Cara Cuci Muka yang Baik agar Kulit Kencang Awet Muda

Cuci Muka

Seruni.id – Pekerjaan yang menumpuk yang melelahkan, terkadang membuat kasur terlihat jauh lebih menarik dibandingkan harus cuci muka dengan benar. Padahal mengabaikan cuci muka sehari saja bisa membuat pori tersumbat, memicu jerawat, dan bahkan bisa menyebabkan penuaan dini.

Kita juga sangat mengetahui bahwa kulit wajah adalah bagian tubuh yang paling berisiko mengalami kerusakan. Sebab, hampir setiap hari terbalut oleh make up, terpapar sinar matahari dan juga polusi. Hingga tak dapat dipungkiri, wajah sering mengalami banyak masalah, seperti jerawat, kusam, dan keriput.

Jangankan mengabaikan wajah dengan tidak cuci muka secara teratur, cara cuci muka yang tidak benar, bisa menyebabkan wajah kusam dan mengalami penuaan dini. Tentunya tidak mau kan jika seperti itu?

Baca juga: Ini Cara Awet Muda Sesuai Ajaran Islam

Cuci muka adalah salah satu hal yang paling mudah sekaligus paling penting yang bisa dilakukan untuk kulit wajah. Jika Ladies tidak tahu bagaimana cara mencuci wajah dengan benar, cukup ikuti petunjuk di bawah ini ya.

1. Ikat rambut Anda ke belakang

Jika Ladies mencuci wajah di wastafel, tahan rambut ke belakang dengan karet ikat rambut atau bando. Jika Ladies berada di bak mandi atau di bawah shower, keramas rambut Anda ke belakang atau masukkan ke dalam topi mandi. Kalau Ladies punya poni, pastikan untuk ingat untuk menyingkirkannya dari wajah.

2. Bersihkan tangan

 Ingatlah selalu untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum cuci muka.

3. Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air

Mencuci wajah dengan sabun sudah tidak cukup untuk menghilangkan makeup. Anda keliru. Membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover.

4. Percikkan air hangat ke seluruh wajah Anda menggunakan kedua tangan

Air hangat akan membuka pori-pori kulit dan membantu membersihkan lebih dalam. Air hangat akan bisa membuka pori-pori di wajah. Jika Anda pori-pori wajah membesar, maka wajah Anda akan menjadi lebih berminyak dan kotoran keluar.

Atau mungkin bahkan ingin menguapi wajah Anda saat mandi berendam atau di bawah shower selama beberapa menit. Setelah itu, jangan dikeringkan dulu.

5. Bersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan kulit dengan gerakan melingkar dan lembut

Usapkan sabun ke seluruh wajah dengan lembut, jangan keras-keras, terutama jika memiliki jerawat. Menggosok dengan keras akan membuat jerawat memburuk atau bahkan meninggalkan bekas luka karena jerawat pecah.

Bisa menggunakan scrub wajah atau sabun pembersih wajah yang mengandung partikel atau butiran-butiran halus yang akan membantu menggosok lepas sel-sel kulit mati hingga terkelupas. Hal itu akan membuat wajah Anda terasa lebih halus dan tampak segar sekaligus membantu membuka pori-pori wajah yang tersumbat.

Untuk mengelupas kulit mati dengan sabun pembersih biasa, gunakan alat penggosok wajah (bahan rajutan yang lembut) atau kain wajah. Dengan lembut gosokkan melingkar pada kulit Anda seperti Anda menggunakan sabun. Jangan menggosok keras atau Anda akan mengiritasi kulit dan mendorong timbulnya keriput.

7. Bilas sabun pembersih dengan air sampai benar-benar bersih

Bilas wajah dengan air hangat berulang kali dengan air sambil menggosoknya lembut dengan tangan Anda setelah setiap kali diperciki air. Jika sabun belum sepenuhnya hilang, basahi kain dan gosokkan pada wajah Anda dengan lembut untuk menghilangkan sisa sabun yang nampak, kemudian dibilas lagi.

Saat membilas, pastinya untuk membilas berkali-kali sampai yakin jika tak ada lagi sisa sabun yang menepel pada muka.

Perlu dipahami, sisa sabun akan menyumbat pori-pori, mengeringkan kulit, dan mungkin bahkan mempengaruhi pH alami kulit Anda. Meninggalkan lapisan sabun di wajah Anda justru akan membuatnya lebih ‘kotor’ daripada sebelum Anda mencuci wajaah.

Jangan lupa untuk memberikan perhatian ekstra ke garis batas rambut dan wajah, rahang, dan juga apa saja yang menetes ke bawah leher Anda. Biasanya sangat mudah untuk mengabaikan tempat-tempat ini saat membilas wajah dan membersihkan sisa sabun.

8. Keringkan wajah dengan handuk yang bersih dan lembut

Dengan menggunakan handuk yang bersih dan lembut, keringkan wajah dengan cara menepuk atau menekannya lembut dengan handuk. Cobalah untuk tidak menggosok atau menarik kulit. Sebab, menggosok dan menarik kulit akan bisa mendorong timbulnya keriput.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.