Pengalaman mereka itu bakal jadi sesuatu yang berharga dan abadi karena bermanfaat bagi orang lain.

8. Sadar Diri

Meski kamu memang temannya, tapi usahakan untuk tidak meminta oleh-oleh pada teman ketika mereka bepergian, ya. Kecuali jika temanmu bersedia untuk membawakannya. Kalau kamu memang teman baiknya, pastinya ia akan ingat tanpa harus diminta. Namun, kamu harus sadar diri, ketika melihat postingan teman SMA atau kuliah yang tidak dekat denganmu, kemudian ia sedang berada di suatu tempat. Usahkan untuk tidak lantas mengiriminya pesan untuk dibawakan oleh-oleh. Padahal, selama ini kamu tak pernah menghubunginya.

Baca Juga: 10 Jenis Kue Tradisional Khas Palembang, Bisa untuk Oleh-oleh Loh!

Untukmu yang saat ini masih suka minta oleh-oleh pada teman, semoga kamu cepat sadar, ya. Yuk segera hentikan kebiasaan ini, karena meminta oleh-oleh bukanlah perilaku yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.