13 Cara Cerdas Meminimalisir Budget Resepsi Pernikahan Impian

avrist.com

Seruni.id – Biaya untuk melangsungkan resepsi pernikahan bisa dibilang memang tidaklah murah. Tingginya biaya resepsi seringkali menjadi beban kedua mempelai. Beberapa pasangan yang memiliki low budget harus berpikir keras demi mewujudkan resepi pernikahan impian mereka. Bagi kalian yang sedang merasakan hal yang sama, berikut ini ada 13 cara cerdas meminimalisir budget resepsi pernikahan, namun tidak membatalkan niat kalian untuk mewujudkan pernikahan impian, loh.

google.com

1. Membuat Daftar Tamu Undangan Seminim Mungkin

Hal yang bisa kamu lakukan demi bisa meminimalisir budget resepsi pernikahan adalah dengan membuat daftar tamu undangan. Kamu bisa mensortis siapa saja yang akan kamu undang dan tidak. Sebab terkadang, daftar tamu bisa menjadi salah satu faktor yang akan menambah daftar belanja untuk pernikahanmu.

Betapa tidak, dengan banyaknya tamu yang akan kamu undang, otomatis akan bertambah pula jumlah konsumsi makanan, souvenir, serta undangan. Akan lebih baik, jika kamu bisa membuat daftar tamu undangan seminim mungkin. Hal ini bisa memberi kesan private dalam resepsi pernikahanmu.

2. Gunakan Undangan Online

Seiring kemajuan teknologi, kini kamu tidak perlu lagi menggunakan undangan berupa kertas atau kartu yang bernilai puluhan ribu rupiah. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan undangan pernikahan online, terutama untuk temanmu, sehingga biaya undangan pernikahan dapat diminimalisasi. Kamu bisa menghemat banyak uang karena undangan online bisa dapatkan dengan sangat murah, bahkan gratis.

Namun, biasanya kamu tetap membutuhkan undangan fisik untuk kerabat dekat yang harus dihormati. Jika kamu tetap mencetak undangan, mintalah softcopy undangan tersebut untuk dijadikan undangan online. Tapi jika memutuskan untuk menggunakan undangan online sepenuhnya, kamu bisa mencari jasa desain undangan yang terjangkau. Menarik bukan?

3. Menikahlah di Hari Kerja Demi Menghemat Pengeluaran Sewa Gedung

Jika ingin menikah di gedung dan mendapatkan harga yang lebih murah, maka menikahlah pada hari kerja. Loh, kenapa? Karena, kebanyakan jasa wedding organizer yang menawarkan untuk menikah pada hari kerja biasa karena memang harganya lebih terjangkau.

Misalnya di akhir pekan, biaya sewa gedung bisa mencapai 30 juta rupiah, sedangkan pada hari biasa, kamu bisa menghemat hingga 50%. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir budget resepsi pernikahanmu. Jadi, jangan ragu untuk menikah pada hari kerja.

4. Manfaatkan Taman atau Halaman Rumah untuk Tempat Resepsi

Kalaupun kamu ingin lebih hemat lagi, daripada menyewa gedung, kenapa tidak mencoba untuk memanfaatkan halaman yang ada di rumahmu? Biaya menyewa degung tidaklah murah, namun dengan memanfaatkan taman, kamu jadi bisa mengurangi anggaran pernikahanmu, kan?

5. Memilih Menu Lokal

Meminimalisir budget resepsi demi mewujudkan pernikahan impian bisa juga dilakukan dengan memilih menu makanan lokal. Cobalah membuat daftar menu lokal yang akan disuguhkan kepada tamu undangan. Jangan lupa pula gunakan restoran lokal untuk membantu menyediakan konsumsi.

Menu lokal bisa saja menjadi menu yang paling menarik apabila kita dapat mengemasnya. Pilihlah menu lokal yang lebih umum, sehingga dapat membuat tamu undangan lebih nyaman dalam menikmati hidangan untuk pesta pernikahan.

6. Urus Segala Keperluan Sendiri

Tidak ada satupun pasangan yang ingin menikah dengan tumpukan utang yang menggunung. Dan inilah mengapa kamu harus meminimalisir budget resepsi pernikahan. Meskipun memang membutuhkan bantuan finansial untuk mengurus semuanya, namun jangan pernah tergoda untuk menggunakan jasa wedding organizer.

Jika pernikahanmu bisa diurus sendiri mengapa tidak? Mengurus sendiri akan membuat kamu dan pasangan bisa lebih berhemat, serta kehidupan rumah tangga pun pasti tak akan ada masalah.

7. Menggunakan Tradisi yang Sudah Baku

Melangsungkan pesta pernikahan agar terlihat mewah dan meriah akan mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang terkadang di luar tradisi yang sudah baku. Bahkan, terkadang banyak pasangan yang membuat tradisi yang benar-benar komplit dari A-Z. Hal ini memang tergantung dari pasangan dan biayanya yang dimilikinya.

Namun, jika memang kamu ingin meminimalisir budget resepsi pernikahan, maka sebaiknya buatlah ritual dan tradisi yang sudah menjadi ritual umum dan mengambil intinya saja. Dengan dan tanpa mengurangi rasa hormat kita kepada tradisi yang sudah ada.

8. Menyewa Sedikit Fotografer

Selanjutnya, optimalkan juru foto untuk momen yang memang dianggap penting saja. Kalaupun kamu memiliki teman yang ahli dalam bidang fotografi, kenapa tidak untuk meminta bantuannya? Setiaknya kamu bisa memangkas sedikit biaya fotografer dengan memakai jasa temanmu sendiri. Selain itu, kamu masih dapat mempunyai dokumentasi lain dari setiap hal-hal yang tidak penting namun menarik untuk didokumentasikan.

9. Membuat Sebagian Dekorasi Sendiri

Hal ini juga perlu kamu ingat nih. Membuat dekorasi harus juga bisa diperhitungkan. Kamu bisa membuat dekorasi dengan kreasimu sendiri, loh. Namun, untuk dekorasi mempelai, kamu harus tetap menyerahkan sepenuhnya kepada ahlinya. Selain akan memberikan kepuasan tersendiri, membuat dekorasi sendiri juga bisa meminimalisir budget resepsi pernikahan impianmu.

10. Membuat Album Pernikahan Sendiri

Selain membuat dekorasi sendiri, demi menghemat biaya pernikahan, kamu juga bisa membuat album dokumentasi pernikahan sendiri, loh. Meskipun terlihat sepele, nyatanya album pernikahan juga bisa menghabiskan budget lebih. Jika memang kamu tidak ahli dalam berkreasi, kamu bisa menyerahkan pada temanmu yang ahli dalam hal cetak foto dan menggarap albummu.

11. Menyewa Gaun Pengantin di Tempat Sederhana

Kamu tetap bisa mendapatkan gaun pengantin impianmu dengan budget yang tidak terlalu besar. Gunakan saja aksesoris gaun yang sederhana, tak melulu bertaburan butiran swarowski. Kamu bisa menyewanya di tempat persewaan gaun yang sederhana.

12. Rajin Browsing Mengenai Tren Terkini

Jika kamu berpikir bahwa tren pernikahan terkini mahal, rasanya kamu harus berpikir ulang. Sebab, pada faktanya, kini banyak alternatif yang ditawarkan sehingga pilihan biaya bisa kamu sesuaikan. Dewasa ini, orang-orang lebih memilih tumupukan donat daripada kur pernikahan tradisional. Nah, itulah pentingnya kamu harus rajin-rajin browsing internet.

13. Menggunakan Cincin Warisan daripada Membeli

Cincin pernikahan merupakan suatu tanda pernikahan yang penting, tapi siapa bilang harus mahal? Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan cincin warisan dari kakek nenek alih-alih membeli. Selain lebih murah, ada nilai kenangan yang tersimpan di dalamnya.

Sebenarnya, pesta pernikahan meriah bukanlah ukuran sakralnya sebuah pernikahan. Memang boleh-boleh saja jika ingin membuat pesata yang sangat meriah, akan tetapi perlu kita ingat, jangan sampai kita memaksakan kemampuan finansial untuk sebuah pesta yang mewah. Sebuah kesakralan pesta pernikahan adalah bukan dari kemeriahannya akan tetapi dari kekhidmatan dari tujuan sebuah pernikahan itu sendiri.

Kini karena kamu sudah tahu beberapa tips jitu untuk mengurangi biaya pernikahan, sekarang adalah saatnya untuk memastikan bahwa kamu benar-benar sudah siap untuk menikah. Jangan sampai pernikahanmu siap tapi batinmu belum. Dan pastikan juga kamu punya seseorang untuk diajak menikah. Semoga bermanfaat.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.