Cara Membuat Lontong yang Padat dan Tahan Lama

  • Bagikan
Cara Membuat Lontong yang Padat dan Tahan Lama
kompas.com

Seruni.id – Selain ketupat, lontong yang padat juga bisa menjadi pilihan untuk sajian menu lebaran nanti, loh. Apalagi, lontong bisa dinikmati dengan berbagai macam menu berkuah sedap dan gurih. Membuat lontong yang padat, tentu membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas agar kamu puas dengan hasilnya.

Cara Membuat Lontong yang Padat dan Tahan Lama
kompas.com

Nah, untuk membuat lontong yang padat dan tahan lama, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Selengkapnya, langsung saja simak ulasannya berikut ini, yuk!

 

1. Pilih Beras Pules Berkualitas

Untuk membuat lontong yang padat, tidak disarankan menggunakan beras pera yang kasar. Sebab, jika menggunakan beras dengan kualitas kurang baik, hanya akan menghasilkan lontong yang mudah hancur ketika sudah matang. Maka dari itu, agar hasilnya memuaskan, pilihlah jenis beras pulen. Karena beras pulen akan menyerap air dengan baik.

 

2. Gunakan Daun Pisang dengan Warna Hijau Cerah

Ternyata, pemilihan daun pisang juga sangat berpengaruh pada hasil lontong, loh. Agar menghasilkan lontong yang padat, maka sebaiknya pilihlah daun yang berwarna hijau cerah. Namun, sebelum digunakan, daun pisang harus dijemur terlebih dahulu, agar lebih lemas dan mudah digulung. Selain itu, buang tulang daunnya sebelum digunakan.

 

3. Tambahkan Larutan Air Kapur Sirih

Salah satu cara membuat lontong yang padat adalah dengan menambahkan larutan air kapur sirih. Caranya dengan mencuci hingga bersih, kemudian ambil air kapur sirih yang jernih. Setelah itu, aduk secara merata pada beras. Perbandingannya, setiap 300 gram beras, tambahkan 3-4 sendok makan air kapur sirih. Nantinya beras akan berubah warna menjadi agak kekuningan. Penggunaan air kapur sirih mampu membuat lontong lebih tahan lama dan tidak mudah basi, bahkan hingga 2-3 hari lamanya.

 

4. Masukkan Beras Hingga Setengah Gulungan Daun Pisang

Berikutnya, gulunglah daun pisang seperti pipa, usahakan kamu tidak mengisi beras terlalu penuh, ya. Cukup isi setengahnya saja, karena nantinya beras akan mengembang ketika dimasak. Berilah sela atau ruang agar beras bisa mengembang di dalam wadah.

5. Angin-anginkan Terlebih Dahulu

Untuk memasak lontong yang padat, gunakanlah panci yang tinggi dan beri jarak saat merebusnya, agar lontong tidak saling tumpang tindih dan bentuknya tetap terjaga. Setelah matang, tiriskanlah sebentar, lalu angin-anginkan terlebih dahulu agar dingin.

Baca Juga: 

Itulah lima hal yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membuat lontong yang padat dan tahan lama. Selamat mencoba!

  • Bagikan