Moms, Inilah Manfaat Bermain Bersama Anak

lifestyle.kompas.com

Seruni.id – Setiap orang dewasa pasti sudah memahami betul bahwa tugas anak-anak adalah bermain. Kegiatan itu memiliki peran penting untuk tumbuh kembangnya. Ketika ia sedang asyik dengan kesibukannya, sangat disarankan untuk orangtua ikut bermain dengan anak.

Related image
digital.metrotvnews.com

Memang sih, si kecil akan tetap bisa bermain tanpa melibatkan orangtua. Lagi pula, membiarkan ia asyik sendiri pun bukan masalah, justru bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya sendiri, kan? Tapi, Bukan sekedar agar si kecil asyik dengan dunianya, namun ada manfaat lain, loh. Intip yuk beberapa manfaat bermain bersama anak berikut ini:

Membantu Mengembangkan Bakat

Dalam masa pertumbuhan, yang dibutuhkan anak adalah mengembangkan bakat yang ada di dalam dirinya. Tentu, hal itu perlu dukungan dari orang tua. Anda bisa membantu si kecil untuk mengembangkan kemampuannya agar bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

Misalnya, mengajaknya bermain dengan menyisipkan nilai-nilai kepemimpinan di lingkungan kecil atau ketangkasannya dalam menyelesaikan peralatan yang berantakan. Dalam proses tersebut membantu anak untuk memahami emosinya sendiri. Ini juga bisa mengurangi stres dalam dirinya.

Kegiatan yang Sehat Sekaligus Menyenangkan

Bermain dapat membantu si kecil tumbuh menjadi anak dengan fisik yang sehat. Saat tubuh si kecil aktif bergerak, fungsi-fungsi organ tubuhnya juga ikut bekerja. Tubuh dapat membakar lemak, mengeluarkan racun lewat keringat, serta melatih otot-ototnya jadi lebih lentur dan kuat.

Menemaninya bermain juga dapat membuat kondisi psikisnya jadi lebih sehat. Ketika ditemani orang tua, si kecil akan merasa lebih aman untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat meningkatkan keberanian dan kepercayaan dirinya.

Sambil Menjaga

Bukan berarti membatasi ruang gerak anak, tapi Anda perlu mengawasi si kecil saat sedang bermain. Tanpa disadari, ada beberapa jenis mainan yang berbahaya untuknya. Tapi, jangan sampai menjadi berlebihan menjaga dan membuatnya tidak nyaman ya, Moms.

Meningkatkan Hormon Bahagia

Disadari atau tidak, ketika orangtua bermain bersama anak, akan meningkatkan hormon oksitosin atau hormon bahagia pada orangtua. Ya, bukan hanya si kecil, Anda pun bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik. Hormon oksitosin pada orangtua meningkat saat menyentuh dan tertawa bersama anak. Tentu saja, ini sangat menyenangkan.

Baca Juga: Hal Ini Tidak Dilakukan Orang yang Bahagia

Mempererat Ikatan Emosional

Berbagi momen bersama, terutama di masa-masa perkembangan anak sangatlah penting. Bermain dengan si kecil dapat mempererat ikatan emosional yang lebih dalam antara orang tua dan anak. Ikatan tersebut dapat menjadikan si kecil lebih nyaman dengan lingkungannya, sekaligus merasa mendapatkan dukungan terbaik dari orang tuanya.

Selain itu, pendampingan orangtua juga bisa membuat hubungan dengan si kecil menjadi lebih erat dan hangat. Ikatan yang baik di rumah dapat menjadi modal bagi anak untuk melatih kemampuan sosial dan emosi saat besar nanti, Moms.

Orang tua memiliki peran yang tidak tergantikan dalam kehidupan anak. Oleh karena itu, luangkan waktu sebanyak-banyaknya untuk bermain bersama ya, Moms.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.