Tidak Sembarangan, Ini Cara Menghidrasi Kulit Wajah Tanpa Menyumbat Pori-pori

  • Bagikan
Tidak Sembarangan, Ini Cara Menghidrasi Kulit Wajah Tanpa Menyumbat Pori-pori

Seruni.id – Menghidrasi kulit wajah adalah salah satu langkah penting agar kulit tetap sehat. Sebab, kulit yang terhidrasi menjadi kunci utama mencegah terjadinya penuaan dini, mencegah jerawat, hingga membuat wajah menjadi lebih lembap.

Tidak Sembarangan, Ini Cara Menghidrasi Kulit Wajah Tanpa Menyumbat Pori-pori
kompasiana.com

Namun, menghidrasi kulit wajah tidak bisa sembarangan, ya. Karena jika tidak tepat, hanya akan menyumbat pori-pori. Pastinya kamu sangat menghindari hal ini kan? Maka dari itu, Seruni akan memberikan cara tepatnya sebagai berikut:

1. Menggunakan Produk Pembersih Wajah yang Terbuat dari Gel

Salah satu langkah menghidrasi kulit wajah adalah dengan menggunakan produk permbersih wajah yang tepat. Misalnya, dengan memilih produk pembersih bertekstur gel yang berbahan dasar air, ini dapat membantu mempertahankan kulit wajah yang lebih terhidrasi. Dengan menggunakan produk pembersih yang lembut, tidak akan menyumbat pori-pori dan justru akan menambah kelembapannya. Biasanya, facial wash gel ini, memiliki kandungan pelembap dan mengandung formula ringan. Dengan kelebihannya yakni dapat membersihkan pori-pori dan kotoran secara menyeluruh.

2. Gunakan Produk Hydrating Secara Berlapis

Cara menghidrasi kulit kering sebenarnya tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan essence, toner, atau serum yang berperan penting dalam melembapkan kulit. Menggunakan prpoduk hyrating secara berlapis, akan membuatnya mudah terserap secara sempurna ke kulit. Dan hasilnya, kulit akan lebih lembap dan kenyal maksimal.

3. Pilihlah Pelembap dengan Tekstur yang Tepat

Ketika memilih pelembap atau moisturizer pastikan teksturnya tepat, ya. Sebab, jika teksturnya terlalu thick, hanya akan membuat pori-pori tersumbat. Kalau kamu memiliki jenis kulit yang sering, Seruni sarankan untuk memilih pelembap bertekstur gel yang ringan. Selain memberikan kelembapan untuk kulit, pelembap bertekstur gel ini tidak akan membuat kulit terasa lengket dan tampak berminyak.

4. Menggunakan Face Oil dengan Kandungan Tea Tree Oil

Jika ingin menghidrasi kulit wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk menggunakan face oil. Namun, face oil yang digunakan haruslah mengandung bahan-bahan alami seperti tea tree oil, grapeseed oil, dan lioneleic acid yang dapat menjaga kelembapannya serta tidak menyumbat pori-pori.

Penggunaan face oil sangatlah penting, untuk menjaga agar kulit terasa lebih baik dan membantu mencapai keseimbangan kulit wajah yang sempurna. Meski namanya face oil, tetapi produk ini tidak akan membuat kulitmu berminyak, ya. Justru ini dapat bekerja double dan menutrisi untuk waktu yang cukup lama.

5. Gunakan Sunscreen yang Ringan dan Menghidrasi

Selain pelembap dan face oil, penting juga untuk memakai sunscreen. Namun, pastikan produk yang kamu gunakan itu memiliki fungsi hidrasi yang ringan dan tidak menyumbat pori. Pastinya kamu pernah kan salah dalam memilih sunscreen, di mana ketika digunakan memberikan kesan lengket, berminyak, dan memicu komedo?

Untuk menghindarinya, pilihlah sunscreen dengan kandungan water-based atau aloe vera-based. Karena jenis sunscreen ini bersifat ringan dan memiliki kemampuan menghidrasi kulit wajah. Alhasil, kulit tidak akan terasa berat, berminyak, maupun lengket ketika diaplikasikan. Oh ya, hindari pula penggunaan sunscreen dengan bahan dasar yang berat seperti beewax atau minyak kelapa, ya.

Baca Juga: Mengenal Rosacea, Penyakit Kulit yang Dialami Maia Estianty, Apa Gejalanya?

Demikianlah beberapa cara menghidrasi kulit berminyak tanpa menyumbat pori-pori. Yuk buat kulit wajahmu jadi tidak terasa berat dan berminyak!

  • Bagikan
seruni.id