6 Cara Mencegah Batu Ginjal

hellosehat.com

Seruni.id – Batu ginjal adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi, lalu bagaimana cara mencegah batu ginjal? Selain gaya hidup yang sehat, untuk mencegah batu ginjal kamu perlu melakukan beberapa hal.

Tidak hanya dapat mencegah batu ginjal saja, loh. Tapi juga untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Berikut ini 6 cara alami untuk mencegah adanya batu ginjal.

Meningkatkan Asupan Sitrat

Asam sitrat adalah zat yang dapat ditemukan dalam buah dan sayuran. Lemon sangat kaya akan senyawa ini. Asam sitrat akan membantu kamu untuk mencegah batu ginjal dengan dua cara, yaitu dengan mencegah pembentukan batu ginjal, dan Pembesaran batu ginjal.

Tetap Terhidrasi

Kamu bisa meminum banyak air jika menginginkan ginjal yang sehat. Karena air akan membuat ginjalmu sehat sehingga batu ginjal tidak terbentuk. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, maka justru akan meiningkatkan pembentukan batu ginjal. Tetapi kamu juga bisa mengonsumsi kopi, teh, dan jus jeruk untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Jangan Mengonsumsi Vitamin C dengan Dosis Tinggi

Kamu perlu mengetahui bahwa jika mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang tinggi maka akan menyebabkan batu ginjal. Terbukti karena vitamin C akan dua kali mengembangkan batu ginjal dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi vitamin C.

Kurangi Garam

Rupanya ada pengaruh cukup kuat dalam asupan garam dengan pembentukan batu ginjal. Mereka yang biasanya mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi cenderung lebih rentan mengalami batu ginjal. Nah, untuk mencegah batu ginjal pada tubuhmu, maka kurangilah mengonsumsi garam yang berlebih, ya.

Baca Juga: Kandungan Mineral Pada Si Putih Imut, Garam

Meningkatkan Asupan Magnesium

Magnesium adalah salah satu bahan yang paling dibutuhkan untuk tulang dan ginjal. Jika kamu ingin meningkatkan asupan magnesium, kamu dapat mengonsumsi buah alpukat, kacang-kacangan, dan tahu. Kamu juga bisa mencoba untuk mengonsumsi sumber magnesium dalam waktu 12 jam.

Dapatkan Kalsium yang Cukup

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa kamu perlu mengurangi asupan kalsium untuk mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Makanan yang tinggi kalsium telah dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan batu ginjal.

Jadi, jika ingin mendapatkan hasil terbaik mencegah batu ginjal, kamu perlu memadukan sejumlah cara di atas dengan kegiatan fisik yang membantu kebugaran dan sirkulasi dalam tubuhmu. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.