Bernyanyi dan Mengobrol di Kamar Mandi, Bolehkah?

  • Bagikan
Bernyanyi

Seruni.id – Siapa di antara kita yang suka bernyanyi di kamar mandi, hayo ngaku?Ternyata banyak di antara kita yang berprofesi sebagai penyanyi kamar mandi loh, hehe.

Memang sih bernyanyi saat mandi, mungkin membuat seseorang bertambah rileks dan segar, namun bagaimana Islam memandang mengenai hal ini?

Dari laman m.saliha.id menyebutkan bahwa dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW mengatakan bahwa iblis meminta tempat tinggal oleh Allah SWT selama berada di bumi.

Allah SWT berfirman: “Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban),” (HR.Bukhari). Dari situlah kemudian iblis pun menggoda setiap orang yang memasuki rumahnya yang berupa kamar mandi, jamban atau WC.

Baca juga: Ketahuilah! Ini 3 Waktu Dilarang untuk Mandi

Iblis akan menggoda manusia untuk berlama-lama di kamar mandi, dengan segala kegiatan yang justru merugikan manusia. Iblis bisa saja merayu manusia untuk buang air dalam keadaan berdiri, melakukan wudhu tanpa busana, membiarkan baju menggantung di dalam kamar mandi, berbuat asusila, mendengarkan musik, dan tentunya bernyanyi.

Oleh dari itu, sebaiknya urungkan niat untuk bernyanyi di kamar mandi. Jangan teralihkan dengan gema suara di kamar mandi yang membuat kesan suaramu lebih bagus.

Lalu bagaimana hukumnya jika berbicara atau mengobrol saat sedang di kamar mandi?

Dari laman anisasalafia.blogspot.com disebutkan bahwa hukum Berbicara di kamar mandi dalam islam adalah makruh (Perbuatan yang sebaiknya tidak dilakukan )

Dapat kita pahami dalam percakapan berikut:


ما هو حكم الكلام -كلام الشخص- داخل الحمام في بيت الخلاء؟
Pertanyaan, “Apa hukum berbicara di kamar mandi?”
إذا دعت الحاجة إليه لا بأس،
Jawaban Syaikh Ibnu Baz, “Jika ada kebutuhan untuk berbicara ketika berada di dalam kamar mandi, hukumnya tidaklah mengapa.
وإن لم تدع الحاجة تركه أولى،
Akan tetapi jika tidak ada kebutuhan maka menghindarinya adalah suatu hal yang lebih baik.
فإذا دعت الحاجة ينبه أحد أو يقول افعلوا كذا، للحاجة فلا بأس.
Jika ada kebutuhan semisal mengingatkan seseorang atau memerintahkan untuk mengambilkan sesuatu maka hukumnya adalah tidak mengapa”.
Nah, buat kamu yang masih suka bernyanyi atau mengobrol saat sedang di kamar mandi, mulai sekarang jangan dilakukan lagi ya, semoga bermanfaat.
  • Bagikan